FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ladies, Ini Dia 6 Cara Efektif Hindari Mood Swings PMS

Premenstrual Syndrom (PMS) dapat menyebabkan perubahan suasana hati menjadi tidak terkontrol bagi sebagian wanita. Bukan hal yang asing jika wanita bisa mengalami perubahan mood dalam sejekap disertai dengan kecemasan.

PERUBAHAN suasana hati saat menstruasi ini biasanya disebabkan oleh hormon yang berfluktuasi. Berita baiknya, karena banyak wanita yang mengalami PMS maka sebenarnya gejala-gejala PMS pun bisa diselidiki dan diatasi.

Bagi sebagian wanita, cara mengatasi suasana hati yang buruk karena PMS ternyata dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan diet. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mood swings PMS

1. Seks

Seks tidak hanya terasa menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan seksual dan hormonal.

Jika Anda merasa kram dan kembung, seks dapat membantu meningkatkan sirkulasi ke organ-organ dalam rongga panggul, meningkatkan kadar estrogen serta kortisol yang akan memberikan efek relaksasi.

Seks juga akan meningkatkan kadar oksitosin yang juga dikenal sebagai hormon cinta atau hormon kebahagiaan. Jadi, jika Anda mengalami PMS, seks adalah pilihan terbaik.

Baca juga: Apakah Aman Berhubungan Intim saat Masa Menstruasi?

2. Ramuan herbal

Rhodiola rosea adalah obat herbal yang dapat mengatur respons stres yang Anda alami. Kecemasan yang Anda rasakan saat PMS juga dapat diminimalisir dengan ramuan rhodiola rosea.

Ramuan herbal khas indonesia seperti kunyit asam juga dapat membantu meredakan fluktuasi suasana hati saat menstruasi. Anda juga bisa menghirup aromaterapi seperti sereh, melati dan mawar yang melegakan pikiran.

3. Bersahabat dengan PMS

Setiap bulan, rahim meluruhkan dinding rahim untuk diganti dengan yang baru. Jika Anda tidak menyadari atau menerima bahwa hal ini akan terjadi setiap bulan, maka kecemasan karena PMS akan cenderung muncul.

Anda sebenarnya dapat melakukan berdialog dengan diri Anda seperti ‘terima kasih ya, masih datang bulan ini’ atau ‘tidak apa-apa, rasa sakit ini akan segera berlalu’.

Ini mungkin terdengar gila, tapi menerima dan "bersahabat" dengan PMS adalah salah satu cara untuk melaluinya. Anda pun bisa menemukan kedamaian diri dari sini.

Baca juga: Redakan Kram Perut saat Menstruasi dengan 7 Makanan Ini

4. Meditasi

Cara mengatasi suasana hati yang buruk selanjutnya adalah meditasi. Yoga adalah salah satu meditasi yang disarankan untuk Anda saat mengatasi PMS. Meditasi dipercaya dapat merangsang kelenjar hipofisis dan pineal yang berada di otak Anda.

Merangsang kelenjar hipofisis dan pineal dengan meditasi memungkinkan Anda menjadi lebih aktif dan seimbang. Hal ini sangat membantu dalam menghubungkan dan menyeimbangkan siklus menstruasi Anda.

5. Meningkatkan serotonin

Makanan tertentu dapat mempengaruhi keseimbangan biokimia dalam tubuh. Ketika Anda makan makanan yang tinggi gula, insulin akan dilepaskan dari aliran darah dengan cepat.

Pada saat itu, insulin akan menghilangkan semua asam amino kecuali satu, yaitu triptofan. Triptofan merupakan hormon yang berperan melepaskan hormon serotonin, yaitu hormon kebahagiaan.

Jadi, mengonsumsi banyak gula saat PMS dapat menyebabkan peningkatan jumlah serotonin di otak. Gula yang baik bisa diperoleh dari buah-buahan segar seperti apel, stroberi, pisang, jeruk dan lainnya.

6. Istirahat

Karena serotonin sangat baik untuk suasana hati, maka kadar serotonin yang rendah dapat langsung berakibat depresi, mudah marah dan perubahan suasana hati seketika yang dialami oleh wanita saat PMS.

Selain itu, serotonin juga berpengaruh untuk tidur Anda. Jika serotonin rendah, maka ada kecenderungan kadar melatonin juga rendah. Padahal, melatonin inilah yang dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Jadi, Anda sebenarnya sangat disarankan untuk cukup tidur saat PMS. Jika Anda tidur, maka secara tidak langsung kadar melatonin di dalam tubuh akan tercukupi dengan baik.

Baca juga: Jangan Anggap Enteng, Kenali 10 Penyebab Mudah Letih

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi