We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Redakan Kram Perut saat Menstruasi dengan 7 Makanan Ini

Saat menstruasi, salah satu hal yang paling ditakutkan sebagian wanita adalah mengalami kram perut. Bukan tanpa alasan, kram saat haid, selain menyakitkan, tak jarang juga dapat mengganggu para wanita dalam beraktivitas. 

Redakan Kram Perut saat Menstruasi dengan 7 Makanan Ini

SAAT haid atau masa menstruasi datang, selain ditandai dengan meluruhnya sel darah yang tidak dibuahi, wanita biasanya akan merasakan sakit perut atau kram.

Kram saat menstruasi biasanya terjadi pada masa awal haid dan lama durasinya tergantung pada masing-masing wanita. Selain durasi yang berbeda, intensitas sakit yang dirasakan juga berbeda pada tiap wanita. 

Tapi yang pasti, kram pada saat haid dirasa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas. Bahkan pada beberapa wanita kram saat menstruasi dapat membuat mereka terbaring seharian di kasur bahkan pingsan.

Nah, untuk meredakan sedikit kram yang dirasakan saat haid, berikut 7 makanan yang dapat Anda coba. 

1. Jahe

Menghirup teh jahe segar bisa membantu meredakan kram perut yang menyakitkan. Dalam sebuah penelitian, 150 wanita diinstruksikan untuk mengonsumsi 1 gram bubuk jahe per hari, selama 3 hari pertama periode mereka.

Hasilnya, jahe berhasil mengurangi rasa nyeri datang bulan seefektif obat asam mefenamat (obat penghilang rasa sakit antiinflamasi) dan ibuprofen. Untuk membuat teh jahe, kupas jahe, iris, dan rendam di dalam air panas dengan irisan lemon selama 5 menit.

2. Salmon

Studi yang telah dilakukan berulang kali menunjukkan, wanita yang mengonsumsi omega-3 terbukti paling sedikit mengalami masa Premenstrual Syndrome (PMS) yang menyakitkan.

Ikan berminyak seperti salmon (ikan tenggiri, trout dan sarden juga) dikemas penuh dengan lemak anti-inflamasi yang sangat bermanfaat bagi Anda. Anda bisa mengonsumsi ikan berminyak setidaknya dua kali seminggu, dan untuk lebih meningkatkan omega-3 konsumsi juga jenis makanan lain seperti biji rami, kenari dan telur.

Dapatkan Dr.Boyke Wish Pembalut Night - 8 Pads dengan harga Rp 40.000,- Beli di sini

3. Steak

Daging merah adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi, yang -jika Anda menderita masa-masa sulit seperti premenstrual syndrome (PMS) – bisa menjadi sesuatu yang Anda butuhkan.

Pada saat menstruasi, wanita cenderung kekurangan zat besi sehingga konsumsi daging merah akan sangat membantu meredakan nyeri haid.

Jangan khawatir jika Anda seorang vegetarian, penuhi kebutuhan zat besi Anda dengan mengonsumsi beberapa makanan nabati seperti bayam, kacang, dan kacang lentil.

Tapi perlu diingat, jika tingkat energi Anda tidak kunjung membaik, Anda bisa meminum suplemen kesehatan atau suplemen khusus menstruasi yang dapat membantu mengurangi nyeri. 

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau mungkin tidak sesuai dengan daftar hasrat Anda, tapi kangkung, bayam dan brokoli semuanya tinggi magnesium yang bisa menjadi makanan pereda kram menstruasi.

Sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin A, C, B6 dan E, nutrisi kalsium, dan kalium yang semuanya telah terbukti membantu mengurangi gejala saat mengalami PMS.

Baca juga: Waspada! Ini Penyebab Darah Haid Terlalu Banyak. 

5. Yoghurt Probiotik Alami

Salah satu produk olahan susu, yoghurt, ternyata mengandung kalsium tinggi yang dapat membantu Anda meringankan kram menstruasi. Tidak hanya itu, satu studi besar menemukan, diet dengan produk susu kaya kalsium mampu menurunkan risiko pengembangan PMS sebanyak 40%.

Yoghurt mengandung bakteri baik yang mendukung sistem pencernaan sehat dan mungkin membantu untuk meredakan kembung yang terjadi secara terus-menerus.

6. Dark Chocolate

Makanan manis seperti cokelat memang dipercaya mampu meningkatkan mood dan mengurangi kram perut saat haid. Tapi, gula berlebih juga bukanlah ide bagus karena justru bisa membuat gejala PMS yang Anda alami semakin buruk.

Cobalah mengonsumsi dark chocolate - ini lebih rendah gula daripada susu dan coklat putih, tapi tetap memuaskan hasrat manis Anda. Selain itu, makanan ini juga kaya akan sumber magnesium yang baik untuk tubuh.

Dapatkan Feminax - 4 Tablet dengan harga Rp 3.500,- Beli di sini

7. Biji Bunga Matahari

Makanan pereda kram menstruasi yang terakhir adalah biji bunga matahari. Biji bunga matahari adalah salah satu sumber vitamin E terkaya yang bermanfaat untuk membantu meringankan menstruasi.

Tidak hanya biji bunga matahari, makanan lain seperti alpukat, telur, hati dan kacang almond juga kaya akan vitamin E dan bisa Anda konsumsi saat menstruasi.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi