Keranjang Belanja
Advertisement
Advertisement

Jangan Percaya 5 Mitos Kebotakan Ini!

Kerontonkan rambut pria adalah hal yang biasa namun jika berlebihan bisa menyebabkan kebotakan. Ketika mulai melihat banyaknya rambut di saluran pembuangan kamar mandi atau sisi, mungkin Anda langsung mencari tahu penyebab kerontokan tersebut. Namun, dari semua informasi yang didapat, tidak semuanya benar.

Jangan Percaya 5 Mitos Kebotakan Ini!

KEBOTAKAN rambut pria seringkali dikaitkan dengan usia yang sudah lanjut. Padahal, kebotakan dapat menimpa mereka yang masih berusia muda. Secara perlahan rambut akan menipis, mulai rontok parah hingga menyebabkan kepala botak.

Ketika tersadar bahwa rambut mulai menipis, mungkin Anda langsung mencari tahu penyebabnya. Dari sekian banyak informasi tentang penyebab kebotakan pada rambut pria, berikut 5 mitos yang tidak benar:

1. Kebotakan diwariskan oleh kakek dari pihak ibu

Biasanya, ketika mengalami masalah dengan tubuh, Anda langsung mencari tahu apakah hal tersebut merupakan sesuatu yang bersifat genetis atau tidak. Banyak yang berkata kalau kebotakan merupakan warisan keluarga, terutama kakek dari pihak ibu.

Menurut Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Dermatologi Mount Sinai Hospital di New York city, hal tersebut tidak benar. Mengapa? Karena kerapatan rambut adalah sifatnya poligenik.

Poligenik adalah pewarisan sifat yang ditentukan oleh lebih dari satu gen leluhur. Namun, jika ada anggota keluarga Anda yang rambutnya menipis sejak dini atau memiliki kepala botak, maka Anda perlu mencari cara untuk mengatasi rambut rontok lebih awal.

Baca juga: Jangan Remehkan Rambut Rontok

2. Pria botak memiliki lebih banyak hormon testosteron

Sudah cukup lama mitos tentang kepala botak ini dipercaya oleh banyak orang. Tak hanya itu, pria yang memiliki kepala botak umumnya juga memiliki kehidupan seks yang lebih aktif atau dominan.

Tapi ternyata penelitian menunjukkan bahwa pria yang memiliki kepala botak dan tidak, memiliki kadar hormon testosteron yang sama.

Hal ini lebih menyinggung seberapa sensitif folikel rambut Anda terhadap pengaruh hormon yang ada dalam tubuh dan kira-kira apa yang menentukan kepekaan tersebut? Yap, genetik!

3. Berjemur akan membuat rambut rusak

Banyak yang percaya bahwa  berbaring di bawah sinar matahari atau berjemur, dapat mempercepat kerontokan rambut pria dan menyebabkan kebotakan.

Walaupun radiasi sinar UV memang memberikan banyak keburukan, hal ini tidak akan membuat Anda menjadi botak.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah paparan sinar matahari dapat menurunkan kelembapan rambut sehingga dapat memudarkan warna alami rambut.

Namun, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan kondisioner setelah keramas atau menggunakan penutup kepala, seperti topi.

Baca juga: 5 Tips Agar Rambut Lebih Sehat

4. Terlalu sering memakai topi dapat membuat rambut Anda sulit bernapas

Kita semua tahu bahwa pria yang botak biasanya mengenakan topi untuk menutupi kebotakannya. Nah, pertanyaannya adalah pria memakai topi karena botak atau topi yang membuat pria menjadi botak?

Joshua Zeichner mengatakan bahwa, “jika Anda memakai topi yang sangat ketat, mungkin itu bisa memberi tekanan pada area kulit kepala yang berpotensi menyebabkan alopecia traksi”.

Alopecia traksi sendiri merupakan istilah medis ketika terjadi kerusakan rambut atau kerontokan rambut yang dipicu oleh terlalu kencangnya tarikan folikel pada rambut.

5. Stres dapat memicu kerontokan rambut

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kejadian traumatis seperti mengalami penyakit berat, beratnya tekanan hidup yang dirasa, hingga perubahan berat badan yang drastic memiliki kaitan dengan kerontokan rambut.

Menurut Mayo Clinic, jenis rambut rontok yang berhubungan dengan tingginya tingkat stres adalah telogen effluvium atau sebuah fase “istirahat” bagi folikel rambut sehingga kinerjanya terhenti sejenak dan alopecia areata atau kerontokan rambut terjadi secara merata. Keduanya bisa terjadi tapi hanya sementara.

Jangan Percaya 5 Mitos Kebotakan Ini!

Dapatkan Minyak Firdaus dengan harga sekitar Rp 55.000; Beli di sini.

Ada berbagai cara untuk mengatasi rambut rontok dan merawatnya dengan menggunakan beberapa minyak rambut yang bisa menumbuhkan rambut Anda kembali. Anda bisa menggunakan Minyak Firdaus atau Garnier Neril Anti-Loss Guard, yang dapat menumbuhkan rambut.

Jangan Percaya 5 Mitos Kebotakan Ini!

Dapatkan Garnier Neril Anti-Loss Guard dengan harga sekitar Rp 49.700; Beli di sini.

Tak hanya itu, kedua produk ini juga bisa merawat kesehatan rambut Anda sehingga dapat mengurangi kerontokan rambut yang dialami.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal