Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Instant Delivery! Garansi 3 jam sampai! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

5 Tips Agar Rambut Lebih Sehat

Cara merawat rambut mungkin bukanlah hal yang begitu diperhatikan oleh kaum adam. Hal ini tentu berbeda dengan kaum hawa yang sangat peduli dengan perawatan tubuh termasuk rambutnya. Justru pria lebih memfokuskan dirinya terhadap bentuk badan, maka tak heran jika kebanyakan pria menghabiskan waktunya untuk berolahraga tetapi jarang merawat kesehatan dan gaya rambut. Padahal memiliki rambut yang sehat dapat menjadi penunjang untuk keseluruhan penampilan. Di mana tubuh yang atletis tentu akan semakin sempurna bila disertai dengan gaya rambut yang rapi dan rambut yang sehat.

5 Tips Agar Rambut Lebih Sehat

DALAM merawat rambut pria tentu tidak semua sampo dapat digunakan untuk setiap jenis rambut. Sekalipun itu adalah sampo yang bebas sulfat tetap saja tak dapat digunakan sembarang. Apabila Anda bermasalah dengan rambut rontok, kasar, atau kusut maka mempelajari cara mencuci  rambut yang benar dan dengan produk perawatan rambut yang tepat, dapat membantu Anda dalam mengatasi hal-hal tersebut. Karena pada dasarnya cara merawat rambut pria agar lebih sehat itu sederhana, inilah beberapa poin penting yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat!

1. Lindungi Dari Sinar Matahari


5 Tips Agar Rambut Lebih SehatJika Anda tak ingin hal itu terjadi sebaiknya hindarilah sinar matahari langsung di siang hari yang terik. Apabila terpaksa dilakukan maka kenakanlah pelindung pada bagian kepala seperti topi dengan pinggiran lebar selama Anda berada di bawah sinar matahari. Hal itu bisa mencegah terjadinya rambut rusak, ketombe, atau masalah lainnya pada rambut Anda.

Kebanyakan pria sering bepergian pada siang hari dan membiarkan rambutnya terkena paparan sinar matahari langsung. Padahal ketika itu, sinar matahari bisa membahayakan kesehatan rambut. Kulit kepala Anda yang terkena panas matahari akan membuat pori-pori rambut terbuka dan mengeluarkan keringat.

Sebagaimana yang kita tahu jika kulit kepala yang lengket akibat keringat dapat memicu hadirnya debu dan kotoran menempel di helai-helai rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut sering berketombe dan kering. Apabila hal ini dibiarkan terus-menerus maka akan berdampak panjang bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

2. Memilih Produk yang Tepat

Pilihlah produk perawatan rambut yang lembut untuk menjaga ketahanan rambut halus. Anda perlu menjaga rambut agar tetap bersih, namun jangan pula terlalu bersih. Anda harus menyeimbangkan antara terlalu sering mencuci rambut dan jarang mencucinya untuk mendapatkan rambut halus, sehingga sampo yang lembut merupakan bagian esensial dari rutinitas merawat kebersihan rambut Anda.

Cobalah gunakan sampo yang terbuat dari bahan alami dan hindari sampo dengan pewangi buatan yang tajam. Sebab bahan ini dapat membuat rambut Anda kering dan akan memengaruhi kemampuan rambut Anda untuk memproduksi minyak alaminya. Gunakan pula kondisioner alami untuk mendapatkan rambut yang halus.

Sekalipun Anda tak mencuci rambut Anda, kondisioner akan membantu memperkuat ujung-ujung rambut Anda, menjaga setiap helainya agar kuat dan sehat, serta mencegah rambut bercabang dan kerusakan lain yang dapat memengaruhi tekstur rambut.

3. Mencuci Rambut

Untuk mendapatkan rambut paling sehat maka Anda harus membilasnya setiap hari setelah beraktivitas agar terhindar dari kotoran dan debu. Namun janganlah mencuci rambut Anda terlalu sering. Setidaknya lakukan pada tiga hari sekali atau tergantung pada seberapa berminyaknya rambut Anda.

Anda juga perlu menjaga ujung rambut Anda agar tetap sehat. Beberapa orang memilih untuk mencuci rambut dengan kondisioner lebih sering daripada dengan sampo, karena hal itu dapat menjaga rambut tetap halus terutama pada ujung rambutnya. Gunakanlah teknik yang sama ketika Anda berkeramas dengan sampo, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

4. Menjaga Rambut Tetap Halus

Potonglah rambut Anda secara berkala untuk mengendalikan ujung rambut yang bercabang dan menjaga agar rambut tetap halus. Memotongnya pun sedikit saja, hanya bertujuan untuk menjaga agar rambut tetap kuat dan membantu rambut agar tumbuh lebih rata. Selanjutnya, pertimbangkan pula dalam memanjangkan rambut sedikit.

Karena hal ini sulit untuk membuat rambut Anda yang sangat pendek terasa halus, sementara rambut panjang membutuhkan sejumlah perawatan dan masalah kebersihan. Apabila Anda ingin mendapatkan rambut yang halus, panjang terbaik untuk rambut Anda adalah sekitar 2,5-7,5 cm. Panjang ini dianggap cukup untuk disisir dengan tangan dan ditata dalam berbagai macam gaya rambut.

Sebaiknya, hindari juga mengecat rambut Anda apabila Anda tak ingin rambut Anda menjadi lebih cepat rusak dan kering. Sebab melakukan pengecatan pada rambut dapat merusak minyak alami di rambut dan membuat rambut menjadi lebih rapuh. Bagaimanapun juga, kesehatan rambut adalah hal yang lebih penting dari sekedar penampilan. Kalaupun Anda terpaksa harus melakukannya gunakan produk perawatan rambut khusus untuk rambut yang dicat.

5. Konsumsi Suplemen Alami

Mengonsumsi suplemen alami sangat penting bagi kesehatan rambut. Di mana sejumlah nutrisi, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam bahan-bahan suplemen alami dapat berpengaruh langsung terhadap kualitas rambut Anda.

Makanan seperti kacang almond, wortel, pisang, dark chocolate, dan tauge merupakan makanan yang baik untuk mendukung kesehatan rambut sehat yang tepat. Sementara itu, menu-menu makanan yang mampu menyehatkan dan menyuburkan rambut terdapat pada buah-buahan seperti apel, anggur, persik, dan lain-lainnya.

Apabila Anda menginginkan rambut yang halus dan tetap berkilau maka sebaiknya rajin-rajinlah mengonsumsi daging merah yang kaya akan keratin dan ikan dengan asam lemak omega tinggi untuk mendapatkan rambut pria yang sehat dan berkilau. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral, serta suplemen vitamin alami agar manfaat yang diinginkan dapat lebih maksimal diserap oleh rambut Anda.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi