FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Promo] 5% Cashback untuk pembayaran dgn OVO
Advertisement
Advertisement

7 Bahan Ini Haram Digunakan Kulit Mudah Berjerawat!

Mungkin ada saja merk perawatan wajah yang membuat Anda tergoda untuk mencobanya karena hasil memuaskan yang Anda dengar dari orang lain. Nyatanya, tidak semua perawatan wajah bisa cocok dengan Anda, khususnya bila wajah Anda mudah berjerawat.

APAKAH Anda salah satu orang yang memiliki kulit berjerawat dan sensitif? Saat menggunakan berbagai produk perawatan wajah, apakah Anda tahu bahan bahan berbahaya untuk kulit berjerawat yang bisa saja berada dalam produk tersebut?

Jerawat disebabkan oleh berbagai faktor, dari stres sampai pola makan. Namun, banyak yang belum tahu tentang bahan-bahan di dalam produk kecantikan yang malah dapat berbahaya bagi kulit berjerawat dan sensitif. Beberapa bahan malah dapat menyumbat pori-pori dan menghasilkan blackhead.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, yuk simak pembahasan di  tentang 8 bahan yang harus dihindari jika Anda memiliki kulit mudah berjerawat berikut ini!

1. Minyak Kelapa

Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa minyak kelapa dapat menjadi salah satu bahan dalam daftar bahan bahan berbahaya untuk kulit berjerawat karena biasanya digunakan untuk menjadi pembersih make up atau pelembab.

Minyak kelapa biasanya juga terkandung dalam produk kesehatan rambut agar terlihat lembut dan berkilau. Namun, jika Anda memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, menggunakan minyak kelapa malah dapat mendorong produksi sebum berlebih.

Sebaliknya, jika Anda memiliki kulit kering dan normal, minyak kelapa malah baik digunakan karena membantu pori-pori kulit tidak mudah tersumbat.

2. Pewangi

Banyak produk yang mengandung bahan pewangi untuk menutupi bahan-bahan yang baunya lebih menyengat. Masalahnya adalah, pewangi dapat mengiritasi kulit sensitif.

Jika Anda memiliki kulit kering, menggunakan produk dengan pewangi dapat membuat kulit terasa gatal. Sebaiknya Anda menggunakan produk tanpa pewangi.

Namun, tidak semua pewangi dapat menyebabkan jerawat sehingga perlu diperhatikan lagi apakah pewangi dalam produk Anda dapat menimbulkan jerawat untuk tipe kulit Anda.

Baca juga: Jangan Pernah Gunakan 7 Bahan Ini Untuk Muka Anda!

3. Silikon

Silikon biasanya ditemukan dalam produk kecantikan seperti primer, sunscreen, dan banyak lagi. Banyak yang mengira bahwa silikon dapat membuat tekstur lembut pada kulit. Namun, silikon justru dapat menimbulkan kemerahan di kulit.

Produk yang mengandung silikon dapat menyumbat pori-pori dan dapat berujung pada timbulnya jerawat.

Contoh silikon yang biasanya ada di dalam produk-produk wajah adalah dimethicone (minyak silikon), cetearyl methicone (silikon tidak larut air), dan cyclomethicone (minyak silikon sintetis). Sebaiknya Anda menghindari segala produk yang mengandung silikon.

4. Minyak Mineral

Minyak mineral atau mineral oil tidak berfungsi untuk melembabkan kulit meskipun menahan air untuk keluar dari kulit. Pemakaian dalam jangka panjang dapat memperparah kondisi kulit, menimbulkan jerawat, dan bahkan penuaan kulit. 

5. Alkohol

Alkohol menghilangkan minyak alami dari kulit, membuat kulit menjadi kering dan mudah iritasi. Alasan kenapa orang-orang menyukai produk yang mengandung bahan ini adalah karena tampilan matte yang diberikan pada kulit secara cepat dan efektif.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, direkomendasikan untuk tidak menggunakan produk berbahan alkohol karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Banyak yang mengira bahwa produk-produk seperti ini dapat efektif untuk mengontrol kulit berminyak, padahal alkohol justru membesarkan pori-pori dan menimbulkan breakout.

Baca juga: Pori-Pori Besar? Kecilkan dengan 10 Cara Alami Ini!

6. Sodium Lauryl Sulfate

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) adalah bahan yang membuat busa. Biasanya digunakan pada shampo, pasta gigi, dan produk pembersih wajah. Bahan ini dapat mengiritasi kulit dengan mengurangi minyak alami pada wajah.

Diawali dengan sedikit iritasi, orang-orang dengan kulit sensitif dapat dengan cepat terkena jerawat bila memakai perawatan wajah yang mengandung bahan ini.

7. Isopropyl Myristate

Bahan ini memberi efek melembutkan di kulit. Namun, bahan ini juga mudah menyumbat pori-pori dan membuat jerawat lebih mudah dan cepat untuk muncul.

Isopropyl myristate juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Banyak yang menggunakan bahan ini karena efek melembutkan yang ditampilkan, namun perlu diperhatikan juga efek jangka panjang yang dihasilkan. 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi