FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[INTERNSHIP] Tertarik Berkarya di Dunia E-Commerce? Join AsmaraKu Now! Mau gabung
Advertisement
Advertisement

6 Trik Hindari Razor Bumps Akibat Mencukur Jenggot

Razor bumps adalah benjolan kecil yang muncul pasca bercukur dikarenakan pertumbuhan rambut yang terhalang oleh lapisan kulit. Akibatnya, rambut yang terperangkap ini membentuk benjolan yang seringkali menimbulkan iritasi. Namun, tidak semua pria mendapatkan razor bumps ketika bercukur. Jika menggunakan cara mencukur jenggot yang benar, pasti Anda tidak akan mengalami razor bumps.

6 Trik Hindari Razor Bumps Akibat Mencukur Jenggot

TAK hanya mencegah luka cukur, 6 trik mencukur jenggot ini bisa menghindarkan dari efek razor bumps lho. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Hangatkan Area yang Akan Dicukur

Sebelum mencukur, alangkah baiknya jika Anda membasuh area yang akan dicukur dengan air hangat. Gunakan handuk yang sudah dicelup ke dalam air hangat untuk membasuh dagu atau bagian lain yang akan dicukur.

Air hangat dapat membuat rambut-rambut di tubuh terasa lebih lembut sehingga mudah dicukur. Selain itu, Anda pun akan merasakan sensasi hangat yang menyenangkan ketika mengompres dagu atau area tubuh lain sebelum proses pencukuran dimulai.

Pijat dengan Krim Cukur

Setelah membasuh area tubuh dengan air hangat, cara mencukur jenggot yang benar harus dimulai dengan mengaplikasikan krim cukur. Nah, untuk mencegah luka cukur, oleskan krim cukur sambil memberikan pijatan ringan.

Pijatan yang dilakukan sebelum mencukur sangat berguna untuk melancarkan peredaran darah. Tak hanya itu saja, pijatan yang dilakukan sebelum mencukur akan membuat Anda jadi lebih rileks ketika mencukur.

Gunakan Pisau Cukur yang Tajam

Sangat penting untuk menggunakan pisau cukur yang tajam. Pasalnya, alat cukur dengan pisau tajam akan memotong rambut dengan sempurna. Bahkan, pisau cukur yang tajam dapat meminimalisir tampilan titik-titik hitam bekas mencukur.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa jangan menekan pisau ke dagu atau bagian tubuh lain yang sedang dicukur. Pasalnya, jika pisau yang Anda gunakan tajam, maka pisau tersebut akan melukai kulit Anda. Gunakan pisau cukur tajam tanpa perlu menekannya sampai menyebabkan luka.

Baca juga: Tips Memilih Alat Cukur Pria Terbaik

Lakukan Exfoliate

Setelah bercukur, Anda dapat mencegah timbulnya razor bumps dengan melakukan exfoliate atau pengelupasan. Pasalnya, pasca mencukur, sel kulit mati harus dihilangkan karena dapat menghalangi pertumbuhan rambut baru.

Setelah mengetahui cara mencukur jenggot yang benar, kini tiba saatnya untuk merawat kulit pasca mencukur. Exfoliation bisa dilakukan dengan menggunakan scrub wajah.

Selain scrub wajah, Anda juga bisa memanfaatkan facial foam yang mengandung bulir scrub atau buat sendiri scrub alami dengan mencampurkan gula pasir dengan madu.

Baca juga: Eksfoliasi Kulit? Kenapa Tidak?

Hindari Penggunaan Aftershave

Aftershave adalah produk yang diaplikasikan ke bagian tubuh yang baru saja dicukur. Namun penggunaan aftershave ternyata bisa memicu timbulnya razor bumps. Pasalnya, krim pasca cukur ini mengandung aroma yang harum dan memperparah kondisi pori-pori.

Sebagai solusi, ganti pengguaan aftershave dengan tea tree oil. Minyak pohon teh akan menenangkan kulit pasca mencukur. Di samping itu, tea tree juga tidak mengandung parfum sehingga lebih aman untuk kulit yang baru saja dicukur.

Hentikan Penggunaan Krim Cukur yang Menyebabkan Razor Bumps

Razor bumps dapat muncul karena iritasi. Nah, iritasi ini dapat disebabkan karena penggunaan krim cukur yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda.

Ketika Anda mengalami razor bumps, segeralah cari cara untuk mengobatinya karena iritasi yang dibiarkan begitu saja lama-lama menjadi infeksi. Tidak ingin kan masalah kulit Anda jadi semakin runyam?

Nah, cara mencukur jenggot yang benar ini dapat meminimalisir timbulnya razor bumps dan luka akibat pisau cukur. Yuk, langsung praktekkan langkah-langkah ini sebelum, saat, dan sesudah mencukur.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi