5 Hal Sepele Yang Dapat Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Sehat itu mahal harganya, itulah pepatah yang sering kita dengar tentang berharganya sebuah kesehatan. Kebanyakan orang memang baru merasakan betapa berharganya kesehatan di kala dirinya terserang penyakit.

5 Hal Sepele Ini Dapat Mengganggu Sistem Imun Tubuh

PENYAKIT sendiri bisa datang dari mana saja, dari bakteri, virus, ataupun jamur. Untuk itulah diperlukan sistem imunitas yang baik dalam tubuh agar bisa melawan penyakit. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat, dan mengkonsumsi suplemen kesehatan, kita juga dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang dapat mengganggu daya tahan tubuh. Berikut infonya untuk Anda:

Polusi Udara

Polusi udara telah terbukti membawa dampak buruk bagi paru-paru serta sistem imunitas kita. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa polusi udara bisa mensupresi komponen sistem imun bernama T-cell, di mana jika hal ini terjadi bisa memicu peradangan pada seluruh tubuh.

Duduk Terlalu Lama

Jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk duduk di kursi dalam waktu yang lama, maka berhati-hatilah. Pasalnya, kebiasaan ini bisa berakibat buruk bagi sistem imun dan daya tahan tubuh Anda. Duduk dalam durasi terlalu lama bisa memperlambat proses metabolisme tubuh yang mengakibatkan berkurangnya penyerapan nutrisi. Solusinya, Anda sebaiknya melakukan peregangan tubuh dengan senam ringan setiap 1 jam sekali supaya badan tetap aktif bergerak.

Baca juga: Gerakan Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan di Kantor

Kurang Tidur

Mendapatkan tidur yang cukup sangatlah penting. Jika Anda kurang tidur dan tubuh tidak memproduksi melatonin yang cukup, maka sistem imun tidak bisa membuat sel darah putih yang cukup pula, sehingga tidak mampu membantu melawan infeksi. Tidur yang baik pun sebaiknya tidak terlalu larut malam.

Makan Daging Terlalu Banyak

Mengonsumsi daging hewan terlalu banyak bisa membuat tubuh Anda memproduksi hormon IGF 1 yang berlebihan, dimana hal ini bisa memicu proses penuaan dan menghambat kinerja sistem imun tubuh anda. Perbanyaklah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mengimbangi dan memenuhi protein dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Stres Berkepanjangan

Mengalami stres dalam waktu yang lama bisa meningkatkan kadar kortisol yang bisa mengurangi kadar hormon testosteron dan estrogen. Ketidakseimbangan hormon tersebut bisa mengurangi kinerja sistem imun tubuh Anda. Ambillah beberapa waktu untuk menikmati liburan untuk meredakan stress anda.

Baca juga: Hindari Stress Kerja! Ini Tips Sehat Untuk Para Pekerja Kantoran

Jadi, sudah tahu kan hal-hal apa saja yang dapat membahayakan tubuh kita? Tidak mudah memang untuk menjalankannya, akibat tuntutan kerja dan pengaruh lingkungan di sekitar kita. Namun tak ada salahnya untuk berusaha semaksimal mungkin agar terhindar dari serangan penyakit. Keep healthy!

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait