Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Gerakan Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan di Kantor

Oleh: Ade Hermawan Igama | 4 menit membaca


Tinggal dan bekerja di kota besar memang ada plus minusnya. Anda bekerja pagi sampai sore, belum lagi jika terjebak macet. Akibatnya, menjaga gaya hidup sehat pun menjadi tantangan tersendiri. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa sempat berolahraga ringan di kantor dengan tips sehat berikut ini.

Yuk, Olahraga Ringan di Kantor Supaya Tetap Sehat dan Produktif!

BAGI para pekerja kantoran, duduk di depan monitor selama delapan jam sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Tetapi, duduk dengan jangka waktu lama akan berakibat buruk di masa mendatang.

Efek jangka panjang yang bisa dialami adalah sakit punggung akibat postur tubuh yang buruk saat duduk, belum lagi tegangnya mata karena menatap layar monitor. Biar bagaimanapun bekerja seharian di meja jangan dijadikan alasan untuk Anda menghindari gaya hidup sehat dan olahraga. Lakukan olahraga ringan di kantor ini agar kesehatan terjaga dan tetap produktif.

Perbaiki postur

Amati postur tubuh yang baik saat duduk di kursi kerja. Postur yang baik dan benar adalah punggung harus lurus, pundak ditegakkan, dan layar komputer Anda harus sejajar dengan mata.

Jika Anda harus menunduk atau mendongak, atur ketinggian monitor Anda sampai pas. Pastikan pergelangan tangan Anda tidak bersandar di keyboard atau mouse pad kecuali mouse pad Anda mempunyai sandaran pergelangan tangan.

Dengan melakukan hal tersebut, akan mencegah serangan Carpal Tunnel Syndrome yaitu tekanan yang terjadi pada pergelangan tangan yang bisa menyebabkan rasa sakit, mati rasa dan melemahnya bagian tersebut. Jaga kaki Anda tertekuk di lutut sehingga lutut hampir sejajar dengan pinggul dan telapak kaki harus datar di lantai atau penyangga kaki.

Baca juga: Penyakit yang Muncul Jika Anda Terlalu Sering Duduk

Lakukan peregangan

jual suplemen stamina tubuh lengkap dan murahCara menjaga kesehatan tubuh salah satunya adalah dengan olahraga. Sebelum melakukan olahraga ringan, ada baiknya Anda melakukan beberapa jenis peregangan. Peregangan ini juga bisa Anda lakukan di sela-sela jam kerja Anda.

Leher: Untuk melakukan peregangan leher, cobalah lenturkan leher Anda ke arah depan dan belakang dengan perlahan. Lakukan juga ke samping kanan dan kiri. Jangan lupa untuk arahkan leher untuk menengok ke arah kanan dan kiri. Peregangan ini bisa Anda lakukan kapanpun Anda merasa leher Anda tegang. Ingat, jangan pernah memutar kepala Anda karena bisa menyebabkan cedera pada otot leher.

Bahu: Putar bahu Anda ke depan dan ke belakang sebanyak 10 kali. Dengan melakukan peregangan ini akan membantu mengurangi tegang dan rasa berat di bahu.

Pergelangan tangan: Putarkan pergelangan tangan Anda secara reguler setiap sejam sekali atau lebih. Putar pergelangan tangan Anda searah jarum jam dan sebaliknya masing-masing sebanyak 10 kali.

Pergelangan kaki: Sama seperti pergelangan tangan, regangkan pergelangan kaki Anda dengan cara memutarnya perlahan sebanyak tiga kali searah jarum jam dan sebaliknya. Dengan melakukan peregangan ini akan melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya kesemutan.

Lakukan olahraga ringan

jual multivitamin terlengkap di AsmaraKuUntuk melakukan olahraga ringan, Anda akan membutuhkan beberapa alat tetapi jangan khawatir alat yang Anda butuhkan berukuran kecil dan mudah dibawa sehingga bisa diselipkan di dalam tas Anda.

Hand gripper: Alat ini murah, kecil dan ringan, sangat cocok untuk olahraga ringan di kantor. Gunakan alat ini saat Anda sedang membaca laporan. Anda bisa membaca sembari meremasnya. Hand gripper juga dapat melatih kekuatan tangan Anda selain itu juga olahraga ringan ini bagus untuk melatih otot lengan.

Elastic band: Rentangkan kedua lengan Anda dengan elastic band. Olahraga ringan ini akan meregangkan dan melatih otot secara ringan.

Exercise ball: Sesekali ganti kursi Anda dengan exercise ball berukuran besar. Anda bisa duduk di atasnya sambil mengencangkan otot perut Anda. Dengan melakukannya selama setengah jam setiap harinya, Anda akan membakar cukup kalori untuk mengecilkan perut dan pinggang. Tetapi jangan gunakan exercise ball saat Anda sedang mengetik karena bisa menyebabkan cedera pergelangan tangan.

Istirahat sejenak

Berdiri dan berjalanlah sebentar setiap sejam sekali. Dengan melakukan ini, Anda akan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Tips sehat lainnya adalah dengan berjalan ke pantry dan ambil segelas penuh air minum.

Cara menjaga kesehatan tubuh salah satunya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, berkeliling sebentar akan sedikit mengurangi stress kerja.

Baca juga: Hindari Stress Kerja! Ini Tips Sehat Untuk Para Pekerja Kantoran

Cara lain untuk mengurangi stress kerja adalah dengan melakukan meditasi. Saat ini meditasi sudah menjadi bagian gaya hidup sehat bagi banyak orang.Kosongkan pikiran Anda dan atur irama pernapasan. Selain melatih otot perut, tips sehat ini juga adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Seringkali tanpa sadar kita tidak bernapas secara baik. Nah, dengan melakukan meditasi Anda bisa fokus ke pernapasan Anda. 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_stamina tubuh, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli multivitamin, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com