Advertisement
Advertisement

Penting! 6 Tips Sehat Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Waktu berbuka puasa seringkali dimanfaatkan banyak orang untuk makan sebanyak mungkin dan menikmati aneka makanan manis sampai berlemak yang sudah diidamkan. Padahal tidak demikian, ada cara bebuka puasa yang lebih baik dan sehat yang bisa Anda lakukan. 

Penting! 6 Tips Sehat Buka Puasa di Bulan Ramadhan

RAMADHAN adalah bulan suci yang penuh berkah, sebuah kesempatan langka yang bisa digunakan untuk meningkatkan tali persaudaraan dengan mengadakan acara buka puasa bersama.

Dalam acara tersebut, selain memanfaatkan waktu untuk berbincang dengan saudara atau kawan lama, menyantap berbagai makanan dan minuman yang disajikan juga menjadi agenda wajib.

Lalu apa yang salah? Bukankah berbuka puasa memang identik dengan menyantap berbagai makanan dan minuman?

Ya memang benar, namun yang salah adalah seringkali banyak orang tidak melihat jenis makanan dan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Seringkali banyak orang kalap menyantap banyak makanan manis, gurih, dan berlemak untuk memuaskan hawa nafsunya.

Padahal, ada cara berbuka puasa yang benar dan sehat lho. Bagaimana? Simak penjelasannya berikut ini: 

1. Pilih Makanan Menyehatkan

Saat berbuka, mulailah dengan makan buah kurma karena memang disunnahkan untuk mengonsumsi dalam jumlah ganjil, terutama jika Anda menderita sakit kepala atau pusing karena kadar gula darah yang rendah selama periode puasa Ramadhan.

Setelah itu minum air mineral dan pilih dengan bijak makanan yang yang akan Anda konsumsi. Usahakan jenisnya berimbang meliputi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, daging, dan susu.

Sementara, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lebih dengan memberikan tambahan asupan dari dalam kelompok makanan yang Anda makan, misalnya dengan memilih roti gandum, pasta coklat atau beras panjang lebih sering. Perbanyak konsumsi sayuran dan minimal 2 porsi buah-buahan.

Makan daging yang dipotong tipis saja, juga daging ikan dan ayam tanpa kulit. Anda juga bisa beralih dari susu penuh lemak menjadi produk susu rendah lemak, yang masih akan memberikan Anda kalsium yang dibutuhkan.

Baca juga: Jangan Lupakan Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Ramadhan!

2. Gunakan Metode Memasak Sehat

Cobalah untuk menggunakan proses memanggang atau mengukus daripada harus menggoreng santapan buka puasa Anda. Selain sehat, cara ini juga akan mempertahankan kandungan vitamin makanan Anda yang biasanya hilang jika dimasak dalam waktu yang lama dengan suhu tinggi.

Memasak hidangan utama dengan berbagai sayuran, kurangi lemak dan garam akan membuat jantung Anda sehat. Sebaiknya selalu sediakan sup atau makanan yang berkuah karena akan memberikan Anda cairan yang telah hilang selama menjalani puasa.

Tidak hanya memberikan asupan cairan tambahan, hal ini juga berfungsi sebagai sumber serat, vitamin dan mineral yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Nutrimax Complete Multivitamins & Minerals, Rp 207.000,- ; Beli di sini

3. Atur Porsi dengan Baik

Makan dengan porsi besar akan memperbesar kemungkinan terjadinya penambahan berat badan. Hal ini juga bisa mengakibatkan berat badan berlebih, perut buncit dan perasaan tidak nyaman pada tubuh Anda.

Jadi, ingatlah untuk menahan diri dari perasaan “membalas dendam” dengan mengontrol porsi makan Anda, dan tidak mengambil makanan apa saja yang tersedia saat buka puasa.

4. Seimbangkan Kandungan Gizi

porsi seimbang

Untuk mendapatkan kandungan gizi makanan yang seimbang, cobalah membagi piring hidangan utama Anda menjadi 3 bagian.

Pertama, seperempat dengan karbohidrat dan alternatifnya, seperempat lainnya diisi dengan daging dan variasinya, lalu setengah piring sisanya Anda isi dengan salad dan sayuran yang dimasak.

Hal ini akan membantu mencukupi kebutuhan gizi tubuh Anda tanpa harus menambah kalori ekstra untuk makanan yang dikonsumsi selama menjalani puasa Ramadhan.

 

 Sea-Quill Mega Vite Iron Free, Rp 294.000,- ; Beli di sini

5. Tambahkan Bahan yang Penting Dalam Makanan

Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun pada salad Anda untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sementara daripada jus dengan gula atau soft drink, pastikan Anda minum air mineral yang cukup, jus tanpa gula, atau yogurt tawar sebelum mulai makan.

Hal ini akan mencegah dehidrasi dan memberikan tubuh Anda cairan yang penting. Selain itu dengan mengonsumsi yogurt, Anda telah membantu menyediakan sejumlah besar kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan kering yang berfungsi sebagai sumber energi setelah seharian berpuasa. Bila perlu tambahkan juga multivitamin untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. 

Baca juga: Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan

6. Variasikan Makanan Anda

Mengonsumsi satu jenis makanan saja tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi Anda selama bulan puasa ini. Ketika asupan makanan Anda bervariasi, akan lebih memungkinkan untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Karena itu ada baiknya Anda membuat menu makanan selama Ramadhan, agar bisa memvariasikan jenis lauk-pauk dan sayur untuk memenuhi kebutuhan gizi. Tidak hanya di bulan puasa, Anda dapat terus melakukan kebiasaan baik ini untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi