Menu
Cart

KESEHATAN

Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan

Oleh: Natalia P | 5 menit membaca


Banyak orang yang melakukan puasa di bulan Ramadhan sebagai kewajiban agama tetapi hanya sedikit yang tahu manfaat puasa bagi kesehatan. Puasa Ramadhan adalah praktik yang baik, jika diterapkan dengan benar. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Sehingga puasa menjadi semakin populer selama bertahun-tahun baik dilakukan selama bulan Ramadhan atau untuk kebutuhan pribadi.

Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan

KURANGNYA makanan dan air selama berpuasa tidak menjadikan puasa buruk bagi tubuh, justru puasa mampu mendukung kebiasaan makan yang sehat dan memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh. Ada berbagai manfaat puasa seperti detoksifikasi, menurunkan berat badan dan manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan berpuasa. Berikut 10 manfaat puasa bagi kesehatan Anda yang mungkin akan mengejutkan Anda.

1. Puasa Meningkatkan Detoksifikasi Tubuh

Makanan olahan yang mungkin sering Anda konsumsi saat tidak sedang berpuasa, mengandung banyak aditif yang dapat menjadi racun dalam tubuh. Sebagian besar racun ini disimpan dalam lemak yang akan dibakar selama puasa, terutama puasa jangka panjang. Sehingga dengan berpuasa akan mendorong detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Organ tubuh yang terlibat dalam proses detoksifikasi ini adalah hati, ginjal dan organ tubuh lainnya.

2. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Selama berpuasa, organ-organ pencernaan akan beristirahat dan memberikan tenaga bagi sistem pencernaan tubuh Anda untuk membakar kalori lebih efisien. Jika metabolisme atau sistem pencernaan Anda kurang baik makan dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mencerna makanan dan membakar lemak. Dengan melakukan puasa Ramadhan akan mendukung fungsi usus yang sehat, sehingga meningkatkan fungsi metabolisme tubuh Anda.

Manfaat puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme Anda sekitar 3.6% sampai 14 %, membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Namun puasa tidak menghentikan produksi asam di lambung, untuk itu bagi Anda yang memiliki penyakit maag disarankan untuk mengatur makanan dan suplemen yang perlu dikonsumsi.

jual suplemen pelangsing murah

3. Puasa Mendukung Diet Sehat

Berdasarkan pengamatan, berpuasa mampu mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan olahan. Karena selama puasa Ramadhan, kebutuhan tubuh akan air dan serat meningkat sehingga mendorong keinginan untuk mengkonsumsi makanan alami, terutama air dan buah-buahan. Tak hanya itu saja, manfaat puasa dalam mendukung diet yang sehat dengan memperbaiki pola makan Anda.

Jika biasanya Anda sulit menahan nafsu makan atau saat Anda sudah merasa lapar 3-4 jam setelah makan, maka puasa membantu Anda untuk mencegah pola makan berlebihan dan mengatur sinyal otak untuk tidak cepat lapar. Ini adalah salah satu cara berpuasa yang mendukung gaya hidup sehat.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa dapat menjadi cara menurunkan berat badan yang aman karena banyak studi telah menunjukkan bahwa puasa memungkinkan tubuh untuk membakar lemak lebih efektif dari sekedar diet biasa. Berpuasa memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi dan dapat meningkatkan fungsi hormon yang membantu menurunkan berat badan. Dengan kata lain, puasa mampu meningkatkan metabolisme sekaligus mengurangi jumlah makanan yang Anda makan.

Menurut tinjauan ilmiah, puasa dapat menurunkan berat badan 3% hingga 8% dalam waktu 3 sampai 24 minggu. Banyak orang juga kehilangan 4-7% dari lingkar pinggang mereka, yang menunjukkan pengurangan lemak pada perut yang buruk bagi kesehatan tubuh.

jual suplemen antioksidan murah dan lengkap

5. Membantu Mengurangi Gula Darah

Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah mengurangi kadar gula dalam darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan berpuasa membantu menurunkan gula darah hingga 3-6%, sedangkan insulin berkurang 20-31%. Sehingga puasa dapat melindungi Anda dari diabetes tipe 2 dan kerusakan ginjal.

6. Mengurangi Peradangan Dalam Tubuh Dan Resiko Kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa puasa di bulan Ramadhan membantu memerangi penyakit radang dan alergi. Beberapa ahli menyatakan bahwa puasa dapat mendukung penyembuhan penyakit radang usus seperti kolitis ulseratif. Selain itu puasa memiliki efek dalam meningkatkan metabolisme yang dapat menyebabkan penurunan risiko kanker dan membantu mengurangi berbagai efek samping dari kemoterapi.

7. Puasa Membantu Memperbaiki Tekanan Darah

Manfaat puasa lainnya adalah sebagai salah satu metode alami untuk mengurangi tekanan darah dan membantu mengurangi risiko aterosklerosis. Aterosklerosis atau pengapuran pembuluh darah merupakan penyempitan pembuluh darah arteri akibat pengendapan lemak. Selama puasa glukosa dan simpanan lemak digunakan untuk menghasilkan energi serta hormon seperti adrenalin dan noradrenalin juga berkurang. Hal ini membuat metabolisme tubuh lebih stabil dan penurunan tekanan darah.

jual suplemen kesehatan untuk daya tahan tubuh lengkap

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Puasa Ramadhan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas, mengurangi kondisi peradangan dalam tubuh dan membantu mencegah pembentukan sel kanker. Pengeluaran racun atau detoksifikasi dan pengurangan simpanan lemak juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan saat berbuka untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat serta sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa.

 

9. Baik Untuk Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Hal yang baik untuk tubuh seringkali baik juga untuk otak, karena puasa meningkatkan produksi protein yang disebut Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF). BDNF mengaktifkan sel-sel batang otak untuk menjadi neuron baru dan melindungi sel-sel otak Anda dari perubahan yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Beberapa penelitian juga mengatakan manfaat puasa dalam meningkatkan pertumbuhan sel saraf baru serta melindungi terhadap kerusakan otak akibat stroke.

10. Puasa Membantu Memperpanjang Umur Anda

Salah satu manfaat puasa yang paling menarik adalah kemampuannya untuk memperpanjang umur. Karena dengan berbagai manfaat puasa bagi kesehatan dapat membantu mengurangi efek penuaan seperti metabolisme dan detoksifikasi yang lebih lambat, penurunan daya tahan tubuh serta kerja otak. Sehingga masuk akal jika puasa dikatakan menjadi salah satu cara memperlambat efek penuaan. 

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli antioksidan, Beli antioksidan pria, Beli antioksidan wanita, Beli a_stamina tubuh pria, Beli detoksifikasi, Beli detoksifikasi pria, Beli detoksifikasi wanita, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli puasa, Beli stamina tubuh, Beli stamina tubuh wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com