Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Jangan Lupakan Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Ramadhan!

Oleh: Nurizzah Millati | 4 menit membaca


Menjalani puasa bulan Ramadhan tahun ini, mungkin Anda bertanya-tanya apakah kebutuhan gizi Anda terpenuhi selama bulan puasa? Atau sudahkah Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan selama menjalani puasa Ramadhan ini? Yuk, simak nutrisi basic yang perlu Anda dapatkan setiap hari! 

Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Ramadhan!

MATAHARI terbenam dan terdengar suara adzan berkumandang merupakan saat yang Anda tunggu-tunggu untuk segera membatalkan puasa Anda. Setelah menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam, bukan tidak mungkin Anda melakukan aksi ‘kalap’ dan ‘membalas dendam’ sehingga menyantap apa saja yang tersaji di depan mata tanpa memperhatikan nutrisinya. Padahal selama menjalani puasa Ramadhan, seharusnya Anda bisa mencapai gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan harian Anda supaya momen Ramadhan ini menjadi sesuatu yang berkah bagi kesehatan tubuh Anda. Yuk ketahui lebih lanjut apa saja nutrisi yang harus Anda penuhi setiap harinya.

Sumber karbohidrat

KARBOHIDRAT

Karbohidrat bekerja sebagai bahan bakar tubuh Anda untuk menyediakan energi yang Anda butuhkan saat sedang melakukan kegiatan sehari-hari. Nutrisi ini juga sangat penting untuk keseimbangan gula darah Anda. Sumber karbohidat yang baik di antaranya termasuk roti gandum, beras merah, atau pasta yang terbuat dari gandum. Selain itu, buah kering seperti kurma dan buah-buahan segar lainnya juga merupakan sumber yang sangat baik karena terbuat dari gula alami yang Anda butuhkan untuk mendapatkan energi ekstra di setiap waktu makan selama puasa Ramadhan ini.

PROTEIN

Sebagai pembangun sel-sel penting dari jaringan tubuh Anda, mengonsumsi cukup protein selama bulan puasa akan membuat Anda merasa kenyang sampai tiba waktu makan berikutnya. Menyantap makanan yang mengandung protein saat sahur juga mencegah Anda untuk terlalu banyak makan makanan manis yang selalu tersedia selama berbuka puasa. Sumber protein yang baik di dalamnya termasuk ikan, ayam tanpa kulit, daging potong tanpa lemak, serta kacang-kacangan dan biji-bijian seperti buncis, kacang merah dan lain-lain.

Baca juga: Tips Makan Sahur Sehat

Sumber lemak sehat

LEMAK

Lemak juga merupakan sumber energi yang diperlukan tubuh dan memainkan peranan penting dalam mengatur fungsi normal dari sel-sel tubuh Anda. Beberapa lemak sangat penting untuk kesehatan jantung, kulit, dan rambut. Kandungan lemak yang baik bisa Anda temukan pada ikan, buah zaitun, kacang-kacangan dan vegetable oil. Hindarilah lemak jenuh seperti yang sering ditemukan dalam mentega atau margarin khususnya ketika Anda memasak, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang lebih sehat sebagai pengganti margarin untuk mengurangi risiko timbulnya penyakit dalam tubuh Anda.

VITAMIN DAN MINERAL

Vitamin dan mineral juga mempunyai peran yang sangat penting dalam memaksimalkan fungsi sel normal Anda, meningkatkan kekebalan tubuh dan vitalitas, serta memberikan antioksidan penting yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari penyakit yang tidak diinginkan. Anda juga harus mengonsumsi susu dan mineral lain yang kaya akan kalsium, vitamin dan mineral untuk kesehatan tulang yang baik. Sumber yang kaya vitamin dan mineral termasuk sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan baik yang segar, kering atau dibuat menjadi jus buah, yang semuanya memiliki posisi favorit masing-masing di meja makan Anda selama puasa Ramadhan.

Bagaimana dengan tambahan multivitamin? Perlukah? Mengambil vitamin tambahan pada waktu tertentu mungkin saja dapat membantu Anda dalam menjalani ibadah puasa ini. Untuk membantu meringankan ketidaknyamanan dan batasan efek sampingnya, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen Anda dibarengi dengan makan makanan utamanya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda ketika memutuskan untuk mengambil vitamin tambahan saat akan menjalani rutinitas harian Anda.

Baca juga: Konsumsi Vitamin-vitamin Ini Untuk Menambah Berat Badan

Anda dapat mencapai semua kebutuhan gizi Anda saat menjalani puasa Ramadhan ini dengan melaksanakan pola makan yang seimbang sesuai dengan berat badan dan kebutuhan tubuh Anda. Jika berat badan Anda adalah kurang lebih 60 kg, Anda akan membutuhkan sekitar 1.800-2.000 kalori untuk menjaga berat badan Anda tetap stabil.

Dan sementara Anda menikmati makanan lezat selama Ramadhan ini, perlu Anda ingat untuk memperhatikan kandungan nutrisi makanan Anda sehingga konsumsi makanan manis saat berbuka tidak akan mengalahkan nutrisi penting yang Anda butuhkan. Marilah menjalani ibadah puasa Ramadhan ini dengan penuh keberkahan dan kesehatan yang Anda dapatkan dari menjaga pola makan yang penuh nutrisi yang baik bagi tubuh Anda! 

 



Sebelumnya: Oral Seks Dengan Kondom? Why Not?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli antioksidan, Beli antioksidan pria, Beli antioksidan wanita, Beli a_multivitamin, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli multivitamin, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli puasa, Beli stamina tubuh, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com