Menu
Cart

KESEHATAN

Tips Makan Sahur Sehat

Oleh: Astri Setyarini | 3 menit membaca


Apakah menu sahur Anda? Ternyata, memilih menu sahur harus diperhitungkan baik-baik. Selain lezat dan mengenyangkan, menu sahur juga harus sehat dan dapat mengakomodasi kebutuhan gizi tubuh selama berpuasa seharian penuh.

 Tips Makan Sahur Sehat

SAHUR adalah kegiatan makan menjelang fajar yang dilakukan umat Muslim di seluruh dunia pada bulan Ramadan. Sahur merupakan persiapan yang harus dijalani sebelum menunaikan puasa, yakni sejak fajar hingga matahari terbenam. Jika melewatkan makan sahur, seseorang yang melakukan puasa akan merasa cepat lapar, cepat haus, dan tidak bertenaga. Oleh sebab itu, sahur menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. Berikut adalah tips dan trik yang dapat Anda terapkan dalam menyiapkan menu sahur yang sehat untuk Anda dan keluarga.

Memilih Menu Sahur Tinggi Karbohidrat dan Protein

Waktu yang diperlukan untuk berpuasa di bulan Ramadan memakan waktu sekitar 14 jam sehari, yakni mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan cukup energi untuk tetap menjalani puasa dengan kondisi badan yang fit. Terlebih lagi jika selama puasa, Anda tetap dituntut untuk aktif beraktivitas. Akan sangat baik jika saat sahur, Anda mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan serat, seperti roti gandum, sereal, oat, buah-buahan, dan sayuran. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan berprotein tinggi, seperti ikan, daging, susu, dan yogurt. Makanan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, serta menstabilkan kadar gula dan tekanan darah.

Minum Banyak Air Mineral

Apa godaan terbesar yang sering dialami oleh orang yang berpuasa? Jawabannya adalah haus. Ya, rasa haus yang sering dialami oleh orang-orang yang berpuasa berasal dari dehidrasi akibat kurangnya asupan air ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu minum banyak air putih saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur. Minum banyak air putih selama tiga waktu tersebut akan menjauhkan Anda dari bahaya dehidrasi dan kehausan yang ekstrem selama Anda berpuasa.

Baca juga: 10 Makanan Jepang untuk Pola Hidup Sehat

jual suplemen multivitamin terlengkap

Mengonsumsi Kurma

Menu sahur sehat lainnya dapat Anda temukan dalam bentuk kurma. Selaras dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa, “Sebaik-baiknya (menu) makanan sahur seorang Mukmin adalah kurma,” buah kurma terbukti menjadi sumber energi tinggi yang baik untuk dikonsumsi. Buah kurma kaya akan kandungan gula, serat, karbohidrat, potasium, dan magnesium: kelima nutrisi yang berfungsi menyediakan energi bagi tubuh. Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa akan mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa, sedangkan mengonsumsi kurma saat makan sahur akan menambah energi pada tubuh sehingga Anda tetap bugar selama berpuasa.

Menghindari Kafein, Makanan Pedas, dan Makanan Berlemak

Seringkali, seseorang merasa malas untuk bangun sahur. Untuk menghilangkan rasa malas tersebut, tidak jarang orang sengaja menyediakan menu sahur berupa makanan dan minuman favorit mereka, misalnya makanan yang berlemak, pedas, atau minuman berkafein seperti kopi. Sayangnya, hal ini tidak disarankan untuk dilakukan. Konsumsi makanan pedas dan berlemak hanya akan membuat Anda tidak nyaman akibat sakit perut saat menjalani puasa, sementara konsumsi kafein membuat tubuh Anda cepat dehidrasi. Selain itu, konsumsi kafein juga dapat mengakibatkan efek samping lainnya, seperti sakit kepala dan mood yang mudah rusak. Anda tentu tak ingin merusak puasa Anda dengan sakit perut atau bad mood, bukan?

Baca juga: Ini Manfaat Memasak Makanan Anda Sendiri

Menyiapkan Makan Sahur Lebih Awal

Selain ingin tidur lebih lama, alasan lain yang membuat orang merasa malas untuk sahur adalah bayangan akan repotnya menyiapkan makanan sahur, terutama bagi mereka yang harus menyiapkan makan sahur tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi keluarga. Untuk itu, Anda dapat mengakalinya dengan menyiapkan menu sahur sesaat sebelum Anda tidur, misalnya setelah salat Tarawih, sehingga saat sahur Anda hanya tinggal memanaskannya saja. Anda juga dapat mengakalinya dengan memodifikasi sisa menu berbuka Anda menjadi menu sahur. Jika Anda hanya menyiapkan menu sahur untuk diri Anda sendiri, Anda dapat membuat menu sahur sehat yang praktis, misalnya roti lapis dengan isian sayuran dan daging.



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_stamina tubuh, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli multivitamin, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli puasa, Beli stamina tubuh, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com