Triclosan

    Triclosan adalah antiseptik yang umumnya ditemukan dalam produk kebersihan seperti sabun dan pasta gigi, yang berfungsi untuk memusnahkan mikroorganisme termasuk jamur dan bakteri.

    Golongan obat: Antiseptik Merek dagang: Verile, Hi-Derm, Skinnova, Red-A, Pro AC, Pure Wash

    Apa itu Triclosan?

    Triclosan merupakan bahan antiseptik yang memberi manfaat dalam pencegahan radang gusi ketika digunakan dalam pasta gigi. Walaupun demikian, manfaatnya pada sabun belum terbukti secara signifikan. Penggunaan triclosan telah dipelajari akan efeknya terhadap resistensi bakteri dan gangguan hormon pada hewan, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

    Dosis dan Aturan Pakai Triclosan

    Triclosan terdapat dalam banyak produk dengan konsentrasi umum sekitar 2%. Sebelum menggunakan produk yang mengandung triclosan, selalu periksa petunjuk pada kemasan. Jika merasa tidak yakin, konsultasilah dengan dokter.

    Cara Menggunakan Triclosan dengan Benar

    Sebelum mengaplikasikan produk yang berisi triclosan, selalu baca dan ikuti arahan yang diberikan pada kemasan. Gunakan produk ini hanya pada kulit, hindari kontak dengan mata atau kulit yang luka, dan bilas segera bila terkena. Simpan produk pada suhu kamar di tempat kering dan terlindung dari sinar matahari. Pastikan produk tidak terjangkau oleh anak-anak.

    Efek Samping dan Bahaya Triclosan

    Produk yang mengandung triclosan dapat menyebabkan efek samping seperti dermatitis kontak. Jika terjadi iritasi kulit atau kondisi kulit memburuk usai pemakaian, disarankan untuk menghentikan penggunaannya dan memeriksakan diri ke dokter. Pastikan untuk mendapatkan bantuan medis segera bila mengalami gejala alergi seperti ruam gatal atau kulit kemerahan dan pecah-pecah.

    Peringatan Sebelum Menggunakan Triclosan

    Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan produk dengan triclosan:

    • Hindari pemakaian jika memiliki alergi terhadap kandungan triclosan.
    • Jauhi penggunaan di area mata, kulit yang terluka, atau berkulit pecah-pecah.
    • Informasikan kepada dokter keadaan seperti kehamilan, menyusui, atau penggunaan produk lain.
    • Segera konsultasikan ke dokter jika anda mengalami reaksi alergi atau efek samping yang serius.

    Triclosan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Triclosan terkategori N yang berarti risikonya bagi ibu hamil belum diklasifikasikan. Belum ada bukti bahwa triclosan dapat diserap ke dalam ASI. Namun, sebagai langkah pencegahan, ibu menyusui disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk yang mengandung triclosan.

    Interaksi Triclosan dengan Obat Lain

    Interaksi triclosan dengan obat atau suplemen lainnya belum diketahui secara pasti. Gunakan pemantauan dan berikan informasi mengenai obat, suplemen, atau produk herbal yang Anda gunakan kepada dokter agar dapat diantisipasi potensi interaksi yang berbahaya.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait