Hyoscyamine

    Hyoscyamine sering digunakan dalam pengobatan medis untuk membantu meredakan berbagai masalah terkait dengan pencernaan dan gerakan usus.

    Golongan obat: antikolinergik/antispasmodik Merek dagang: tidak disebutkan secara spesifik

    Apa itu Hyoscyamine?

    Hyoscyamine merupakan obat yang diresepkan untuk menangani gejala spasme gastrointestinal seperti sindrom iritasi usus besar, juga masalah pengendalian kandung kemih dan buang air besar. Obat ini efektif mengurangi sakit perut akibat batu ginjal atau batu empedu, dan meringankan gejala penyakit Parkinson. Mengurangi produksi asam lambung, melambatkan gerakan usus, dan merelaksasi otot di berbagai organ adalah beberapa cara kerja Hyoscyamine. Kategori obat ini termasuk antikolinergik atau antispasmodik.

    Dosis Hyoscyamine

    Dosis Hyoscyamine harus mengikuti anjuran medis dan menyesuaikan dengan kondisi pasien. Dosis umum untuk dewasa adalah 0,125 mg hingga 0,25 mg, diambil setiap 4 jam sesuai kebutuhan, jangan lebih dari 12 tablet dalam 24 jam. Sementara untuk anak-anak, dosis dan penggunaannya berbeda tergantung pada usia dan kondisi mereka. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker demi mendapatkan informasi dosis yang tepat.

    Aturan Pakai Hyoscyamine

    Konsumsi Hyoscyamine sesuai dengan petunjuk dokter, biasanya 30 hingga 60 menit sebelum makan. Jangan meningkatkan dose tanpa berkonsultasi dokter. Dewasa dan anak berusia 12 tahun ke atas dibatasi penggunaan hingga 1,5 miligram per harinya, sementara bagi anak-anak 2 sampai 12 tahun hanya boleh hingga 0,75 miligram. Perlunya antisipasi interaksi dengan antasida yang dapat mengurangi penyerapan Hyoscyamine, serta pentingnya meminum cukup cairan ketika mengonsumsi obat ini.

    Efek Samping Hyoscyamine

    Efek samping yang mungkin terjadi ketika mengonsumsi Hyoscyamine antara lain:

    • Diare
    • Kebingungan atau halusinasi
    • Perubahan detak jantung
    • Ruam atau flushing
    • Sakit mata

    Sementara itu, efek samping lain yang lebih ringan diantaranya pusing, insomnia, dan mulut kering. Penting untuk segera konsultasi kepada dokter jika Anda mengalami efek samping.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Hyoscyamine

    Beberapa peringatan dan perhatian ketika menggunakan Hyoscyamine antara lain:

    • Menghindari penggunaan jika memiliki alergi terhadap komponen obatnya
    • Memberitahu dokter mengenai obat lain yang sedang digunakan
    • Interaksi dengan antasida yang bisa mengurangi efektivitas Hyoscyamine
    • Penggunaan pada kondisi medis tertentu seperti glaukoma, masalah jantung, dan lainnya

    Jika Anda berusia di atas 65 tahun atau hamil, perhatikan dengan seksama anjuran medis dan pertimbangkan efek samping yang mungkin terjadi.

    Efek Hyoscyamine untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Hyoscyamine belum memiliki bukti penelitian yang cukup mengenai penggunaannya selama kehamilan atau menyusui. Diskusi dan konsultasi dengan dokter sangat penting untuk menilai manfaat dan risiko. Obat ini tergolong dalam kategori risiko kehamilan C, dimana ada potensi risiko yang mungkin terjadi. Untuk ibu menyusui, Hyoscyamine dapat terdapat dalam ASI dan berpotensi membahayakan bayi.

    Interaksi Hyoscyamine dengan Obat Lain

    Interaksi obat dapat mengubah efektivitas Hyoscyamine atau meningkatkan risiko efek samping. Beberapa obat yang berpotensi berinteraksi di antaranya:

    • Amantadine (Symmetrel)
    • Phenothiazines seperti chlorpromazine (Thorazine)
    • Antidepresi seperti amitriptyline (Elavil)

    Penting untuk mendiskusikan semua obat yang digunakan dengan dokter atau apoteker, termasuk obat resep, nonresep, dan produk herbal.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait