Asam Ursodeoksikolat

    Asam ursodeoksikolat, yang dikenal juga dengan nama ursodeoxycholic acid, merupakan terapi farmakologis yang direkomendasikan untuk masalah batu empedu dengan ukuran kecil yang tidak cocok untuk pendekatan bedah. Selain itu, obat ini dimanfaatkan pada penderita obesitas selama proses penurunan berat badan guna menghindari terbentuknya batu empedu.

    Golongan obat: Obat resep Merek dagang: Deolit, Estazor, Urdafalk Forte, Ursochol 300, Urdex, Ursodeoxycholic acid, Ursomed, Urdahex, Ursolic, Urlicon

    Apa itu Ursodeoksikolat?

    Ursodeoksikolat adalah obat yang tergolong dalam derivat asam empedu, yang memiliki manfaat utama untuk mengobati batu empedu berukuran kecil. Obat ini juga berperan dalam mencegah pembentukan batu empedu pada pasien dengan obesitas yang sedang melakukan program penurunan berat badan serta mengatasi cholangitis, termasuk yang berkaitan dengan cystic fibrosis. Konsumsi obat ini disarankan bagi dewasa dan anak-anak, dan uji klinis pada hewan menunjukkan relatif aman untuk ibu hamil dengan kategori B. Untuk ibu menyusui, potensi risiko cukup rendah karena asam ursodeoksikolat hanya terserap dalam jumlah sedikit ke dalam ASI. Ursodeoksikolat tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul.

    Dosis Ursodeoksikolat

    Resep dosis asam ursodeoksikolat diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi pasien. Dosis untuk pengobatan batu empedu pada orang dewasa berkisar antara 8-12 mg/kg berat badan sehari sekali atau bisa dibagi menjadi dua dosis. Dalam kasus pencegahan batu empedu pada penderita obesitas, dosis dewasa adalah 600 mg sekali sehari atau 300 mg dua kali sehari. Untuk mengatasi primary biliary cholangitis, dosis dewasa disarankan antara 12-16 mg/kgBB per hari dengan pembagian dosis 2-4 kali konsumsi dan untuk masalah saluran empedu karena cystic fibrosis, dosis untuk anak di atas 6 tahun adalah 20 mg/kgBB per hari yang dibagi dalam 2-3 jadwal konsumsi, dapat ditingkatkan hingga 30 mg/kgBB.

    Cara Mengonsumsi Ursodeoksikolat dengan Benar

    Pastikan Anda mengikuti petunjuk dokter dan informasi yang tertera pada paket obat ursodeoksikolat. Penting untuk tidak menyesuaikan dosis sendiri tanpa konsultasi dengan dokter. Obat ini sebaiknya diminum bersama makanan, dan dikonsumsi dengan segelas air putih. Telan tablet atau kapsul ursodeoksikolat secara utuh, hindari mengunyah atau menghancurkannya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengonsumsi obat ini secara teratur pada waktu yang sama setiap hari dan segera minum dosis yang terlupa secepatnya jika perlu, namun jangan menggandakan dosis berikutnya. Rutin lakukan pemeriksaan fungsi hati dan konsultasi dengan dokter selama terapi.

    Efek Samping dan Bahaya Ursodeoksikolat

    Beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat mengonsumsi ursodeoksikolat antara lain:

    • Gangguan pada perut
    • Rasa mual
    • Diare
    • Sensasi pusing
    • Nyeri punggung
    • Kehilangan rambut
    • Batuk

    Jika keluhan ini bertahan atau memburuk, harus segera konsultasi dokter. Carilah pertolongan medis secepatnya jika terjadi reaksi alergi atau efek samping yang berat, seperti kelemahan, pembengkakan di ekstremitas, rasa sangat haus atau sering ingin buang air kecil, gejala infeksi yang persisten, memar atau perdarahan yang tidak normal, atau tanda-tanda obstruksi usus.

    Peringatan Sebelum Mengonsumsi Ursodeoksikolat

    Ada beberapa peringatan dan perhatian yang harus diperhatikan sebelum menggunakan ursodeoksikolat:

    • Haruslah sesuai dengan resep dokter
    • Informasikan riwayat alergi
    • Diskusikan kondisi liver, batuk berdarah, radang usus, varises, atau pankreatitis
    • Laporkan penambahan berat badan yang signifikan
    • Jangan mengemudi atau melakukan kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi bila mengalami pusing
    • Jauhkan dari minuman beralkohol
    • Beri tahu semua obat yang sedang dikonsumsi termasuk suplemen atau herbal
    • Segera konsultasikan jika terjadi reaksi alergi ataupun efek samping serius

    Efek Ursodeoksikolat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Berdasarkan studi pada hewan, ursodeoksikolat dimasukkan dalam kategori B dan dianggap relatif aman bagi ibu hamil karena tidak terbukti memberikan risiko pada janin. Namun, karena belum ada studi terkontrol pada ibu hamil, konsultasi dengan dokter tetap penting. Bagi ibu menyusui, ursodeoksikolat biasanya aman karena hanya sedikit tersedot ke dalam ASI.

    Interaksi Ursodeoksikolat dengan Obat Lain

    Interaksi obat dapat terjadi ketika ursodeoksikolat dikombinasikan dengan obat-obatan tertentu, seperti:

    • Arang aktif bisa menurunkan penyerapan ursodeoksikolat
    • Cholestyramine, colestipol, atau antasida
    • Penggunaan bersama ciclosporin atau rosuvastatin meningkatkan risiko efek samping
    • Ciprofloxacin dapat mengalami penurunan penyerapan dan efektivitas jika digunakan bersamaan
    • Clofibrate, pil KB, atau obat hormon berestrogen dapat menurunkan efektivitas ursodeoksikolat

    Konsultasikan dengan dokter mengenai semua obat yang Anda konsumsi untuk menghindari interaksi yang merugikan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait