Asam Glikolat

    Asam glikolat atau glycolic acid adalah komponen aktif yang mempercepat pembaruan sel-sel kulit mati dan sering terdapat dalam produk perawatan kulit untuk melunakkan serta mencerahkan kulit.

    Golongan obat: Alpha-hydroxy acid (AHA) Merek dagang: Avoskin Your Skin Bae Serum, Erha21 Glycolic Acid 30 Lotion Peel, Glycore, Isntree Clear Skin 8% AHA Essence, dan lainnya.

    Apa Itu Asam Glikolat

    Asam glikolat termasuk dalam kategori alpha-hydroxy acid (AHA) dan memiliki peran penting dalam mengelupaskan sel kulit mati dari lapisan terluar kulit. Proses ini merangsang pembentukan sel kulit yang baru, yang memberikan efek kulit berseri dan halus. Asam glikolat juga berkontribusi pada sintesis kolagen sehingga meningkatkan elastisitas kulit, serta meminimalisir ukuran pori-pori untuk menghindari pembentukan komedo dan jerawat. Pemakaian rutin asam glikolat dapat mengurangi produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat serta mengatasi hiperpigmentasi seperti dark spot.

    Dosis Asam Glikolat

    Asam glikolat terdapat dalam beragam produk kecantikan dengan kisaran konsentrasi dari 10% hingga 70%. Penggunaan produk dengan konsentrasi di atas 10% harus berada di bawah pengawasan dokter spesialis kulit. Sementara produk dengan konsentrasi di bawah 10% dapat dibeli secara umum dan digunakan sesuai instruksi yang ada pada kemasan.

    Cara Menggunakan Asam Glikolat dengan Benar

    Untuk hasil yang optimal, asam glikolat harus digunakan sesuai arahan yang tercantum pada produk atau berdasarkan rekomendasi dokter. Tidak disarankan untuk langsung menggunakan asam glikolat setiap hari, sebaiknya dimulai 3 kali seminggu dan meningkat bertahap jika tidak ada iritasi yang terjadi. Urutan penggunaan produk asam glikolat yang tepat termasuk membersihkan wajah, menggunakan toner, serum, dan pelembap atau gel asam glikolat. Selalu gunakan tabir surya dengan perlindungan yang cukup untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari. Simpan produk asam glikolat di tempat yang kering, tiada lembap atau panas, dan jauh dari jangkauan anak-anak.

    Efek Samping Asam Glikolat

    Walaupun jarang terjadi, pada individu dengan kulit sensitif, asam glikolat dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti:

    • Iritasi
    • Kemerahan
    • Sensasi terbakar
    • Pelupasan kulit Bila mengalami efek samping yang disebutkan, berhenti menggunakan produk dan segera konsultasi dengan dokter. Tindak lanjuti segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi atau perubahan warna kulit.

    Peringatan Sebelum Menggunakan Asam Glikolat

    Sebelum menggunakan produk yang mengandung asam glikolat, perhatikan beberapa hal ini:

    • Pastikan Anda tidak alergi terhadap bahan tersebut.
    • Konsultasi dengan dokter jika memiliki kulit sensitif atau masalah kulit serius lainnya.
    • Hindari penggunaan pada area kulit yang mengalami masalah, seperti luka atau iritasi.
    • Gunakan tabir surya saat aktivitas di luar ruangan.
    • Jangan merokok atau terpapar asap rokok saat menggunakan produk ini.
    • Waspadalah saat mengombinasikan asam glikolat dengan produk eksfoliasi lainnya.
    • Diskusikan dengan dokter apabila Anda menggunakan obat topikal lain untuk menghindari interaksi obat.

    Efek Asam Glikolat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Asam glikolat pada konsentrasi rendah umumnya aman bagi ibu hamil dan menyusui. Namun, untuk keamanan tambahan, konsultasikan pemakaian produk yang mengandung asam glikolat dengan dokter Anda. Bagi ibu menyusui, hindari penggunaan produk asam glikolat di area payudara, dan pastikan area tersebut bersih sebelum menyusui.

    Interaksi Asam Glikolat dengan Obat Lain

    Asam glikolat bisa meningkatkan risiko iritasi kulit jika digunakan bersama-sama dengan produk lain yang memiliki efek eksfoliasi seperti tretinoin, adapalene, atau isotretinoin. Penting untuk mendiskusikan penggunaan produk kecantikan lain, obat, suplemen, atau produk herbal yang Anda gunakan dengan dokter untuk meminimalisir potensi interaksi obat yang tidak diinginkan.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait