FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Wah, Ini Dia 12 Fakta Sejarah Kondom yang Belum Anda Tahu!

Sebelum menjadi kondom yang bisa ditemukan dengan mudah seperti saat ini, ternyata sejarah kondom di dunia cukup panjang, lho.

 

SEJARAH kondom di dunia dari tahun ke tahun memang sangat menakjubkan. Ternyata, kondom sudah ada sejak tahun 10.000 SM! Penasaran bagaimana perjalanan kondom yang ternyata sudah ada sejak berabad-abad yang lalu

10000-13000 SM

Sebuah temuan di dinding gua yang berada di Kota Combarelles, Perancis membuktikan bahwa kondom nampaknya sudah ada di zaman ini. Lukisan di dinding gua tersebut menggambarkan seorang pria yang memakai alat sejenis kondom ketika berhubungan seksual.

1000 SM

Di tahun ini, pengguna kondom adalah orang Mesir kuno. Tidak diketahui alasan mereka memakai alat sejenis kondom ini, entah untuk keperluan ritual atau hubungan intim. Yang pasti, kondom yang dipakai orang-orang Mesir kuno ini terbuat dari linen dengan aneka warna.

1400

Selanjutnya, di abad ke-14, kondom mulai dipakai oleh orang-orang Asia. Uniknya, bentuk kondom di abad ini dirancang untuk menutupi bagian ujung penis saja.

Masyarakat Cina membuat kondom dari sutra dan usus domba yang diminyaki. Sementara masyarakat di Jepang membuat kondom dari bahan yang lebih keras, yakni kulit kura-kura atau tanduk binatang.

Kondom yang bentuknya hanya menutupi ujung penis ini sangat rentan bergeser ketika digunakan. Bahkan, jenis kondom ini disebut tidak efektif karena kondom bisa saja tergelincir, dan pria tanpa sengaja berejakulasi di dalam miss V pasangannya.

1594

Kondom berbahan linen mulai ditemukan pada tahun 1594. Tujuan pembuatan kondom ini adalah mencegah penularan sifilis. Kain linen direndam pada bahan kimia, dikeringkan, lalu dipakai untuk menutup penis saat berhubungan intim.

Sebanyak  1.100 orang turut mengikuti uji coba kondom berbahan linen ini. Hasilnya, tidak satu peserta pun yang terinfeksi sifilis. Alhasil, kondom linen menjadi sangat populer sejak tahun ini.

1646

Selain menggunakan kondom linen, masyarakat di dunia mulai melakukan penelitian untuk mencari kondom yang lebih nyaman. Di tahun 1646 inilah kondom yang terbuat dari selaput binatang menjadi tren. Tak ada keterangan apakah kondom ini digunakan untuk kontrasepsi atau pencegah penyakit seksual.

1855

Dua ratus tahun kemudian, seorang bernama Charles Goodyear membuat kondom berbahan karet alami. Inilah awal mula manusia menemukan kondom berbahan dasar karet. Tentu saja kondom karet pada saat itu sangat tebal. Bahkan, kondom ini bisa dicuci dan dipakai berkali-kali, lho.

1912

Ahli kimia bernama Julius Fromm menciptakan teknik pembuatan kondom dalam jumlah banyak dengan mencelupkan cetakan kaca ke dalam larutan karet atau yang dikenal dengan istilah “pencelupan semen”. Ini adalah terobosan mutakhir dalam prduksi kondom secara massal.

1919

Mungkin bisa dibilang bahwa di tahun 1919 inilah merupakan waktu paling penting dalam sejarah kondom di dunia. Di tahun ini, kondom bahan latex yang kita pakai saat ini ditemukan oleh Frederick Killian dari Ohio.

Lateks adalah bahan yang paling ideal untuk membuat kondom karena tipis, murah, dan tidak berbau.

1950-an

Saat ini, sangat mudah menemukan kondom bahan latex yang sudah berpelumas. Nah, di tahun 1950-an lah kondom mulai ditambahkan dengan pelumas.

Selain itu, perusahaan kondom Durex juga sudah melakukan pengujian kondom dengan alat elektronik untuk memastikan bahwa kondom tersebut efektif sebagai kontrasepsi dan pencegahn penyakit menular seksual.

1994

Durex membuat alternatif bagi orang-orang yang alergi terhadap lateks. Tahun 1914, Durex memperkenalkan kondom berbahan poliuretan. Dengan kondom jenis ini, orang yang alergi lateks tidak akan lagi mengalami iritasi saat menggunakan kondom

Baca juga: Alergi Kondom Lateks? Ini Ciri-Cirinya!

1995

Kondom dengan rasa dan warna ternyata sudah ada sejak tahun 1995, lho! Durex lah yang lagi-lagi memperkenalkan inovasi dari produk ini.

2014

Upaya untuk membuat kondom yang super nyaman terus dilakukan. Akhirnya, di tahun 2014 Sagami berhasil memecahkan rekor dunia dengan memasarkan kondom tertipis.

Ketebalan kondom Sagami hanya 0,01mm, yang artinya lebih tipis dari rambut manusia. Sudah pernah mencoba produk ini?

Baca juga: Hubungan Intim Nyaman dan Aman dengan Kondom Tipis Sagami

Nah, itulah sejarah kondom dari tahun ke tahun. Saat ini sudah banyak inovasi kondom yang membuat berhubungan intim semakin aman dan nyaman. Mulai dari ketebalan kondom yang semakin tipis sampai dengan tekstur kondom yang konon bisa membuat kenikmatan bercinta semakin bertambah, semua sudah bisa Anda dapatkan sekarang.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi