FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Tingkatkan Produktivitas saat Ramadhan dengan Trik Ini!

Saat puasa tubuh biasanya memang terasa lebih lemas karena tidak makan selama kurang lebih 14 jam. Meski demikian, hal tersebut harusnya tidak menjadi alasan produktivitas menurun selama Ramadhan, sebab Anda tetap bisa produktif dengan trik khusus. 

Tingkatkan Produktivitas saat Ramadhan dengan Trik Ini

TIDAK makan dan minum selama berjam-jam terkadang membuat perubahan pada metabolisme tubuh. Gejala seperti lemas, lesu, mengantuk dan kekurangan energi merupakan hal yang wajar terjadi.

Namun, bukan berarti puasa membuat Anda bermalas-malasan atau tidur hingga adzan maghrib berkumandang. Dengan rutinitas yang tepat, berpuasa bisa dilakukan secara mudah.

Bahkan cara meningkatkan produktivitas selama Ramadhan atau rutinitas sehari-hari di bulan suci tidak terlalu sulit lho.

Berikut adalah beberapa cara tingkatkan produktivitas selama Ramadhan yang patut dicoba:

1. Pola Makan yang Benar

Tips puasa yang benar agar tubuh tetap aktif dan berenergi adalah selalu menjaga asupan makanan yang bergizi seimbang. Eits.. tapi ingat ini bukan berarti mengonsumsi lebih banyak makanan di saat sahur. Melainkan, cara tingkatkan produktivitas selama ramadhan adalah menjaga asupan makanan yang tinggi protein, vitamin, mineral dan karbohidrat.

Patut diketahui, tips puasa yang harus diperhatikan adalah menghindari makanan terlalu asin, goreng- gorengan, dan minuman bersoda. Pasalnya, daftar menu tersebut malah justru akan membuat Anda haus sepanjang hari.

Selanjutnya, di saat berbuka puasa hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti tepung- tepungan, nasi, dan gula. Makanan ini membuat Anda kekenyangan dan mudah mengantuk sehingga malas melaksanakan ibadah di malam hari.

 

 Nutrimax Vitamin E 400 IU Water Soluble, Rp 200.000,- ; Beli di sini

2. Habiskan Waktu untuk Ibadah

Disiplin dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan menjadi tips puasa yang kedua. Tidak bisa dipungkiri, selama Ramadhan setiap orang akan berlomba- lomba melaksanakan kegiatan amalan yang positif untuk menambah pahala.

Cara tingkatkan produktivitas selama ramadhan yang paling mudah adalah tetap fokus dan berkomitmen dengan kegiatan tersebut. Sebagai contoh, selepas sahur jangan langsung tertidur, tapi cobalah membaca Al-Quran atau berolahraga.

Ingin tahu dampak positifnya? Baca terus poin berikutnya ya.

3. Olahraga

Olahraga selama Ramadhan sepertinya membuat banyak orang khawatir dengan cadangan energi mereka. Tapi, bukan berarti olahraga tidak bisa dilakukan selama Ramadhan.

Sebenarnya, olahraga akan semakin mendorong proses peremajaan sel – sel yang telah rusak dan mendukung detoksifikasi selama tubuh berpuasa. Sepanjang bulan Ramadhan luangkan waktu untuk berolahraga agar energi Anda bertambah.

Bila khawatir kekurangan energi atau tubuh merasa lemas dan lelah, minumlah suplemen kesehatan agar stamina tetap terjaga sepanjang hari.

Baca juga: Ngantuk saat Puasa? Atasi dengan 5 Cara Ini!

4. Buatlah Jadwal Rutinitas Bulan Ramadhan

Hal yang tak kalah penting dilakukan dalam rangka memaksimalkan produktivitas saat Ramadhan adalah membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Misalnya, buatlah target selepas sahur antara jam 06.00 pagi hingga jam 12.00 siang, Anda harus bisa menyelesaikan 4-8 lembar membaca Al-Quran.

Meskipun targetnya kecil, tapi jika dilakukan secara rutin maka bisa berdampak besar. Selain itu Anda juga bisa mencoba berolahraga sebelum atau sesudah berbuka selama 10-15 menit. Merancang rutinitas selama Ramadhan akan menghilangkan rasa lesu, dan tidak produktif.

Jika Anda kerap merasa lesu atau lemas, jangan lupa mengonsumsi suplemen kesehatan secara teratur agar bisa maksimal dalam beribadah.

Hemaviton Stamina Plus Botol, Rp 26.300,- ; Beli di sini

5. Lebih Bermanfaat Bagi Orang Lain dan Membantu Sesama

Berapa pun yang Anda miliki, bagikan sedekah kepada kaum kerabat atau fakir miskin yang membutuhkan uluran tangan. Ketika Anda berbagi kebaikan dan kebahagiaan untuk orang lain, Anda pun turut merasakan kebahagiaan itu dan memberi kekuatan untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.

Perasaan senang dan bahagia setelah berbagi akan membuat Anda merasa lebih bersyukur sehingga berdampak pada meningkatnya semangat serta produktivitas. 


Nah, terus bersemangat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ya. Selamat berpuasa.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi