FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ngantuk saat Puasa? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Menjelang siang hari di bulan puasa, Anda tentu sering mengalami rasa ngantuk. Tak jarang rasa kantuk yang tidak tertahankan membuat aktivitas jadi terganggu. Hmm bagaimana ya cara mengatasinya? 

Ngantuk saat Puasa? Atasi dengan 5 Cara Ini!

BANYAK orang menjadikan ibadah puasa untuk bermalas-malasan. Ini karena selama menjalani puasa, badan akan terasa lemas dan mudah sekali mengantuk.

Asupan mineral dan kadar glukosa yang ada di dalam tubuh biasanya akan berkurang sehingga menyebabkan terjadinya dehidrasi dan sulit berkonsentrasi. Nah, hal-hal tersebut yang kemudian membuat tubuh Anda jadi lemas dan kurang bertenaga sehingga menyebabkan rasa ngantuk datang.

Selain itu, perubahan pola tidur juga turut berperan. Biasanya pukul 3 pagi Anda masih terlelap dan tidur nyenyak, sedangkan saat bulan ramadhan tubuh harus bangun di pagi hari untuk menyantap sahur.

Akibatnya Anda sering merasa ngantuk yang tak tertahankan, terutama menjelang siang hari. Tapi sebenarnya hal ini dapat disiasati loh dengan beberapa tips berpuasa. Apa saja? Simak penjelasan seengkapnya berikut ini:

1. Tidur yang Cukup di Malam hari

Cara mengatasi ngantuk saat puasa di siang hari, pastikan bawa Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari. Usahakan untuk tidur lebih cepat.

Jika biasanya tidur pukul 10 malam maka saat bulan puasa Anda harus tidur setelah sholat terawih sekitar pukul 9 malam. Hal ini dilakukan supaya Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Sedangkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, Anda bisa mengatur kamar senyaman mungkin misalnya pemasangan kipas atau AC agar ruangan kamar cukup sejuk. Matikan juga lampu kamar untuk mendapatkan tidur yang berkualitas setiap harinya.

Sea-Quill Pureway C Extravit, Rp 102.000,- ; Beli di sini

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Saat Anda menjalankan ibadah puasa, umumnya tubuh terasa lemas dan hanya ingin berdiam diri. Padahal berdiam diri di tempat atau kursi justru akan membuat Anda merasa bosan dan mengantuk loh.

Sebaiknya Anda melakukan aktivitas fisik, seperti melakukan peregangan atau sekedar jalan-jalan santai mengelilingi lingkungan sekitar kampus atau kantor.

Tenang saja, tips berpuasa yang satu ini tidak akan membuat Anda bertambah lemas ya, justru aktivitas fisik ini akan membuat tubuh kembali segar karena bisa melancarkan peredaran darah.

 

3. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Banyak orang berpendapat bahwa cara efektif mengatasi rasa kantuk adalah dengan minum kopi. Namun, bagaimana cara mengatasi ngantuk saat puasa?

Tahukah Anda jika makanan yang dimakan saat sahur bisa mempengaruhi keadaan tubuh kita saat berpuasa?

Yap! Penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan gizi yang Anda konsumsi saat sahur. Salah satunya dengan menghindari makanan yang berlemak dan tinggi gula, karena makanan tersebut bisa menyebabkan tubuh lemas di siang hari dan menyebabkan ngantuk.

Anda bisa mengatasinya dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah saat sahur. Sayur dan buah termasuk makanan yang banyak mengandung air. Kandungan air pada buah dan sayur juga bisa menjaga cairan di tubuh tetap stabil yang bisa menjauhkan dari rasa ngantuk.

Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan untuk membantu tubuh bugar dan sehat selama berpuasa.

Baca juga: 5 Tantangan saat Puasa Ramadhan dan Cara Mengatasinya

4. Menemukan Hal yang Menggembirakan

Saat sudah mulai merasa bosan dan ngantuk, tak ada salahnya jika Anda mencari hiburan yang disukai, seperti membaca komik online dan bermain game. Atau jika suka menggambar, Anda bisa melakukannya disela-sela ibadah puasa.

Namun, terkadang rasa ngantuk itu datang ketika sendirian atau tidak memiliki teman berbincang. Nah, Anda bisa juga nih ngobrol dengan teman di kampus maupun kantor sekedar bercanda sambil menunggu berbuka puasa. Tapi ingat ya, aktivitas ini jangan sampai menganggu pekerjaan di kantor.

HPAI Madu Asli Premium, Rp 130.000,- ; Beli di sini

5. Tarik Napas

Rasa ngantuk biasanya diakibatkan oleh kurangnya oksigen yang diterima tubuh. Nah, tips berpuasa ini bisa Anda lakukan dengan menarik napas dalam-dalam yang dimana berguna untuk meningkatkan kadar oksigen dalam otak.

Hal ini bisa membantu Anda menambah energi dan memicu aktivitas otak. Saat menarik napas, pastikan perut Anda mengembang dan “terisi” udara. Lalu, hembuskan udara secara perlahan lewat mulut. Ulangi selama beberapa kali sampai pikiran Anda kembali segar.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi