Tiap Pagi Ereksi? Kira-kira Normal Tidak Ya?

Mengapa setiap pria mengalami ereksi pagi? Apakah hal ini normal? Tentu saja pria muda maupun dewasa pasti mengalami ereksi di pagi hari.

EREKSI pada pria ini sangat normal dan bukan suatu gangguan kesehatan tertentu. Justru para pria harus khawatir jika tidak pernah mendapatkan ereksi pagi.

Nah, agar Anda tidak penasaran dan tidak menganggap ereksi pagi ini berbahaya, kenali sejumlah penyebab ereksi di pagi hari yang biasa dialami oleh para pria.

  • Simulasi fisik

Saat tidur, kedua mata Anda memang tertutup, tapi tubuh Anda masih sangat sadar dan mampu memberi respon terhadap apapun yang ada di sekitarnya. Sebagai contoh, ketika penis bersentuhan dengan sesuatu yang bersifat rangsangan dengan sengaja atau tidak sengaja, maka penis akan ereksi. Dengan kata lain, ketika Anda mengalami ereksi di pagi hari, mungkin saja penis Anda bergesekan dengan celana atau benda di sekitar Anda tidur.

Laki Kopi Coffee for Men - 5 Sachets, Rp.85,000; Beli Di Sini

  • Peningkatan Hormon

Tahukah Anda bahwa kadar hormon testosteron pria meningkat saat pagi hari setelah Anda bangun? Bahkan, kadar testosteron semakin tinggi setelah Anda bangun dari tidur rapid eye movement (REM). Peningkatan hormon ini adalah salah satu penyebab ereksi setelah bangun tidur. Seiring bertambahnya usia, kadar testosteron menurun sehingga kualitas dan dan frekuensi ereksi pada pria pun berkurang.

  • Relaksasi Otak

Ketika Anda bangun tidur, tubuh akan secara alami melepaskan hormon yang dapat menekan ereksi. Namun saat tidur, tubuh melepas lebih sedikit hormon-hormon tersebut. Oleh karena itu, pada saat Anda membuka mata setelah tidur panjang Anda akan mendapati penis mengalami ereksi.

Beberapa penjelasan mengenai penyebab ereksi pagi ini membuktikan bahwa ereksi pagi yang dialami oleh para pria itu normal.

Selain itu, ereksi tidak harus disebabkan oleh rangsangan seksual. Aktivitas hormon di dalam tubuh juga dapat membuat pria mengalami ereksi.

Siapa Saja yang Mengalami Ereksi Pagi?

Pria dari segala usia berpotensi mengalami ereksi pagi. Kondisi ini menunjukkan bahwa pria tersebut sehat dan sistem saraf berfungsi dengan baik.

Tak hanya pria yang sudah mengalami pubertas saja, anak laki-laki berusia 6-8 tahun pun bisa mengalami ereksi pagi hari ini. Justru kualitas dan frekuensi ereksi menurun ketika pria memasuki usia 60-70an.

Tanpa Anda sadari, pria akan mengalami ereksi sebvanyak 3-5 kali setiap malam. Ereksi saat tidur bisa terjadi selama 30 menit dan tidak tergantung pada mimpi Anda.

Bahkan, ereksi yang dialami pria saat tidur bisa mencapai durasi 2 jam dan akan berakhir menjelang Anda bangun.

Baca Juga : Ini Dia 5 Bagian Tubuh Pria Paling Seksi Menurut Wanita!

Bagaimana Jika Anda Tidak Mendapatkan Ereksi Pagi?

Ereksi pada pria yang terjadi di pagi hari adalah indikator bahwa darah dan saraf berfungsi dengan baik. Selain itu, morning wood (ereksi di pagi hari) juga merupakan pertanda bahwa Anda tidak mengalami gangguan fungsi seksual.

Akan tetapi, jika Anda tidak mendapatkan ereksi pagi, Anda patut waspada karena hal tersebut merupakan pertanda fungsi seksual Anda terganggu.

Ada sejumlah faktor kesehatan lainnya yang menjadi penyebab seorang pria tidak mengalami ereksi di pagi hari, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, depresi, dan disfungsi ereksi.

Jadi, apabila Anda tidak mengalami ereksi saat bangun tidur dan kondisi ini sudah terjadi berkali-kali, maka Anda harus waspada dengan kondisi kesehatan dan fungsi seksual.

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter agar Anda mendapatkan jalan keluar atas permasalahan ini.

Sumber:

Why Do Men Get Morning Erections? 5 Answers to Your Questions. https://health.clevelandclinic.org/men-get-morning-erections-5-answers-questions/. Dilansir dari 24 Desember 2018.

Everything You Need To Know About Morning Wood. https://www.healthline.com/health/mens-health/morning-wood. Dilansir dari 24 Desember 2018.

Kembali ke blog

1 komentar

Error 212 origin is unreachable

AllisonNese

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait