Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Instant Delivery! Garansi 3 jam sampai! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Semua Pertanyaan Anda Tentang Stretch Mark Terjawab di Sini

Stretch mark kerap kali menjadi masalah yang mengganggu dan membuat resah banyak orang. Stretch mark bisa terjadi pada wanita mau pun pria. Tahukah Anda kalau stretch mark dan selulit adalah dua hal yang berbeda? Sebenarnya, apa penyebab munculnya stretch mark? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut.

Semua Pertanyaan Anda Tentang Stretch Mark Terjawab di Sini

SELAMA ini banyak yang berpikir kalau stretch mark dan selulit adalah hal yang sama namun nyatanya ini berbeda. Stretch mark adalah garis-garis berwarna putih pada kulit yang muncul akibat peregangan drastis dan elastisitas kulit.

Sedangkan selulit adalah suatu kondisi hadirnya lemak di bawah permukaan kulit sehingga menyebabkan permukaan kulit nampak bergelombang atau tidak rata. Orang yang memiliki selulit belum tentu memiliki stretch mark.

Perawatan kulit intensif dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark. Sedangkan olahraga teratur dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan selulit.

Menurut beberapa penelitian, stretch mark sering terjadi pada ibu yang sedang hamil atau pasca melahirkan. Karena ibu hamil akan memiliki berat badan yang bertambah selama kehamilannya.

Tidak hanya kaum hawa yang memiliki stretch mark, kaum adam pun dapat memilikinya. Stretch mark pada kaum adam biasanya muncul karena perubahan bentuk tubuh sehingga kulit menjadi tertarik.

Perubahan bentuk tubuh ini bisa karena kelebihan berat badan atau karena olahraga sehingga otot yang dimiliki membesar.

Tidak hanya karena tubuh yang membesar, penurunan berat badan yang drastis pun dapat menyebabkan munculnya stretch mark di kulit.

Baca juga: Cara Menghilangkan dan Menghindari Stretch Mark ketika Bodybuilding

Sebagian orang, terutama ibu hamil, sering mengeluhkan tentang stretch mark yang bermunculan di beberapa bagian tubuh tertentu. Munculnya stretch mark dianggap dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Perlu diketahui bahwa stretch mark bukan salah satu tanda penuaan. Secara medis memang tidak mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang tapi dari segi estetika akan membuat resah seseorang dengan munculnya stretch mark.

Stretch mark biasanya muncul pada bagian bokong, paha, perut atas, dan bagian lengan atas. Tak sedikit juga mereka yang memiliki stretch mark terobsesi untuk memiliki sosok tubuh yang ideal kembali.

APA PENYEBAB MUNCULNYA STRETCH MARK?

Stretch mark terbentuk saat lapisan tengah kulit Anda mengalami peregangan ekstrem dalam waktu singkat. Hal ini menyebabkan terjadinya pendarahan mikroskopik dan peradangan jaringan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology, sekitar 75-90% ibu hamil akan memiliki stretch mark, karena banyaknya peregangan kulit dan kurangnya elastisitas kulit selama kehamilan.

Maka dari itu, perawatan kulit diperlukan ketika hamil untuk menghindari munculnya stretch mark pada kulit.

Stretch mark juga bisa muncul pada bagian tubuh Anda yang lain dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kehamilan, perubahan hormon, perubahan berat badan, dan genetika.

MENGAPA STRETCH MARK BERWARNA MERAH DAN UNGU?

Stretch mark dibagi menjadi dua tipe, stretch mark merah atau ungu (stirae rubra) dan stretch mark putih (stirae alba).

Stretch mark yang berwarna merah dan atau ungu ini merupakan tahap awal dari stretch mark. Ini terjadi saat jaringan memisah dan menyebabkan pendarahan mikroskopik. Sehingga pembuluh darah akan terlihat karena adanya peregangan dan peradangan.

MENGAPA STRETCH MARK BERUBAH MENJADI WARNA PUTIH?

Stretch mark yang berubah menjadi warna putih atau perak ini rata-rata di klasifikasikan sebagai striae alba, yang berarti stretch mark tersebut berada pada tahap “menetap” atau permanen.

BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN STRETCH MARK?

Banyak orang yang ingin mengetahui cara menghilangkan stretch mark yang ada di tubuhnya dan sebenarnya, tidak ada perawatan kulit yang bisa menyingkirkan stretch mark sepenuhnya.

Intense Pulsed Light (IPL) dan perwatan kulit dengan cara di-laser dapat menjadi solusi efektif untuk meminimalisir munculnya stretch mark, selama masih dalam tahap awal pembentukan. Namun tetap tidak bisa menghilangkan efeknya secara permanen.

Jika Anda ingin menyembunyikan tampilan stretch mark, Anda bisa menggunakan kosmetik seperti foundation atau concealer.

MENGGUNAKAN KRIM STRETCH MARK?

Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena itulah perawatan kulit dengan krim stretch mark juga penting.

Produk perawatan kulit untuk mencegah stretch mark memang dirancang untuk menghidrasi kulit yang meregang. Aplikasikan sambil sedikit memijak kulit untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Berikut adalah cara menghilangkan atau menyamarkan stretch mark:

STRETCH MARK GEL

Karena sebagian orang menganggap bahwa selulit sama dengan stretch mark,  tidak sedikit yang beranggapan bahwa gel pelangsing dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Hal tersebut adalah salah.

Untuk menghilangkan atau menyamarkan stretch mark, gunakan gel yang memang diperuntukkan untuk hal tersebut.

Anda bisa menggunakan gel yang dapat merangsang kolagen dan menghidrasi kulit Anda.

STRETCH MARK OIL

Minyak yang diformulasikan untuk membantu menghilangkan stretch mark, bekas luka, kulit yang dehidrasi, dan membantu meningkatkan elastisitas kulit Anda, serta mengurangi pigmentasi.

Untuk stretch mark oil, Anda dapat menggunakan Palmer’s Cocoa Butter Formula Skin Therapy Oil atau Bio Oil.

Baca juga: Bio Oil vs Palmer’s, Mana Krim Anti Stretch Mark Terbaik?

STRETCH MARK CREAM

Palmer’s Formula Massage Cream for Stretch Marks merupakan salah satu produk yang direkomendasikan untuk membantu Anda menyamarkan stretch mark.

Dengan kandungan bahan-bahan alami seperti cocoa butter, vitamin E, dan kolagen ini dapet membantu menyamarkan stretch mark di bagian tubuh Anda.

Baca juga: Atasi Stretch Mark dengan Palmer's Massage Lotion For Stretch Marks

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi