FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Menjemput Rezeki 2019 dengan menjadi Reseller AsmaraKu... Click Here
Advertisement
Advertisement

Rambut Berketombe? Singkirkan dengan 7 Makanan Ini!

Ketombe merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat dialami semua orang, baik pria maupun wanita. Selain menimbulkan rasa gatal, ketombe yang berlebihan dapat membuat penampilan kurang maksimal dan mengganggu aktivitas. Tidak hanya itu, ketombe yang tidak disembuhkan juga dapat membuat Anda kurang percaya diri dalam menggunakan pakaian berwarna gelap. 

Rambut Berketombe? Singkirkan dengan 7 Makanan Ini!

KETOMBE merupakan kondisi dimana folikel pada rambut berkurang sehingga menyebabkan sel kulit mati yang ada pada kulit kepala terkelupas. Selain itu, ketombe dapat muncul akibat kulit kepala kering, peradangan kulit kepala, penumpukan sel kulit mati, stres, dan adanya jamur malasseiza pada kulit kepala.

Untuk ketombe yang diakibatkan oleh jamur, biasanya jamur bekerja dengan memecah kelenjar minyak yang ada di kulit kepala dan menjadikannya sebagai makanan. Kemudian jamur malasseiza akan menghasilkan produk asam lemak yang dapat membuat kulit kepala terasa gatal dan mudah kering, sehingga membentuk ketombe.

Ketombe yang terbentuk kemudian timbul seperti salju pada kulit kepala atau jatuh mengenai pakaian yang Anda kenakan. Jika sudah demikian, ketombe akan membuat Anda sering menggaruk kepala hingga dapat mengganggu aktivitas. Serpihan ketombe yang jatuh pada pakaian juga dapat membuat Anda tampil kurang percaya diri.

Nah, tentu Anda tidak ingin mengalami semua itu bukan? Untuk mengatasinya, selain menggunakan sampo anti ketombe dan obat-obatan lain, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa bahan makanan yang ada di sekitar. Apa saja? Berikut 7 makanan penghilang ketombe. 

1. Biji Bunga Matahari (Kuaci)

Sebuah penelitian menyatakan bahwa metabolisme yang tidak efisien mungkin jadi salah satu penyebab timbulnya ketombe. Untuk menyeimbangkannya, Anda bisa menggunakan biji bunga matahari. Yup, biji bunga matahari merupakan salah satu sumber zinc yang dapat membantu mengontrol produksi sebum (minyak) dan mengandung 31% vitamin B6 yang mana memiliki peran penting dalam proses metabolisme. 

 Pantene Pro-V Anti Dandruff Shampoo, Rp 23.700,- ; Beli di sini

2. Jahe

Jahe sering digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi ketombe karena memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan pada kulit kepala yang dapat mengakibatkan rambut berketombe dan menghambat pertumbuhan jamur.

Selain itu, jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat meningkatkan sirkulasi di kulit kepala sehingga memicu pertumbuhan rambut baru dan membuat Anda mendapatkan rambut bersih dan sehat.

3. Bawang Putih

Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe adalah bawang putih. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata memiliki kemampuan untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe pada rambut.

Sayangnya, tidak banyak yang menyukai cara ini karena aroma yang dimiliki bawang putih cukup tajam dan menyengat. Padahal cara alami ini cukup ampuh dalam mengatasi rambut berketombe yang membandel. 

4. Buah Apel

Dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, apel rupanya juga dapat membantu menyembuhkan ketombe yang membandel lho. Untuk menghilangkan ketombe, jus buah apel sampai halus kemudian balurkan pada rambut yang telah dicuci. Diamkan beberapa saat kemudian bilas kembali sampai bersih.

Kandungan serat bernama pyrus malus pada buah apel dapat membantu menyeimbangkan kadar pH pada rambut dan membersihkan rambut sehingga ketombe akan hilang.  

Selain menggunakan buah apel, Anda juga dapat menggunakan campuran cuka apel dan air hangat untuk menghilangkan ketombe. Gunakan selama 30 menit sampai satu jam lalu bilas sampai bersih. 

Baca juga: Cara Mencuci Rambut dengan Baik dan Benar

5. Buah Pisang

Selain nikmat dijadikan beragam camilan, buah pisang ternyata juga memiliki manfaat dalam mengatasi masalah ketombe dan gatal pada kulit kepala. Bagi Anda yang memiliki masalah ketombe, campuran buah pisang dan cuka dipercaya mampu menyembuhkan ketombe dan kulit kepala gatal.

Caranya, siapkan 2 cangkir cuka dan lumatkan buah pisang hingga hancur lalu aduk hingga rata. Setelah semua tercampur rata, baluri adonan tersebut ke kulit kepala dan rambut Anda. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat, lalu Anda bisa lanjutkan dengan mencuci rambut menggunakan sampo sampai bersih.

6. Kacang Polong

Untuk menghilangkan "salju" pada rambut, Anda dapat menambahkan kacang polong pada daftar makanan penghilang ketombe. Kacang polong mengandung vitamin B6 dan zinc sebagai anti jamur yang sangat penting untuk memerangi masalah ketombe. Jadi mulailah konsumsi kacang polong tiga kali semingg untuk membuat rambut bersih dan sehat tanpa ketombe.

Theong Spa Hair Mask, Rp 85.000,- ; Beli di sini

7. Gandum

Bahan penghilang ketombe alami yang terakhir adalah gandum. Anda dapat menjadikan gandum sebagai perawatan rambut intensif dengan mencampurkan gandum ke dalam milkshakes, roti, sereal maupun sarapan pagi lainnya. Selain lezat dan mengenyangkan, gandum merupakan sumber tinggi vitamin B6 serta mengandung zinc yang baik bagi rambut Anda.  

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi