Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Instant Delivery! Garansi 3 jam sampai! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Cara Mencuci Rambut dengan Baik dan Benar

Rambut diibaratkan sebagai mahkota bagi para wanita. Ketika rambut kita terlihat indah, maka tingkat kepercayaan diri kita juga akan bertambah. Untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat, tak jarang para wanita melakukan berbagai upaya, seperti melakukan perawatan terhadap rambut sampai dengan mengonsumsi segala jenis makanan serta vitamin yang dapat memberikan kesuburan dan keindahan rambut. Namun kebanyakan lupa dengan hal yang mendasar, yaitu membersihkan rambut. Apakah Anda yakin sudah membersihkan rambut dengan benar?

Cara Mencuci Rambut dengan Baik dan Benar

SALAH satu perawatan rambut wanita paling sederhana adalah dengan mencuci rambut secara rutin. Tujuannya adalah agar rambut kita tetap terawat, terhindar dari kotoran-kotoran yang terdapat di lingkungan selama kita beraktivitas, dan juga untuk memberikan nutrisi pada rambut.

Namun sayangnya, beberapa orang belum memahami cara mencuci rambut yang baik dan benar tanpa membuat rambut menjadi rusak.

Sering kali kasus yang terjadi adalah orang-orang terutama bagi para wanita hanya berkeramas tanpa memperhatikan langkah-langkah mencuci rambut yang benar, yang terjadi malah hanya semata-mata memberikan sampo pada rambut kemudian membilasnya.

Padahal, untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau, ada beberapa tips rambut sehat dan berkilau. Dari hasil riset penata rambut profesional di New York, penata rambut Nunzio Saviano dari Nunzio Saviano Salon dan Kyle White, pewarna utama di Oscar Blandi Salon, memberikan beberapa tips mengenai cara mencuci rambut yang baik dan benar.

Mulailah Dengan Membilas Rambut

Sama halnya dengan kegiatan mencuci seperti mencuci pakaian di laundry atau di rumah, hal utama yang dilakukan adalah dengan melakukan proses pembilasan terlebih dahulu.

Rambut harus benar-benar dalam keadaan basah secara menyeluruh sebelum Anda memberikan sampo pada rambut.

Kyle White memberikan rekomendasi untuk melakukan pembilasan rambut sebelum keramas dengan menggunakan air hangat. “Air panas akan membuka kutikula sehingga baik untuk mengeluarkan kotoran atau produk maupun zat-zat kimia lain yang tersisa dalam rambut ketika menggunakan perawatan rambut”, ujar White.

Selain itu, Nunzio Saviano juga menambahkan bahwa dengan melakukan pembilasan awal rambut dengan air hangat dapat mengeluarkan minyak-minyak pada kulit kepala dan juga dapat membuka kutikula, sehingga minyak tersebut dapat menyerap pada kondisioner yang Anda gunakan ketika keramas.

Gunakan Kondisioner di Ujung Rambut Terlebih Dahulu Sebelum Berkeramas Bagi yang berambut Panjang

Bagi Anda si pemilik rambut di bawah bahu, melindungi bagian ujung rambut merupakan hal yang wajib dilakukan.

Sebelum Anda keramas, tips rambut sehat yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan kondisioner terlebih dahulu pada ujung rambut Anda. Hal ini bertujuan untuk melindungi ujung rambut dari kerapuhan dan kerusakan.

Selain mejaga rambut agar tetap sehat, pemberian kondisioner pada ujung rambut bermanfaat untuk membuat lubang kutikula menjadi lembab dan membuatnya semakin berkilau.

Teknik Akar ke Ujung Rambut

Tips rambut sehat yang ketiga ini dapat diartikan sebagai teknik untuk melakukan keramas dimulai dengan akan rambut sampai dengan ujung rambut.

Hal ini dikarenakan akar rambut Kita merupakan bagian termuda pada rambut kita sehingga akan memproduksi minyak yang lebih banyak dibandingkan dengan akar rambut kita yang cenderung lebih kering dan rapuh.

Gunakan pula sampo yang sesuai dan sesuaikan dengan panjangnya rambut Anda. Bila rambut Anda panjang, maka Anda juga membutuhkan sampo lebih banyak dibandingkan dengan yang berambut pendek.

Mencuci Rambut Dengan Cara yang Lembut

Yaitu menggunakan teknik keramas dengan cara yang lembut sehingga tidak perlu memberikan gesekan-gesekan pada rambut yang dapat merusak rambut Anda.

Gesekan secara permanen dapat merusak kutikula rambut Anda, yang menyebabkan kerusakan, disarankan untuk memulai pola keramas dengan cara yang lembut, mulailah dari akar rambut kemudian menggunakan guratan vertikal dengan tekanan sedang.

Jangan gunakan gerakan melingkar yang dapat membuat rambut Anda menjadi kusut. Untuk bagian ujung rambut, Anda dapat menggunakaan teknik dengan membasuh ujung rambut dengan gerakan membelai lurus.

Disarankan untuk tidak menggosok ujung rambut dengan gerakan mundur seperti sedang mencuci pada papan pencucian. Hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rusak.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering

Tidak Perlu Membilas Rambut Secara Berulang-Ulang

Anda tidak perlu mencuci rambut Anda secara secara berulang-ulang. Bila Anda telah keramas satu kali maka cukup dilakukan satu kali. Ini untuk mencegah pengupasan pada rambut Anda.

Namun, Anda boleh saja berkeramas secara berulang apabila memang rambut Anda dalam kondisi sangat kotor seperti selepas melakukan kegiatan outdoor yang membuat rambut menjadi kotor, atau ketika Anda keramas, sampo yang Anda tuangkan pada rambut tidak mengeluarkan busa.

~product~

Tambahkan kondisioner dari Bagian Tengah Hingga Ujung Rambut

Setelah Anda membilas rambut dari sampo yang Anda gunakan ketika keramas, peras rambut hingga rambut tidak mengeluarkan tetesan air, kemudian dilanjutkan dengan pemberian kondisioner.

Setelah itu, barulah Anda dapat membilas rambut sebagai langkah terakhir berkeramas sesuai tips rambut sehat rekomendasi Nunzio Saviano dan Kyle White.

Baca juga: 8 Kesalahan yang Anda Lakukan dengan Kondisioner

Akhiri Kegiatan Keramas Anda dengan Membilas dengan Air Dingin

Membilas rambut sebagai langkah akhir keramas sangat baik untuk kesehatan rambut Anda. Air dingin akan menutup kutikula rambut dengan kencang, sehingga rambut akan terlihat semakin bersinar dan juga kuat.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

1 komentar

  • Thanks gan, artikelnya bagus & bermanfaat
    Baca juga :

    Distributor tas batam


    Grosir tas wanita pertama di lampung


    Grosir tas wanita terbaru

    mahasiswabaru on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi