FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Pria Juga Perlu Tahu Tips Mencegah Kulit Wajah Kering

Perubahan cuaca yang terlalu ekstrim dari musim panas ke musim dingin kadang membuat kulit terasa kering bak amplas.

JIKA dibiarkan, lama kelamaan kondisi kulit kering akan semakin serius. Kulit akan terasa nyeri, terkelupas bahkan perih saat disentuh.

Gejala-gejala kulit kering meliputi pengelupasan, kemerahan, kulit terasa kasar, terkadang kulit yang mengelupas menyebabkan luka berdarah. Kulit kering umumnya bisa diobati dengan mengganti produk perawatan kulit secara rutin.

Dalam kasus yang serius, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Sebelum mengganti produk, coba simak beberapa tips mencegah kulit kering berikut.

1.Kebiasaan Mandi

Selama proses perawatan kulit, sebaiknya hindari mandi air panas atau air hangat sementara waktu. Mandi dengan air panas bisa membuat kulit semakin kering dan menghilangkan minyak alami kulit.

Tidak heran jika kulit terasa lebih kasar dan kering. Selain itu, hindari terlalu lama dalam kamar mandi atau lebih dari 10 menit.

Hal ini dapat menghindari efek paparan air yang membuat kulit kering lebih kering ketimbang sebelumnya.

Selama perawatan kulit kering, Anda juga disarankan mandi satu – dua kali sehari agar mempertahankan kelembapan alami kulit.

2.Cuci Muka Dengan Sabun Berformula Lembut

Formulasi sabun cuci muka turut mendukung kelembapan kulit. Sebaiknya, pilih jenis sabun wajah yang berformula lembut agar tidak membuat kulit terasa semakin kering dan kaku. Hindari sabun cuci muka yang mengandung bahan – bahan keras.

Misalnya, alkohol, retinoid, atau asam alfa hidroksi. Bahan-bahan yang tidak perlu ini dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi atau jerawat. Untuk mendapatkan sabun berformula lembut, cobalah memperhatikan bahan – bahan berikut:

  • polyethylene glycol
  • poliglikosida
  • surfaktan silikon
  • lanolin
  • parafin

Agen pembersih sintetis adalah sabun lain yang memiliki manfaat dan tetap aman dipakai.

Kandungannya seperti sulfur trioksida, asam sulfat dan etilena oksida. Tak hanya itu, aplikasikan sabun cuci wajah dengan lembut ke permukaan wajah. Caranya, hanya gunakan seujung jari untuk menggosok lembut wajah.

Tak perlu memakai spons atau lap yang bersifat lebih abrasif terhadap area kulit. Hindari menggosok – gosok kulit wajah karena bisa menyebabkan iritasi.

 

Baca Juga : Ingin Kulit Bersih Walau Terpapar Polusi? Bisa!

 

3.Oleskan Pelembab

Mengatasi kulit kering dan kasar, cara yang terbaik adalah menerapkan pelembap secara teratur. Terutama setelah Anda mandi. Mengoleskan pelembap dapat membantu kulit untuk menjaga kelembapan.

Pelembap wajah Anda harus bebas dari wewangian dan alkohol, karena dapat menyebabkan iritasi yang tidak perlu.

Anda mungkin ingin mencoba pelembab sudah sekaligus tabir surya untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari. Carilah produk yang tahan air agar tidak mudah luntur terkena keringat atau air.

Untuk mengembalikan kelembapan, pilih pelembab yang berbahan dasar minyak dan mengandung bahan-bahan untuk membantu menjaga kulit Anda terhidrasi. Produk berbahan dasar petrolatum adalah yang terbaik bagi kulit kering atau pecah-pecah.

Bahan ini rupanya memiliki daya tahan lebih ketimbang krim dan lebih efektif mencegah air menguap dari kulit Anda untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Bila area bibir Anda kering dan pecah – pecah, gunakan lip balm yang mengandung petrolatum, petroleum jelly, atau mineral oil. Pastikan lip balm ini nyaman dan ringan dipakai dan tidak memicu reaksi alergi.

4. Gunakan Humidifier

Ruangan kantor yang ber-AC kerap membuat kulit semakin kering dan pecah – pecah. Anda dapat menggunakan humidifier untuk menambah kelembapan udara sekaligus memfilter udara agar lebih higienis dari bakteri dan kuman.

Nah, jika Anda mengalami kulit kering hanya pada waktu tertentu dalam setahun. Misalnya ketika cuaca dingin, pastikan untuk bersiap dan menyesuaikan rutinitas perawatan kulit Anda. Gantilah produk perawatan kulit untuk menghindari masalah kulit kering.

Murad Acne Complex Kit 30 Days merupakan paket perawatan wajah yang melembapkan kulit dan mencegah kekeringan. Bahan – bahan alami yang aman dibuat diperkaya dengan antioksidan dan antiinflamasi.

Paket spesial Murad terdiri dari Clarifying Cleanser, Acne Treatment Gel, Skin Perfection Lotion, Acne Spot Treatment, dan Clarifying Mask.

Paket lengkap untuk perawatan kulit yang maksimal. Dapatkan kulit yang halus, lembap dan sehat dengan produk perawatan spesial dari laman Asmaraku.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi