Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE ONGKIR 11-30 November, tanpa minimum order khusus Jawa & Bali.

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Penyebab Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

Masalah bibir kering dan bibir pecah-pecah tidak hanya kurang sedap dipandang namun juga terasa sangat tidak nyaman. Tapi tahukah Anda bahwa banyak lip balm yang tidak memberikan efek maksimal dan malah justru memperparah bibir kering Anda? Cari tahu penyebab bibir kering dan cara mengatasi bibir kering.

Penyebab Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

JIKA dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, bibir adalah bagian tubuh yang paling rentan. Secara fisiologi, bibir adalah bagian tubuh yang unik karena cenderung menjadi spot tubuh yang paling kering. Sementara bagian wajah kita terlindungi dari lapisan kulit yang cukup tebal dan terlindungi. Butuh usaha lebih jika Anda ingin bibir Anda menjadi lembab dan lembut. Sebelum mencari tahu cara mengatasi bibir kering ada baiknya Anda cari tahu dulu penyebabnya. 

 

Anatomi bibir

Bibir sebenarnya mempunyai kulit namun lapisan kulit di bibir ini sangat tipis dan berwarna transparan dan hampir tidak melindungi membran mukosa di bawahnya. Warna merah pada bibir ini disebabkan oleh pembuluh darah yang berada sangat dekat karena lapisan kulit di bibir yang sangat tipis dan transparan.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa bibir akan membiru ketika tubuh Anda kedinginan? Ini dikarenakan jika pada cuaca yang sangat dingin atau saat suhu tubuh Anda sedang drop, pembuluh darah di bibir akan berhenti bekerja dan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan warnanya membiru. Bibir juga tidak mempunyai kelenjar keringat dan hampir tidak mempunyai kelenjar sebum. Kekurangan air pada bibir bisa 3 sampai 10 kali lebih banyak dari bagian tubuh lainnya. Fakta fisiologis tentang bibir yang sudah disebutkan di atas juga ditambah dengan faktor perubahan iklim, dua faktor tersebut lah yang membuat masalah bibir kering menjadi problem yang berulang dan terus terjadi. 

 

Penyebab bibir pecah-pecah

Saat bibir kering melanda, Anda cenderung menjilati bibir dengan tujuan untuk mengembalikan kelembabannya namun usaha ini ternyata sia-sia. Menjilati bibir yang kering sesaat membuat bibir Anda terasa lebih baik namun sebenarnya melakukan hal itu akan memperburuk kondisi bibir kering! Saat menjilat bibir, lidah Anda akan memindahkan saliva ke bibir yang akan merobek kulit bibir Anda. Jika sudah terlanjur bibir Anda akan lebih mudah terasa sakit, perih dan menyebabkan bibir pecah-pecah. Sebisa mungkin hindari untuk menjilati bibir kering.

Salah satu penyebab bibir kering juga disebabkan oleh matahari baik saat sedang terik maupun berawan. Anda harus memakai lip balm yang mengandung SPF 15 atau lebih dengan perlindungan UVA yang mengandung titanium dioksida, zinc oksida dan avobenzone. Pakailah lip balm secara berkala jika beraktivitas di luar ruangan.

Selain dua hal di atas, hal-hal berikut ini juga berkontribusi sebagai penyebab bibir kering dan bibir pecah-pecah.

  • Memakai lipstik matte atau lip paint terlebih di cuaca dingin atau gersang
  • Menggunakan lip plumper yang mengandung bahan yang menyebabkan iritasi seperti capsicum, menthol atau jahe.
  • Kekurangan vitamin B12, jika kekurangan vitamin ini akan menyebabkan pecah-pecah di bagian sudut mulut
  • Kekurangan niacin atau vitamin B6
  • Infeksi jamur
  • Konsumsi Vitamin A secara berlebihan (diatas 25000 IU)
  • Obat anti jerawat yang mengandung isotretinoin

 

Cara mengatasi bibir kering

Cara melembabkan bibir yang paling baik adalah dengan menggunakan lip balm yang lembut atau lip gloss. Anda bisa mengembalikan kelembaban bibir dengan konsisten dan kesabaran, bibir pecah-pecah tidak akan sembuh dalam sehari, dan melewatkan satu hari saja tanpa perawatan bisa membuat bibir menjadi kering kembali.

Jika bibir kering Anda semakin parah maka Anda harus mencoba lip scrub sebelum memakai lip balm. Men-scrub bibir akan menghilangkan kulit mati dan membuat bibir menjadi lembut dan akan memudahkan pemakaian lip balm. Pada malam hari sebelum tidur juga jangan lewatkan untuk memakai lip balm yang tidak mengandung pewangi yang berlebihan. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Scrub 

 

Ketergantungan lip balm?

Memakai lip balm memang salah satu cara melembabkan bibir namun jika kandungan pada lip balm menyebabkan iritasi atau berkualitas jelek seperti kurang kandungan minyak, pelembut ataupun kandungan memperbaiki maka  tidak akan memberikan efek yang maksimal. Bibir Anda akan tetap kering, jadi memilih lip balm bukan soal cocok atau tidaknya bibir Anda dengan suatu produk lip balm tetapi lebih kepada kandungannya. Jangan pilih lip balm yang berbahan dasar lilin, pilihlah bahan campuran lilin dengan minyak, bahan pelembut dan antioksidan untuk mengatasi bibir kering. 

Baca Juga: Pentingnya Pakai Lip Balm

 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi