FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Pakai Ulang Kondom Bekas, Boleh Nggak Sih?

Setiap pilihan yang kita buat akan berdampak pada kelestarian planet Bumi. Termasuk tentang alat kontrasepsi. Jadi, muncul pertanyaan besar, bisakah kondom dipakai dua kali? Atau dapatkah kondom bekas dipakai ulang?

Pakai Ulang Kondom Bekas, Boleh Nggak Sih?

1. Bisakah kondom dipakai dua kali?

Secara umum, baik kondom pria maupun kondom wanita memang sama sekali tidak bisa digunakan lagi atau tidak dapat didaur ulang. Ini artinya, Anda hanya bisa menggunakan kondom sebanyak satu kali saja.

Oke, sekarang Anda tahu jika kondom bekas tidak bisa dipakai ulang. Lalu, bagaimana dengan daur ulang kondom? Lagi-lagi, jawabannya tidak. Tidak ada program daur ulang untuk kondom.

Beberapa perusahaan kondom mulai mencoba membuat kondom yang lebih ramah lingkungan. Misalnya saja, jika dahulu kondom dikemas dalam wadah plastik. Kini kotak kemasan kondom terbuat dari kertas yang bisa didaur ulang.

Sedangkan, pada bagian label petunjuk penggunaan kondom, dicetak menggunakan tinta yang terbuat dari sayuran. Ada juga beberapa jenis produsen kondom yang tidak mengandung plastik sama sekali. Ini membuat kondom jadi lebih mudah didaur ulang.

2. Jadi apa yang harus Anda lakukan dengan kondom bekas?

Langkah awal yang bisa Anda lakukan dengan kondom bekas adalah jangan pernah menyiram kondom ke toilet. Selain mengandung lateks, kondom juga tidak akan pernah bisa didaur ulang.

Bahkan, bisa-bisa, kondom yang dibuang ke dalam toilet dapat menyumbat saluran air. Anda sendiri yang nantinya bakal repot memperbaiki pipa yang tersumbat atau membayar mahal tukang ledeng jika terjadi masalah pipa tersumbat di kemudian hari.

Parahnya lagi, kondom yang terus mengalir dari pipa air bisa saja berakhir di lautan atau danau-danau yang seharusnya bersih dari sampah dan menjadi destinasi wisata.

Aturan paling praktis yang bisa Anda lakukan adalah membungkus kondom bekas dengan tisu atau kertas toilet maupun paper bag, lalu buang di tempat sampah.

Semua barang ini masih bisa terurai oleh bakteri. Jadi, cara ini adalah cara terbaik untuk membuang kondom bekas pakai.

Baca juga: Cara Pakai dan Buang Kondom Pria

3. Apakah tidak ada cara untuk daur ulang kondom?

Tidak ada. Kondom tidak bisa didaur ulang. Tetapi kabar baiknya, air mani atau cairan tubuh lainnya yang tertinggal di dalam kondom, dapat benar-benar terurai oleh bakteri yang ada di lingkungan atau alam bebas.

Selain itu, kemasan kondom yang umumnya terbuat dari kertas, masih bisa didaur ulang oleh tanah. Hanya saja, jika ada kemasan yang terbuat dari kertas foil sebaiknya diambil karena kertas foil tidak bisa terurai oleh tanah.

Memang cukup disayangkan, bahwa tidak ada cara-cara yang lebih ramah lingkungan untuk membuang kondom bekas pakai.

Harapannya, ke depannya akan ada inovasi dan solusi terbaik untuk mencegah kehamilan atau penyakit menular seksual tanpa harus mengorbankan kelestarian lingkungan.

 

Jadi, mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar Anda untuk membantu melindungi kelestarian planet bumi tercinta.

Tak hanya itu, lindungi juga diri Anda saat berhubungan seks dengan memilih kondom yang tepat. Pilih kondom yang terbaik untuk menjaga keharmonisan hubungan Anda dan si dia.

Satu lagi, jika ada yang bertanya bolehkah kondom bekas dipakai ulang? Jawabannya sudah pasti, it’s a BIG NO!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi