Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Oleh: Ade Hermawan Igama | 4 menit membaca


Tinggalkan membuang waktu dengan berselancar di internet saat kinerja tubuh sudah mulai menurun. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan waktu untuk menjalani tips sehat dengan tidur siang. Tanpa banyak disadari, manfaat tidur siang menjadi sebuah perbincangan. Gaya hidup sehat pun dapat dibangun dengan cara menjalani waktu tidur yang baik, lalu apakah tidur siang termasuk di dalamnya?

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

SESUNGGUHNYA secara general, tidur memiliki banyak manfaat bagi bagi tubuh, mulai dari menepis penyakit jantung dan kegemukan sampai memperkuat tulang dan ingatan. Namun, perlu diketahui bahwa tidur siang memiliki cara menjaga kesehatan tubuh tersendiri. Setidaknya, ada enam manfaat tidur siang untuk gaya hidup sehat yang mungkin tidak Anda sadari saat ini. Apa saja manfaatnya? Simak penuturan berikut ini.

Tidur Siang Membangun Kewaspadaan

Sejenak setelah Anda merasakan sedikit rasa pening setelah tidur siang, Anda akan langsung merasakan manfaatnya yaitu meningkatkan kewaspadaan ketika sistem otak anda telah melamban. Sebuah studi yang dilakukan oleh NASA menghasilkan sebuah fakta bahwa gaya hidup sehat melalui 40 menit tidur siang yang dilakukan para pilot dapat meningkatkan kewaspadaan ketimbang mereka yang tidak tidur siang sama sekali.

Bahkan tidur dalam waktu 20 menit saja dapat menjadi tips sehat untuk para karyawannya, bila merujuk pada Harvard Men’s Health Watch. Ditambah lagi, sebuah penelitian kecil yang dilakukan tentang waktu tidur yang baik sekitar 10 menit dapat meningkatkan sedikit kewaspadaan.

jual suplemen stamina tubuh lengkap dan murah

Tidur Siang Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Ingatan

Di dalam proses rapid eyes movement, ada sebuah hubungan yang kuat ke  proses kognitif. Oleh karena itu, bukan sesuatu yang mengherankan bahwa kita membutuhkan waktu tidur yang baik lebih lama untuk mendapatkan manfaat tidur siang bagi kesehatan otak.

Namun dengan gaya hidup sehat melalui tidur siang sekitar satu jam sampai 90 menit dapat menghilangkan kelelahan mental yang anda rasakan ketika terbangun. Tidur siang yang lebih lama mungkin akan menyebabkan sedikit rasa pening, tapi di sisi lain kinerja otak anda akan bertahan lebih lama lagi. Faktanya pemindaian MRI menunjukan aktivitas otak tetap tinggi ketika tidur siang sepanjang hari dibandingkan mereka yang tidak tidur.

Baca juga: Lakukan Hal-hal Ini Sebelum Tidur Untuk Menurunkan Berat Badan

Tidur Siang Meningkatkan Kreativitas

Lupakan saja anggapan jika tidur siang identik dengan orang malas karena hasilnya justru sebaliknya. Tidur siang dapat meningkatkan krativitas. Tim peneliti memantau aktivitas otak untuk mencari tahu mengapa kreativitas otak justru meningkat ketika tidur siang.

Mereka kemudian menemukan jawaban terjadi sebuah aktivitas di bagian yang tepat pada otak, bagian ini berhubungan dengan kreativitas. Health.com melaporkan jika tidur panjang yang mengantarkan ke REM membuat performa kreativitas otak meningkat.

Tidur Siang Meningkatkan Produktivitas

Seperti yang dikatakan sebelumnya, tidur siang tidak identik dengan rasa malas. Para ilmuwan pun setuju dengan ini, tidur siang malahan dapat meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja.

Gaya hidup sehat ini dapat juga menghilangkan stress kerja, namun tidak banyak disadari lantaran menganggap tidur siang tanda kemalasan. Mulailah menentukan waktu tidur yang baik di siang hari agar hari anda lebih produktif.

jual multivitamin terlengkap hanya di AsmaraKu

Tidur Siang Untuk Meningkatkan Semangat

Ingat-ingatlah ketika anda berada di sekitar balita yang tidak menjalani ritual tidur siang, bukan sesuatu yang baik bukan? Rasa kantuk memiliki hubungan dengan emosi.

Orang yang kurang tidur akan mudah marah dan perasaan yang tidak menyenangkan bahkan untuk orang dewasa (untungnya ketika dewasa sifat tantrum pun telah hilang). Sebuah tidur siang yang singkat dapat meningkatkan semangat Anda, dan tidak perlu sebuah penelitan yang khusus untuk itu. Anda dapat merasakannya sendiri.

Baca juga: Tips Menghindari Kantuk Setelah Makan Siang

Tidur Siang Untuk Mengalahkan Stress

Jawaban untuk pertanyaan mengapa tidur siang dapat membuat anda kembali tersenyum mungkin karena tidur siang memiliki hubungan dengan relaksasi. Pelampiasan dengan tidur siang dapat menjadi pelipur stress, bahkan ketika anda tidak tidur dalam durasi lama sekali pun.

The National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur yang baik untuk menghilangkan stress pekerjaan, hanya butuh 10 menit untuk itu. Sebuah studi di tahun 2007 menemukan bahwa mengantuk atau tidak, menghabiskan sedikit waktu untuk tidur siang dapat membuat anda lebih relaks.



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_stamina tubuh, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli multivitamin, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli stamina tubuh, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com