Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Tips Menghindari Kantuk Setelah Makan Siang

Oleh: AsmaraKu Editorial | 4 menit membaca


Mengantuk pada siang hari tentunya dapat mengganggu aktivitas Anda. Biasanya rasa kantuk akan muncul setelah Anda makan siang. Mengantuk pada jam-jam beraktivitas akan sangat menyebalkan dan menurunkan kinerja Anda. Namun jangan khawatir, bukan berarti hal tersebut tidak dapat dicegah.

Tips Menghindari Kantuk Setelah Makan Siang

RASA kantuk setelah makan siang terjadi karena berbagai sebab. Bahkan serangan kantuk ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang. Berikut ini adalah tips untuk menghindari kantuk setelah jam istirahat siang :

1.  Perhatikan menu makan siang Anda.

Semakin banyak dan berat menu makan siang Anda, maka semakin besar pula rasa kantuk akan menyerang Anda. Cukup konsumsi makanan ringan saja saat jam istirahat, dan hindari makanan junk food.

2.  Pergi melangkah sejenak dari meja Anda.

Jika kantuk menyerang, ada baiknya Anda pergi jalan-jalan terlebih dahulu. Pergi lah mengitari kantor Anda, atau pergi ke luar untuk menghirup udara segar. Dengan segera, kantuk akan menghilang dan Anda dapat melanjutkan aktivitas Anda.

3.  Berbincang-bincang dengan orang lain.

Dengan Anda mengobrol, rasa kantuk Anda dapat teralihkan. Berbincang-bincang juga dapat mengalihkan otak agar tetap aktif dan terjaga.

Tips Menghindari Kantuk Setelah Makan Siang

4.  Perhatikan sarapan Anda.

Tidak sarapan bukanlah ide yang bagus. Dengan Anda melewatkan sarapan, maka pada siang hari rasa lapar Anda akan muncul berkali-kali lipat. Biasakan untuk mengonsumsi sarapan bergizi dan juga jangan terlalu berat pada pagi hari.

5.  Anda peminum minuman beralkohol? Hindari minuman beralkohol di siang hari.

Minum-minuman beralkohol dapat menyebabkan rasa kantuk luar biasa setelah 'efek samping'nya habis. Ada baiknya Anda menghindari konsumsi minuman alkohol pada hari-hari kerja agar dampaknya tidak mengganggu aktivitas Anda.

6. Perhatikan pola tidur Anda.

Bukan hanya makan siang Anda saja yang berpengaruh, namun juga pola tidur Anda pada malam hari. Hindari tidur terlalu malam dan perhatikan kualitas tidur Anda.

7.  Olahraga pada pagi hari.

Rutin berolahraga pada pagi hari terutama sebelum Anda beraktivitas dapat mengurangi kemungkinan mengantuk di siang hari. Dengan berolahraga, tubuh Anda akan lebih fit dan sirkulasi oksigen pada tubuh akan lebih lancar sehingga badan akan tetap aktif dan tahan dari serangan kantuk.

Tips Menghindari Kantuk Setelah Makan Siang

8.  Hindari mengonsumsi kafein menjelang tidur.

Anda meminum kopi sebelum jam tidur? Maka kemungkinan besar tubuh Anda akan 'dipaksa' untuk tetap terbangun. Hal tersebut tentunya akan mengganggu pola tidur Anda. Sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi atau minuman mengandung kafein lainnya empat sampai enam jam sebelum Anda tidur.

9.  Anda perokok? Hindari merokok sebelum jam tidur.

Jika Anda ingin tidur nyenyak, maka sebaiknya hindari merokok menjelang tidur. Tubuh akan bereaksi karena kandungan dari rokok dan membuat Anda cepat gelisah saat berbaring.

10. Perhatikan kandungan obat-obatan yang Anda konsumsi.

Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter? Mungkin penyebab Anda sulit tidur dari obat tersebut. Beberapa obat memiliki kandungan zat yang membuat tubuh Anda aktif dalam kurun waktu tertentu. Jika hal tersebut benar, maka segera konsultasikan kepada dokter Anda.

11. Selain menu sarapan dan makan siang, perhatikan pula apa yang Anda konsumsi menjelang tidur.

Dengan mengonsumsi makanan menjelang tidur maka proses metabolisme akan membuat Anda terjaga. Setidaknya hindari konsumen makanan berat dua hingga tiga jam sebelum tidur.

12. Buatlah jadwal untuk tidur.

Tubuh Anda mengenali rutinitas Anda, termasuk kapan waktunya Anda bangun maupun tidur. Buat lah jadwal kapan Anda harus tidur, kalau perlu pasang alarm.

13. Hindari pancaran cahaya saat Anda tidur.

Meski mata Anda tertutup, pancaran cahaya langsung pada mata akan memberikan sinyal yang salah pada otak bahwa Anda sudah seharusnya bangun. Pancaran cahaya tersebut meski redup, dapat membangunkan Anda tengah malam.

Matikan perangkat elektronik Anda, dan hindari melihat smartphone atau perangkat gadget lainnya sebelum tidur karena hanya akan membuat Anda sulit tidur.

Tips Menghindari Kantuk Setelah Makan Siang

14. Hindari tidur bersama hewan peliharaan.

Hewan peliharaan secara tidak langsung dapat mengganggu tidur Anda. Jika Anda sering terbangun di tengah malam karena hewan peliharaan, maka sebaiknya biarkan ia tidur di luar kamar Anda.

15. Catat apa yang ada dalam benak Anda.

Banyak pikiran juga dapat membuat Anda sulit menemukan posisi nyaman untuk memejamkan mata. Buatlah daftar dan mulai mencatat apa yang harus Anda lakukan esok hari, juga kekhawatiran Anda agar otak Anda dapat lebih rileks.



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_stamina tubuh pria, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli Stamina Tubuh Pria, Beli Stamina Tubuh Wanita, Beli suplemen pria, Beli suplemen wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com