FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Selama Puasa

Puasa seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai momen untuk lebih sehat. Sayangnya karena makanan yang salah akhirnya banyak orang justru mengalami kenaikan berat badan drastis selama puasa.

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Selama Puasa

SAAT berpuasa, tubuh mengalami proses adaptasi yang cukup signifikan, mulai dari stamina, perubahan jam tidur hingga pola makan dan minuman yang dikonsumsi.

Bicara soal makanan saat berpuasa, meskipun halal ternyata ada banyak resiko yang bisa membuat puasa Anda tidak lancar, sehingga membuat tubuh jadi mudah terserang penyakit.

Alih-alih ingin memuaskan nafsu makan setelah berpuasa seharian penuh, justru tubuh akan semakin bereaksi hingga akhirnya daya tahan tubuh melemah karena banyaknya mengonsumsi makanan tidak sehat.

Sementara itu, saat menjalani ibadah puasa kadang banyak orang malas untuk melakukan sahur. Padahal mengonsumsi makanan saat sahur merupakan faktor yang cukup penting untuk menjaga tubuh sehat dan segar selama berpuasa.

Nah, agar puasa berjalan dengan lancar serta tubuh sehat dan bugar, maka sebaiknya Anda memperhatikan asupan makanan dan minuman selama berpuasa, mulai dari sahur dan berbuka puasa.

Berikut adalah tips berpuasa dalam memilih menu makanan yang harus dikonsumsi dan yang harus dihindari ketika berpuasa.

Sahur

Berpuasa bisa menjadi kesempatan yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan loh. Hal ini dikarenakan makan hanya dibatasi dua kali dalam sehari, saat sahur dan berpuasa.

Untuk itu makanan yang Anda konsumsi saat sahur juga tak boleh sembarangan. Berikut beberapa makanan saat berpuasa yang bisa Anda coba di rumah untuk menambah stamina.

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur :

Tips berpuasa  supaya puasa Anda tetap berjalan lancar dengan aktivitas yang segudang, sebaiknya Anda harus cerdas dalam memilih menu makanan saat berpuasa.

Salah satunya ketika sedang sahur, makanan yang mengandung banyak serat, gula dan protein sangat baik dihidangkan karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, makanan tersebut dapat membantu mempertahankan energi Anda lebih lama, sehingga tidak mudah lapar saat puasa. Kandungan serat dan protein itu terkandung pada daging, kacang-kacangan, kurma, beras merah, sayur dan buah.

 

Hemaviton Action Botol, Rp 30.600,- ; Beli di sini

Makanan yang harus dihindari saat sahur :

Adapula makanan yang harus dihindari loh ketika Anda sahur. Karena makanan-makanan ini justru akan membuat puasa Anda tak lancar. Hindari sahur dengan makanan yang terlalu manis karena hanya akan membuat Anda cepat haus dan perut terasa kembung.

Selain itu hindari juga makanan yang digoreng, terlalu asin dan pedas. Minuman yang mengandung kafein juga sebaiknya direm dulu selama berpuasa, karena dapat membuat tubuh dehidrasi dan lesu.

Baca juga: Tetap Olahraga Selama Puasa? Why Not?

Berbuka Puasa

Menu makanan berbuka puasa tentu saja berbeda dengan menu saat sahur. Saat berbuka puasa, konsumsilah makanan yang mudah diserap oleh tubuh, sehingga energi yang hilang saat seharian berpuasa dapat tergantikan.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda akan kembali segar, tidak lemas lagi dan siap untuk menjalani aktivitas. Agar tidak sembarangan memilih menu berbuka, berikut makanan yang dianjurkan: 

Makanan yang dianjurkan untuk berbukan puasa :

Kandungan makanan di menu berbuka puasa sebaiknya harus mencakup semua hal yang diperlukan oleh tubuh, yakni sumber serat, vitamin, karbohidrat, protein, mineral dan lainnya.

Anda memang dianjurkan untuk berbuka dengan makanan manis untuk mengembalikan energi yang hilang dengan cepat. Namun ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis agar berat badan tidak naik.

Sebaiknya pilih makanan sehat seperti sayur berkuah dan buah-buahan segar. Jangan lupa perbanyak konsumsi air mineral serta mengkonsumsi madu, minuman isotonik, kurma, dan sereal (oats).

Bila perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan agar tubuh tidak mudah sakit sehingga bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar. 

HPAI Madu Asli Multiflora, Rp 100.000,- ; Beli di sini

    Makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa :

    Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan yang didapat dari puasa, ternyata ada beberapa makanan yang perlu dihindari ketika berbuka puasa. Makanan-makanan tersebut yakni makanan yang terlalu manis, makanan cepat saji (junk food) dan mengonsumsi air kelapa.

      Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

      Tinggalkan komentar

      Artikel Terkait

      Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
      Download sekarang:

      Logo Google Play Logo Google Play
      icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
      Keranjang Belanja
      Halaman Privasi
      Gambar Halaman Privasi