FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Promo] 5% Cashback untuk pembayaran dgn OVO
Advertisement
Advertisement

Jangan Biarkan 4 Makanan Ini Menurunkan Stamina Anda di Bulan Puasa!

Saat puasa, pernahkah Anda merasa lesu? Jika ya, percayalah bahwa ini terjadi bukan karena Anda tidak makan dan minum seharian, tapi karena Anda mengonsumsi makanan yang salah dan tidak bergizi seimbang. Tetap jaga stamina saat puasa dengan konsumsi makanan bernutrisi. Inilah sejumlah pantangan makanan saat puasa agar Anda tetap berenergi!

Jangan Biarkan 4 Makanan Ini Menurunkan Stamina Anda di Bulan Puasa!

KESEHATAN sangatlah penting, termasuk ketika berpuasa. Kala baru memasuki bulan puasa, tubuh kita masih beradaptasi terhadap perubahan pola makan dan karenanya sangat mungkin merasakan lemas di pengujung hari.

Namun, bukan berarti Anda bisa membalasnya dengan mengonsumsi beragam hidangan yang sekadar membuat kenyang. Soalnya, makan makanan yang membuat kenyang tanpa mempertimbangkan kandungan gizinya hanya akan membuat Anda bertambah lemas.

Jaga stamina saat puasa dengan tidak makan sembarangan. Inilah sejumlah pantangan makanan saat puasa yang bisa Anda hindari untuk menjaga kondisi tubuh.

Tepung Terigu

Makanan yang terbuat dari tepung memiliki indeks glycemic tinggi. Baik itu roti, pastry, ataupun makanan lainnya yang mengandung tepung memang akan sangat mudah meningkatkan energi dan gula dalam tubuh Anda. Namun, menurunkannya pun akan cepat pula.

Ini karena tepung terigu tidak memiliki kandungan serat sehingga proses cernanya berlangsung dengan cepat. Energi Anda akan turun dengan cepat dan Anda pun akan merasa lapar lagi. Lebih baik konsumsi makanan yang mengandung tepung gandum saja karena mengandung serat yang bisa memperlambat proses cerna.

Goreng-Gorengan

Berkebalikan dengan tepung, makanan hasil gorengan sangat lambat dicerna tubuh. Durasi dan energi yang diperlukan tubuh untuk mencernanya sangatlah lama dan banyak. Efeknya, tubuh akan merasa kelelahan untuk mencernanya.

Anda pun jadi lebih tidak produktif dan mudah merasa ngantuk karena kekurangan stamina. Jaga stamina saat puasa dengan menghindari gorengan terlalu banyak saat berbuka ya.

Baca juga: Ngantuk saat Puasa? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Minuman Berkafein

Mayoritas orang mencintai kopi. Namun, saat puasa, Anda tentu tak bisa mengonsumsi kopi pagi hari Anda seperti biasa. Sebagai gantinya, kopi atau teh dingin senantiasa disiapkan untuk berbuka.

Konsumsi kopi memang bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi, tetapi efeknya akan mudah menurun hingga menyebabkan Anda ingin mengonsumsi secangkir kopi lagi. Dan tahukah Anda, semakin sering mengonsumsi kopi, semakin resisten pula Anda terhadap efek kopi.

Untuk mendapatkan efek kopi kembali, Anda mesti puasa kopi terlebih dulu. Masa-masa puasa kopi inilah yang biasanya membuat Anda merasa lelah dan kurang konsentrasi.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Pria

Garam dan Gula

Pantangan makanan saat puasa berikutnya adalah konsumsi garam dan gula yang terlalu berlebihan. Konsumsi garam berlebih akan membuat Anda merasa lelah dan dehidrasi. Kekurangan energi inilah yang akan membuat Anda tidak begitu aktif dalam aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, konsumsi gula berlebih juga tidak baik bagi tubuh Anda. Saat baru dikonsumsi, konsumsi gula mungkin bisa meningkatkan energi dan mood Anda. Namun, kandungan gula dalam tubuh akan turun dengan cepat dan drastis yang akan membuat Anda merasa lelah dan kurang fokus.

Mengonsumsi makanan bergula, seperti kue-kuean, tidak apa-apa jika sesekali. Namun, akan jadi tidak menyehatkan bila terlalu sering. Jadi, batasi konsumsi makanan penutup ya.


Itulah sejumlah makanan yang bisa Anda hindari untuk jaga stamina saat puasa. Konsumsilah makanan bergizi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Selamat mencoba. Semoga puasa Anda senantiasa lancar.

Sumber:

Your Food Choices and Lethargy. https://fitover40trainer.com/4-foods-reduce-energy/ Dilansir dari 15 Mei 2019.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi