We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Cegah Kebotakan dengan 6 Jenis Makanan Ini

Rambut rontok mungkin hal yang biasa. Tapi jika kerontokan terjadi terus menerus dalam jumlah yang banyak, waspadalah karena Anda bisa saja mengalami kebotakan. Jangan anggap sepele hal ini, segera lakukan perawatan intensif dan konsumsi beberapa jenis makanan yang dapat mencegah kebotakan. 

Cegah Kebotakan dengan 6 Jenis Bahan Pangan Ini

BAGI sebagian besar orang, rambut merupakan mahkota yang harus selalu dijaga kesehatannya. Namun, seiring bertambahnya usia masalah kerontokan rambut dan kebotakan tentu akan menjadi mimpi buruk. 

Tapi tenang, Anda tidak perlu sampai terlalu stres untuk memikirkan cara mencegah kebotakan dini. Selain melakukan perawatan rambut yang tepat, menjaga kesehatan rambut dari dalam juga perlu dilakukan seperti mengonsumsi makanan pencegah kebotakan. 

Apa saja? Berikut daftar makanan pencegah kebotakan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi permasalahan rambut rontok.

1. Vitamin A

Asupan Vitamin A yang cukup adalah kunci untuk membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan jaringan di seluruh tubuh, termasuk rambut dan kulit kepala. Vitamin A dikirim ke tubuh kita dengan dua cara: dari sumber nabati dan hewani.

Sumber vitamin A dari nabati untuk rambut yang sehat meliputi buah berwarna merah, kuning, oranye, dan sayuran seperti wortel, serta beberapa sayuran berdaun hijau gelap. Sementara itu, beberapa sumber hewani yang mengandung banyak vitamin A meliputi hati, minyak ikan, telur, dan susu.

2. Vitamin B6, vitamin B12, dan Asam Folat

Ketiga vitamin B ini penting untuk pembentukan hemoglobin normal yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan di tubuh, termasuk rambut. Rambut yang sehat dan kuat bergantung pada suplai darah dan oksigen yang konstan. Itu sebabnya, kekurangan vitamin B sama saja seperti memotong suplai darah ke rambut sehingga menyebabkan kerontokan rambut meningkat, rambut rusak, dan rambut baru tumbuh dengan lambat. 

Untuk mengatasinya, perbanyak konsumsi makanan dengan vitamin B6 dan B12 seperti daging ayam, ikan, telur, dan kedelai. Sementara itu untuk sayuran dan buah-buahan Anda dapat mencoba konsumsi sayuran berdaun, jus jeruk, alpukat, bit, brokoli, bibit gandum, dan beberapa sereal.

Garnier Neril Hair Tonic Anti-Loss Guard Cool & Fresh, Rp 45.800,- ; Beli di sini

3. Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen, jaringan ikat yang membentuk struktur dengan mengikat jaringan di tubuh bersama-sama, seperti jaringan di rambut. Meskipun bermanfaat bagi pertumbuhan rambut, ingatlah bahwa Anda tidak dapat mengonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak sekaligus untuk mengganti waktu yang hilang.

Sebagai gantinya, pastikan Anda mengonsumsi banyak makanan pencegah kebotakan, yang mengandung vitamin C setiap hari. Sumber vitamin C terbaik dapat ditemukan pada makanan seperti seperti jeruk, buah beri, melon, paprika, sayuran berdaun hijau gelap, dan tomat.

4. Seng

Ketombe dan rambut rontok adalah kedua kondisi yang terkait dengan kekurangan seng. Seng adalah mineral yang mempromosikan reproduksi sel, pertumbuhan jaringan, dan perbaikan. Seng juga berfungsi dalam pemeliharaan kelenjar pengatur minyak yang menempel pada folikel rambut Anda.

Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung seng seperti Sumber seng makanan laut, unggas, kerang, udang, dan tiram. Telur dan susu juga memasok seng, tetapi dalam jumlah yang lebih kecil. Produk biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang polong mengandung seng, tapi dalam bentuk yang tidak mudah diserap tubuh.

Baca juga: 5 Tips Agar Rambut Lebih Sehat

5. Protein

Sebagai bahan utama pembentuk rambut, konsumsi protein harus selalu diperhatikan agar rambut sehat dan tidak rontok. Tanpa asupan protein yang memadai, tubuh tidak bisa secara efisien menumbuhkan rambut baru untuk menggantikan rambut yang rontok.

Anda bisa mengonsumsi sumber protein seperti ikan (yang memiliki banyak manfaat kesehatan selain menjaga kesehatan rambut Anda), ayam, produk kedelai, keju rendah lemak, telur, kacang almond, kacang, dan yogurt.

Humphrey Hairloss Serum Box, Rp 135.000,- ; Beli di sini

6. Air

Hidrasi yang tepat merupakan kunci untuk rambut selalu sehat karena setiap sel dan sistem di tubuh Anda menggunakan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, menjaga rambut tetap sehat tidak hanya sekadar mencuci atau melakukan perawatan rambut intensif saja, melainkan cukupi juga kebutuhan nutrisinya. 

Perhatikan bahwa penurunan berat badan yang terlalu drastis juga alasan lain untuk mempercepat rambut rontok. Hal ini lantaran penurunan badan yang terlalu cepat atau melakukan diet yang tidak mengandung gizi bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh dan mengakibatkan rambut rontok.  

 

Itu dia beberapa makanan pencegah kebotakan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi masalah rambut rontok. Jadi, mulai sekarang jangan hanya melakukan perawatan rambut intensif saja, tapi konsumsi makanan sehat yang kaya akan mineral untuk menjaga kesehatan rambut.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi