Advertisement
Advertisement

Awas, 6 Hal Ini Buat Budget Honeymoon Anda Bengkak

Setelah mengeluarkan banyak uang untuk biaya pernikahan, setiap pasangan tentu ingin melakukan perjalanan honeymoon yang hemat. Namun, tanpa diduga dalam persiapan bulan madu ada beberapa yang justru membuat budget honeymoon Anda bengkak. 

Awas, 6 Hal Ini Buat Budget Honeymoon Anda Bengkak

ANDA dan pasangan telah mengeluarkan jumlah uang yang cukup besar untuk merayakan pesta pernikahan. Hal ini wajar, mengingat pernikahan merupakan acara sakral yang terjadi sekali seumur hidup.

Karena budget yang Anda gunakan untuk resepsi pernikahan sudah terkuras habis, sehingga merasa tak mungkin lagi merogoh kantong apalagi berhutang kartu kredit untuk pergi berbulan madu.

Untuk itu, Anda wajib mengetahui kesalahan-kesalahan yang justru bisa membuat budget bulan madu membengkak. Nah, apa saja sebenarnya yang membuat bulan madu menjadi mahal? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Booking mendadak

Kebanyakan pasangan biasanya cenderung mengesampingkan rencana bulan madu sebelum menikah. Justru yang lebih difokuskan hanyalah hal-hal yang berkaitan dengan rencana pernikahan seperti pesta pernikahan, daftar tamu undangan, gaun pengantin, dan lain-lain.

Akibatnya, ketika waktu bulan madu sudah dekat, Anda baru tersadar untuk mempersiapkan bulan madu romantis. Hal itu jelas sudah terlambat, sebab tiket pesawat sudah menjadi sangat mahal dan hotel-hotel bagus juga sudah full booked.

Kesalahan ini tentu akan membuat budget honeymoon Anda membengkak. Padahal kalau mau merencanakannya dari jauh-jauh hari, Anda dan pasangan  pasti bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

 

 Anantara Uluwatu, Rp 4.934.000,- ; Beli di sini

2. Tidak hafal transportasi lokal

Kalau hal ini jelas adalah kesalahan karena Anda malas mencari tahu dan bertanya. Misalnya, Anda tidak mencari tahu transportasi publik di kota tujuan atau malas bertanya sehingga memilih naik taksi padahal sebenarnya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Akhirnya hal ini bisa membuat Anda dan pasangan tertipu argo taksi karena dibawa berkeliling sehingga rute semakin jauh. Akibatnya uang Anda jadi habis percuma karena transportasi. 

Untuk kasus berbulan madu di luar negeri pun demikian. Tidak mempelajari peta subway atau bus membua Anda jadi memakan waktu dan tentunya lebih mahal. Kemalasan ini akhirnya membuat budget liburan seru jadi membengkak.

3. Tidak tahu tempat makan yang enak dan murah

Salah satu hal yang juga diburu para pasangan saat berbulan madu adalah mencicipi kuliner khas lokal. Banyak restoran yang menawarkan menu khas lokal, namun tugas Anda ialah mencari tahu mana yang paling populer di kalangan turis maupun warga lokal.

Tidak semua yang mahal punya cita rasa enak. Meski sama-sama punya menu makanan yang sama, mungkin saja makanan sejenis yang dijual di warung kaki lima rasanya lebih enak daripada yang disajikan di hotel berbintang. Nah, Anda tentunya perlu lebih cermat dan teliti lagi dalam menemukannya.

Baca juga: 10 Trik Bulan Madu Hemat

4. Membeli benda sepele yang tak terbawa

Sebelum berangkat bulan madu, pastikan Anda sudah membawa semua perlengkapan hingga barang-barang sepele yang sebenarnya justru sangat dibutuhkan selama berlibur, seperti parfum, tisu, sikat gigi, sabun, sampo, pasta gigi, air minum dan beberapa camilan untuk di perjalanan.

Ketika barang-barang tersebut tak terbawa, pastinya Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Inilah yang justru harus dihindari dalam rangka trik menghemat budget honeymoon Anda. Sebaiknya, persiapkanlah semua perlengkapan dengan baik agar tidak ada yang tertinggal.

5. Tidak tahu keuntungan kartu kredit

Bagi yang memiliki beberapa kartu kredit, sebaiknya ketahuilah berbagai keuntungan yang ditawarkan dari kartu kredit Anda sebagai trik menghemat budget honeymoon.

Mulai dari frequent flyer yang jika poin sudah terkumpul bisa ditukarkan dengan penerbangan gratis, diskon restoran dan hotel, fasilitas airport lounge, sampai cash back berbelanja.

Jangan sepelekan hal tersebut sebab tentunya semua hal manfaat itu bisa membuat liburan seru Anda menjadi semakin hemat dan menguntungkan.

 

 Ayana Resort and Span Jimbaran, Rp 4.812.000,- ; Beli di sini

6. Tidak membeli asuransi perjalanan

Kecelakaan saat berbulan madu, ketinggalan pesawat, atau pesawat delay hingga berjam-jam merupakan hal-hal yang tidak bisa dicegah. Bayangkan kalau tiba-tiba anda atau pasangan harus dirawat di rumah sakit atau membeli tiket pesawat baru yang harganya selangit?

Bulan madu romantis anda yang seharusnya berjalan singkat menjadi butuh berbulan-bulan untuk melunasi tagihan. Oleh karena itu, anda wajib membekali diri dengan asuransi perjalanan.

Dengan harga yang tidak seberapa dibanding seluruh budget bulan madu romantis anda, asuransi perjalanan akan membayar ganti rugi tiket pesawat, kehilangan bagasi, dokumen berharga, pembatalan perjalanan, sampai biaya rumah sakit yang tak terduga.

Nah, itulah tadi 6 hal yang sekiranya dapat membuat budget bulan madu anda menjadi kian membengkak. Sepele memang, tetapi alangkah bijaknya jika anda dapat mengatur keuangan sedemikian rupa agar perjalanan bulan madu anda lebih menyenangkan. Selamat honeymoon!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi