Advertisement
Advertisement

Awas, 12 Kebiasaan Ini Buat Wajah Lebih Tua!

Penuaan adalah sesuatu yang tidak bisa dihentikan dan terjadi seiring pertambahan usia. Tapi tidak selalu karena faktor usia, penuaan pada wajah juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk yang Anda lakukan sehari-hari. 

Awas, 12 Kebiasaan Ini Buat Wajah Lebih Tua

TUA itu pasti. Namun, wajah yang terlihat cantik dan awet muda merupakan pilihan dari masing-masing orang. Setiap orang diberikan pilihan mau merawat wajahnya atau tidak.

Untuk membuat wajah tetap awet muda, Anda bisa melakukan berbagai perawatan wajah intensif seperti menggunakan tabir surya atau serum yang membantu kulit tetap elastis.

Namun perlu diingat, meskipun sudah melakukan perawatan kulit, wajah tetap bisa nampak lebih tua lho. Mengapa demikian?

Hal tersebut ternyata bisa disebabkan oleh kebiasaan salah dalam merawat wajah yang Anda lakukan selama ini. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini: 

1. Terlalu Kurus

Banyak orang berpikir memiliki tubuh yang kurus akan membuat penampilan mereka lebih menarik dan terlihat muda. Padahal faktanya, terlalu kurus justru dapat membuat Anda nampak lebih tua lho.

Kulit keriput bisa disebabkan karena tubuh kehilangan lemak yang membuat kulit tampak kencang dan kenyal. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsi asam lemak omega-3 dari ikan salmon dan kacang kenari.

Selain itu, vitamin C dari buah jeruk atau buah kiwi, serta lycopene dari buah tomat dan grapefruit juga bisa Anda konsumsi agar kulit lebih segar.

2. Sering Menggosok Mata

Kebiasaan buruk lain yang dapat membuat wajah terlihat tua adalah menggosok mata. Kebiasaan menggosok kulit halus di sekitar mata dapat menyebabkan kantung mata gelap atau mata panda.

Berhati - hatilah saat melakukan perawatan wajah di area ini terutama ketika menerapkan riasan atau memakai lensa kontak. Lakukan dengan lembut untuk mencegah penuaan kulit.

3. Kurang Tidur

Tanpa perlu perawatan wajah yang mahal, Anda bisa tampil awet muda dengan memenuhi jam tidur normal sepanjang malam selama 7 – 8 jam. Hal ini karena regenerasi sel kulit terjadi saat malam hari, membantu Anda tampil muda dan segar di pagi hari.

 

 Humphrey Serum Vit C Collagen Plus, Rp 75.000,- ; Beli di sini

4. Sering Tidur Miring

Untuk ibu hamil mungkin tidur miring sangat nyaman, namun siapa sangka hal ini justru bisa memperburuk kulit. Bukan tanpa alasan, tidur miring akan membuat wajah tertekan ke bantal dan menyebabkan keriput.

Karena itu sebaiknya mulai sekarang Anda membiasakan diri untuk tidur dengan posisi telentang guna mengurangi kerutan di wajah dari waktu ke waktu.

5. Sering Memakai Sedotan

Minum soda, teh dan kopi memakai sedotan? Hal ini mungkin sudah menjadi kebiasaan atau Anda merasa minum dengan sedotan lebih rapi dan tidak merusak riasan bibir.

Namun hati-hati, kebiasaan tersebut tanpa diduga justru bisa menimbulkan garis-garis halus di sekitar mulut dan akhirnya menjadi tanda penuaan dini.

6. Produk Anti Keriput yang Tidak Sesuai

Banyak pembersih wajah yang dilengkapi anti aging, sayangnya produk ini tidak memberikan hasil signifikan dan hanya membuang uang. Tetap pilih krim anti-penuaan, serum dan krim yang bisa menembus lapisan terdalam kulit.

Jika Anda masih ragu, sebaiknya konsultasikan masalah pemilihan produk krim anti aging ke dokter agar mendapat saran yang benar dan tepat.

Baca juga: Eksfoliasi Kulit? Kenapa Tidak?

7. Stres 24/7

Hormon stres yaitu kortisol bisa memecah kolagen yang membuat kulit kendur dan keriput. Cegah stres dengan melakukan yoga, olahraga atau cukup tidur 7-8 sepanjang malam.

8. Memakai Makeup sebagai Sunscreen

Make up tidak mampu menangkal sinar UVA yang menyebabkan garis-garis halus, bintik – bintik cokelat, pori-pori membesar dan kerutan. Sebelum merias, terapkan sunblock kulit pada wajah, baru kenakan make up.

9. Berfokus Hanya pada Keriput

Kerutan bukan satu-satunya tanda penuaan kulit. Warna kulit tidak merata, bintik gelap juga membuat kulit tampak menua.

 

 Nuface Prominent Essence Masker Gold Cocoon, Rp 20.900,- ; Beli di sini

10. Mengabaikan Leher dan Tangan

Sayangnya, banyak yang hanya menerapkan krim anti penuaan di wajah saja. Oleskan krim anti penuaan di leher dan punggung tangan untuk mencegah penuaan dini. Lalu, terapkan juga sunblock kulit di area leher dan tangan.

11. Melupakan Kacamata

Kacamata hitam memang lebih sering digunakan saat sedang berwisata ke pantai atau daerah dengan sinar matahari menyengat. Padahal penggunaan kacamata hitam untuk kegiatan sehari-hari tidak kalah penting lho.

Cegah paparan sinar matahari yang kerap memecah kolagen di kulit tipis area mata dengan kacamata anti UV-A dan UV-B. Hal ini akan membantu mengurangi timbulnya garis halus di sekitar mata. 

12. Menggunakan Sabun Berformula Keras

Sabun yang formulanya terlalu keras dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik. Karena itu, pilih sabun pencuci wajah yang mengandung pelembab tinggi dan minum banyak air mineral agar kulit selalu terhidrasi.


Nah, itu dia 12 kebiasaan yang masih sering dilakukan kebanyakan pria atau wanita hingga membuat kulit wajah terlihat lebih tua. Agar kulit senantiasa awet muda jangan lupa tetap berolahraga, dan ikuti tips-tips di atas ya.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi