FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

7 Buah yang Harus Dikonsumsi saat Puasa

Untuk mengganti asupan air dan vitamin yang berkurang selama puasa, mengonsumsi makanan sehat seperti buah menjadi hal yang wajib Anda lakukan. Tapi tidak sembarang buah ada jenis buah tertentu yang perlu lebih banyak dikonsumsi karena kandungannya yang baik selama puasa.

 7 Buah yang Harus Dikonsumsi saat Puasa

MENJAGA tubuh sehat dan bugar selama berpuasa ternyata tidak sulit. Selain rutin menjaga asupan nutrisi, mengonsumsi suplemen kesehatan, ada juga beberapa tips puasa yang perlu diperhatikan.

Sesuai anjuran para pakar kesehatan dan sunnah ajaran Islam, sebaiknya saat berbuka puasa mengonsumsi kurma dan segelas air putih. Selain itu, pilihlah makanan yang manis mengandung gula alami.

Tentu saja, hal ini bisa diperoleh dari asupan buah-buahan segar dan manis. Nah, buah apa saja yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa? Berikut ini informasinya..

1. Buah Pepaya

Menyebut buah pepaya, kebanyakan orang akan langsung mengingat tips puasa untuk melancarkan pencernaan. Pasalnya, buah pepaya mengandung senyawa papain yang berfungsi membersihkan usus dari kuman penyakit. Pencernaan lancar, tubuh sehat dan bugar akan menambah semangat berpuasa.

2. Buah Semangka

Dalam buah yang berwarna merah menggoda ini, ternyata ada banyak suplemen kesehatan alamiah untuk tubuh. Sebut saja vitamin, mineral dan anti-oksidan yang mencegah kanker.

Sebagai menu pembuka, buah semangka akan menyegarkan tenggorokan dengan kandungan air dan serat. Kulit pun akan terjaga kecantikannya dengan kandungan Lycopene dalam buah semangka.

Kinohimitsu J'pan Beauty Drink Collagen, Rp 351.000,- ; Beli di sini

3. Buah Apel

Pakar kesehatan memberikan tips puasa sederhana dengan mengonsumsi buah apel untuk mencegah keinginan makan yang berlebihan. Buah apel yang kaya serat, mineral dan vitamin sangat bagus dikonsumsi saat berpuasa agar tak mudah lapar.

4. Buah Alpukat

Banyak orang di seluruh dunia mengidolakan buah alpukat yang kaya kandungan lemak nabati alami. Lemak sehat dalam buah alpukat dapat memulihkan energi secara bertahap setelah berpuasa seharian.

Alpukat juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga bisa mengerem keinginan makan berlebihan. Memilih buah alpukat sebagai buah-buahan pembuka saat bersantap buka puasa akan menjaga diri agar tidak makan berlebihan.

Sehingga Anda tetap bisa menjalankan ibadah sunah seperti shalat tarawih atau mengaji tanpa diganggu rasa kantuk akibat kekenyangan.

Baca juga: Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

5. Buah Anggur

Rasa segar dan manis dari buah anggur bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa dengan bertahap. Gula alami buah anggur juga tidak akan menaikkan kadar gula darah secara drastis, sehingga penderita diabetes masih bisa mengonsumsinya.

Anggur juga termasuk buah-buahan yang mudah dicerna dengan kadar air dan serat yang cukup tinggi. Bonusnya, Anda akan terhindar dari masalah sembelit atau konstipasi.

6. Buah Pisang

Setiap orang sudah sepatutnya menghidangkan buah pisang di atas meja makan selama santap buka puasa. Pasalnya, buah pisang yang tinggi kalium sangat baik untuk mengembalikan energi dan stamina tubuh setelah seharian berpuasa.

Buah pisang sebaiknya dikonsumsi segar agar lebih sehat. Dikhawatirkan jika dibuat kolak atau mengalami proses pemanasan suhu bisa menghilangkan nutrisi di dalamnya.

Nutrimax Vitamin E 400 IU Water Soluble, Rp 200.000,- ; Beli di sini

7. Buah Melon

Buah yang bentuknya bulat seperti semangka ini rasanya manis dan legit. Kandungan air dan seratnya juga cukup tinggi, sehingga cocok untuk hidangan pembuka.

Rasa manis alaminya mampu membantu Anda cepat memulihkan stamina dan energi tubuh yang lelah setelah berpuasa sepanjang hari. Biasakan untuk menyantap buah melon segar tanpa dicampur es atau sirup manis buatan.

Hal ini karena buah melon sudah mengandung gula alami yang bisa dicerna tubuh dengan mudah dan tidak meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan.

 

 

Alangkah baiknya, jika mengganti menu takjil seperti gorengan atau minuman es sirup terlalu manis dengan buah-buahan segar dan manis alami. Selain itu, jaga asupan menu dengan nutrisi seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin dan mineral agar tubuh sehat dan bugar. Selamat berpuasa.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi