Advertisement
Advertisement

6 Manfaat Bunga Bagi Kesehatan Mental

Banyaknya tekanan dan permasalahan dalam hidup seringkali membuat Anda merasa stres. Jangan diabaikan, stres harus dihilangkan agar kesehatan mental tetap terjaga dan hidup Anda lebih bahagia. Untuk mengatasinya, selain dengan melakukan liburan sejenak melihat bunga nyatanya juga dapat mengurangi stres dan membuat Anda lebih bahagia. 

6 Manfaat Bunga Bagi Kesehatan Mental

BUNGA sebagai dekorasi rumah memang dapat membuat ruangan terasa lebih tenang dan sejuk. Tidak hanya itu, ruangan yang diletakan bunga juga akan membuat Anda merasakan energi positif sehingga merasa bahagia. 

Tapi ternyata tidak hanya mampu membuat ruangan menjadi lebih nyaman, bunga juga mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan mental Anda lho. Hal ini tentu penting karena mental yang sehat akan membuat hidup Anda terasa lebih bahagia.

Lalu bagaimana cara bunga mampu mempengaruhi kesehatan mental Anda? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

 

1. Bunga memberikan kebahagian bagi sang penerima

Ketika menyatakan perasaan atau membuat kejutan pada orang-orang tersayang dengan memberikan buket bunga yang indah, coba perhatikan ekspresi wajah mereka. Nah, tentu Anda akan melihat senyum bahagia terpancar dari wajah mereka. Ya, bukan tanpa sebab, mendapatkan buket bunga cantik akan membuat seseorang menjadi bahagia.

Bunga akan membawa emosi si pemberi pada penerima sehingga kegembiraan, rasa syukur atau terkejut akan muncul pada raut wajah mereka. Hal tersebut tentu menyenangkan karena Anda bisa memberikan kebahagiaan pada seseorang  hanya dengan memberikan rangkaian bunga cantik. 

White Radiance Hand Tied, Rp 345.000,- ; Beli di sini

2. Berada di sekitar bunga membantu Anda lebih bahagia

Penelitian menunjukkan bahwa tempat terbaik untuk meletakkan bunga berada di dapur atau kamar mandi, yang mana banyak orang akan melewati dan melihat bunga tersebut. 

Dengan meletakan bunga sebagai dekorasi rumah atau kamar tidur, kesehetan mental Anda bisa lebih baik karena mood akan lebih baik saat melihat bunga di pagi hari. 

3. Memberi bunga membawa kebahagiaan bagi diri sendiri

Selain membuat bahagia penerima bunga, ternyata kebahagiaan juga akan dirasakan oleh pemberi bunga lho, karena, memberikan bunga akan membantu membangun persepsi positif orang lain terhadap Anda.

Pemberi hadiah bunga biasanya dianggap memiliki pribadi yang cerdas, peduli dan sukses dibandingkan yang memberikan hadiah lainnya. Bunga juga dipandang sebagai hadiah yang memiliki emosional yang bijaksana serta menunjukkan kebaikan dan rasa simpati terhadap orang lain.

Selain memberikan bunga untuk orang lain, Anda juga dapat pergi ke toko bunga dan membeli karangan bunga cantik untuk diri sendiri agar timbul perasaan yang positif. 

Baca juga: 8 Jenis Bunga yang Tepat untuk Valentine

4. Bunga mempermudah hubungan antar manusia

Dengan meletakkan bunga sebagai dekorasi rumah, tamu yang datang ke rumah Anda secara otomatis akan melihatnya sebagai simbol keramahan dan kehangatan tuan rumah. Dengan demikian, suasana yang tercipta dalam berkomunikasi juga akan lebih cepat mencair sehingga mempermudah dalam membangun hubungan dengan orang lain. 

5. Bunga memiliki dampak positif bagi orang sakit

Pada umumnya seseorang akan memberikan buket bunga ketika menjenguk sahabat maupun kerabat yang sedang sakit. Tidak hanya dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk, bunga yang Anda berikan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental pasien. 

Bunga dapat memberikan energi positif dan dorongan semangat untuk lekas sembuh bgai pasien. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian bunga kepada orang sakit akan membantu pemulihan dan memunculkan perasaan yang jauh lebih baik serta semangat tinggi untuk sembuh.

Simply Pink Rose and Lily, Rp 345.000,- ; Beli di sini

6. Bunga yang diletakkan di ruang kerja dapat mendatangkan ide

Bekerja di sekitar area yang memiliki bunga maupun tanaman hias ternyata bisa membuat Anda lebih produktif dalam bekerja. Dengan bunga, Anda akan merasa rileks dan nyaman ketika menghadapi hari yang cukup sibuk dan berat. 

Menurut penelitian, pria mampu menghasilkan 30% lebih banyak ide di kantor ketika melihat bunga, dibandingkan dengan kantor yang tidak ada bunga maupun tumbuhan di sekitarnya.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi