FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Menjemput Rezeki 2019 dengan menjadi Reseller AsmaraKu... Click Here
Advertisement
Advertisement

6 Jenis Maternity Bra dan Kegunaannya

Dalam masa kehamilan dan menyusui, pemakaian maternity sangatlah penting. Bukan tanpa alasan, seiring dengan perubahan bentuk tubuh ibu, maternity underwear menjadi penolong agar payudara dapat tertopang dan tubuh merasa lebih nyaman.

6 Jenis Maternity Bra dan Kegunaannya

SETELAH melahirkan setiap ibu tentu ingin menyusui bayinya. Namun, tak bisa dipungkiri karena takut bentuk payudara tak lagi indah akhirnya banyak ibu yang merasa kurang yakin dalam menyusui.

Padahal selain dengan perawatan payudara, untuk menjaga bentuk buah dada tetaap kencang dan menarik, Anda bisa lho menggunakan maternity bra yang akan membuat tubuh lebih nyaman selama hamil dan menyusui.

Nah, agar tidak penasaran, berikut pembahasan selengkapnya mengenai kegunaan dan jenis maternity bra yang harus Anda ketahui. 

Kegunaan Maternity Bra

Sudah jelas, bra menyusui memang dirancang khusus untuk ibu yang sedang memberikan ASI Eksklusif bagi si kecil. Bra ini memiliki kegunaan ganda. Yaitu memberikan dukungan yang baik terhadap bentuk payudara.

Selain itu bra ini juga akan memberikan kemudahan bagi sang ibu saat akan menyusui si kecil. Biasanya terdapat kancing yang dapat dengan mudah dibuka atau ditutup kembali selama proses menyusui.

Manfaat memakai Maternity Bra

  1. Menopang payudara dengan baik agar tidak “menggantung” atau menimbulkan stretch mark;
  2. Lebih nyaman saat menyusui karena tidak perlu melepas bra;
  3. Tak perlu melepas bra di malam hari. Hal ini menghindari stagnasi ASI yang membuat kelenjar susu tersumbat bila ibu tertidur dalam posisi yang tak nyaman.
  4. Maternity Bra dapat diberikan tampon ASI agar tidak berceceran ke tempat tidur/ kasur.
  5. Maternity Bra meringankan rasa sakit saat menyusui dan mencegah mastitis.

 Cynthia Sweet Polkadots Nursing Bra , Rp 104.000,- ; Beli di sini

6 Jenis Maternity Bra

Ada beberapa jenis maternity bra yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ibu saat menyusui buah hati, berikut 6 di antaranya:

1. Maternity bra dengan gesper di antara cup

Kegunaan: lebih cepat dan nyaman membuka kancing. Memungkinkan ibu menyusui untuk menyesuaikan ukuran panjang dan pendek tali serta posisi pengencang maternity bra.

2. Maternity bra dengan ritsleting

Maternity bra jenis ini memiliki ciri khas risleting yang terletak di tengah-tengah cup. Sementara itu pada masing-masing sisi buah dada terdapat celah yang dapat digunakan untuk meletakan alat pumping ASI.

Kelebihan dari bra jenis ini adalah mampu menutupi seluruh bagian payudara dan membuat Anda sangat nyaman ketika memompa ASI dengan bantuan alat.

 Eve Hands Free Pumping Bra, Rp 385.400,- ; Beli di sini

3. Maternity bra dengan pengikat tali dalam bentuk kancing di antara cup

Kegunaan: Mudah dipakai dan memungkinkan ibu untuk bebas membuka atau menutup bagian cup saat menyusui. Maternity bra jenis bra ini lebih baik dibandingkan jenis sebelumnya yang hanya membuka di sekitar puting saja.

Jenis maternity bra ini juga membuat Anda para ibu lebih mudah dalam menyesuaikan tingkat kekencangan bra karena bra ini memiliki tali pengencang yang terletak khusus di bagian payudara.

4. Maternity bra elastis

Sesuai dengan namanya, bra ini terbuat dari bahan yang sangat elastis sehingga Anda dapat dengan mudah menarik tali pengencang untuk membuat payudara terlihat lebih seksi.

Sementara itu bahannya yang elastis membuat Anda lebih nyaman mengenakannya saat payudara membesar akibat ASI. Meski demikian, dibanding jenis lain, bra ini memang terlihat kurang stylish.

Baca juga: Buat Puasa saat Menyusui Lebih Mudah dengan 5 Hal Ini

5. Maternity bra untuk tidur

Tidak hanya piyama yang dibuat khusus demi kenyamanan istirahat., tetapi maternity bra juga ada yang dibuat untuk meningkatkan kenyamanan tidur ibu menyusui.

Bra jenis ini terbuat dari bahan yang ringan dan memiliki ciri khas pola konfigurasi silang di bagian depan bra sehingga membuat Anda nyaman saat tidur sekaligus nyaman untuk menyusui ketika si kecil mendadak bangun di malam hari. 

6. Korset menyusui


Jenis maternity bra selanjutnya adalah jenis korset. Atasan ini sengaja dirancang seperti perpaduan antara korset dan tank top dengan bagian bawah sebatas pangkal paha.

Memberikan kenyamanan dan dukungan untuk payudara karena dibuat tanpa jahitan dan membentuk tubuh bagian atas sehingga ibu menyusui akan tampak lebih sintal dan kencang. Selain itu, di bagian punggung juga akan terlihat lebih tegak dan nyaman.

Pada sisi cup payudara dibuat dari bahan elastis dan bisa dikancingkan atau dibuka tutup dengan mudah. Tali bra juga dibuat lebar sehingga payudara akan ditopang dengan baik.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membeli maternity bra?

Pada dasarnya, dalam memilih jenis maternity bra sebaiknya disesuaikan dengan ukuran payudara. Selain itu, pastikan Anda bisa dengan mudah menutup atau membuka payudara ketika mungkin harus menyusui si kecil di tempat umum.

Pilih bra dengan gesper yang bahkan bisa dibuka dengan satu tangan tanpa harus melihat. Sementara itu beli 3 – 4 maternity bra untuk dipakai sebagai persediaan selama 2 tahun masa menyusui.

Jangan lupa terus mengonsumsi suplemen menyusui agar memperlancar proses ASI Eksklusif bagi si kecil, ya Bunda.  

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi