6 Cara Anti Gagal Memilih Parfum Pria Sesuai Karakter

Penampilan rapi dan wajah yang bersih memang dapat memikat perhatian banyak wanita. Tapi ingat baik-baik, semua itu akan luntur jika Anda memiliki bau badan tidak sedap. Untuk itu, pakailah parfum dengan aroma yang tepat sesuai dengan karakter Anda agar tampil ganteng maksimal. 

6 Cara Anti Gagal Memilih Parfum Pria Sesuai Karakter

UNTUNGNYA, tak harus mahal untuk memiliki tubuh wangi dan segar. Anda bisa kok membeli parfum pria murah. Yang harus dipahami sekarang adalah bagaimana caranya memilih parfum sesuai karakter itu? Dan mengapa tak semua parfum pria murah, apa perbedaannya dengan yang mahal? Apa pula arti dari label “eau de cologne” dan “eau de toilette”? Untuk tahu jawaban dari semua pertanyaan tadi, jawab dulu 5 pertanyaan dari pakar parfum Givaudan, Yann Vasnier, berikut ini:

1. Apa kesan yang diberikannya?

Sebelum pergi membeli parfum, coba pikirkan lebih dulu tentang kesan apa yang Anda inginkan dari parfum tersebut. Apakah kepribadian Anda tergolong serius sehingga hanya ingin tampil lebih rileks saja atau ingin menampilkan kesan santai dan ceria?

Untuk kesan santai, Anda bisa mencoba aroma sitrus (jeruk-jerukan) atau floral. Atau jika ingin tetap tampil serius saat pergi ke kantor, pilihlah aroma yang lebih intens seperti berbahan dasar rempah-rempah atau kayu-kayuan.

Intinya, bila Anda tahu kesan apa yang diinginkan dari parfum tersebut, maka akan lebih mudah saat memilih jenisnya nanti.

2. Berapa lama aroma tersebut Anda harapkan dapat bertahan?

Walau ada begitu banyak merk parfum di luar sana, namun umumnya semua terbagi menjadi 3 jenis saja:

  • Eau de cologne – ketahanan aromanya di bawah eau de toilette, paling murah
  • Eau de toilette – ketahanannya di bawah eau de parfum, lebih mahal
  • Eau de parfum – aromanya bisa bertahan hingga 8 jam, paling mahal karena konsentrasi bahannya paling tinggi

Bvlgari Man Extreme, Rp 780.000,- ; Beli di sini

3.Berapa budgetnya?

Oke, Anda sudah paham bahwa jenis eau de parfum bisa membuat tubuh wangi dan segar dalam waktu lama. Masalahnya sekarang, berapa budget yang bersedia Anda keluarkan untuk membelinya?! Harga setiap produk tentu berbeda karena tergantung dari banyak faktor seperti kualitas bahan yang dipakai, kemasannya, tingkat kerumitan saat membuatnya, dll.

4.Golongan parfum mana yang terbaik untuk Anda?

Coba pilih kira-kira golongan parfum mana  yang paling cocok untuk Anda (diurutkan berdasarkan yang paling ringan hingga berat):

  • Sitrus
  • Fougere (pakis)
  • Bunga
  • Chypre (Cyprus – umumnya dari Timur Tengah)
  • Oriental
  • Leather

Cara terbaik untuk mencari yang cocok dengan Anda adalah dengan terus menciumi aromanya dan bereksperimen. Dan kalau ada lebih dari 1 golongan yang Anda sukai, maka pakailah itu bergantian (tergantung dari sikonnya). Contoh, aroma ringan dan segar ketika musim panas atau siang, dan yang lebih intens saat malam.

Baca juga: Cara Menyimpan Parfum yang Benar

5.Apa beda antara top, middle, base notes?

Dalam sebuah produk parfum umumnya memuat beberapa bahan yang terbagi menjadi 3 tingkatan: top, middle, base.

  • Top notes – yang paling ringan dan mudah menguap, aroma ini biasanya yang kita hirup pertama kali saat parfum disemprotkan.
  • Middle notes – disebut juga heart notes, bahan utama dalam produk parfum. Umumnya dari bunga seperti mawar.
  • Base notes – bahan yang membuat aroma parfum tahan lama di kulit.

Calvin Klein Truth Men, Rp 412.000,- ; Beli di sini

Dari semua notes yang disebutkan tadi, pusatkan perhatian pada middle notes karena inilah yang menjadi signature parfum tersebut.

6.Seberapa sering Anda harus membeli parfum baru?

Poin ini sebenarnya tergantung dari karakter aromanya. Untuk aroma sitrus misalnya, biasanya lebih rapuh. Lain halnya dengan aroma oriental dan kulit yang umumnya lebih awet. Yang pasti, apapun aromanya, simpanlah parfum di tempat sejuk dan gelap agar aromanya tahan lama.

Pilihlah juga parfum yang dikemas dalam botol buram/ gelap ketimbang bening, karena kemasan transparan berisiko lebih tinggi terkena paparan sinar matahari langsung.

 

Jadi berdasarkan beberapa pertanyaan tadi, biarkan pakar parfum di toko membantu Anda dalam memilih produk yang terbaik. Selamat berbelanja!

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait