Pre-Order Bunga Hari Ibu: 14 - 21 Desember | Limited Slot!
Advertisement
Advertisement

5 Makanan Bernutrisi untuk Anda yang Ingin Cepat Hamil

Jika Anda ingin cepat hamil, sudahkah Anda menyusun program hamil sukses dengan bahan makanan yang tepat?

BERBEDA dari faktor kesuburan wanita lainnya yang tidak bisa diatur seperti umur dan genetik, satu satunya hal yang dapat Anda kontrol adalah asupan makanan.

Bagi Anda dan pasangan yang sudah tidak sabar menantikan buah hati, berikut beberapa jenis makanan kesuburan yang dapat dimasukkan dalam asupan sehari-hari Anda :

1.Buah dan Sayuran

Untuk pola makan yang dapat meningkatkan kualitas indung telur Anda, perbanyak makan buah dan sayuran.

Contoh yang baik untuk dikonsumsi saat ingin cepat hamil adalah semangka dan asparagus, karena memberi banyak zat glutathione yang meningkatkan kualitas indung telur Anda.

Sayuran kale juga merupakan makanan kesuburan yang baik karena meningkatkan metabolisme esterogen yang meningkatkan kemungkinan untuk terjadinya pembuahan.

Dalam memilih sayuran, sayuran berwarna hijau gelap juga dikatakan dapat meningkatkan kesuburan wanita karena mengandung zat besi dan asam folik dalam tubuh.

Tambahkan dengan suplemen vitamin prenatal dan Anda akan mendapat seluruh vitamin yang dibutuhkan

2. Lemak Nabati

Kacang-kacangan adalah makanan kesuburan yang baik. Ini karena kacang-kacangan memiliki tingkat lemak nabati yang baik untuk tubuh.

Selain kacang, alpukat, minyak zaitun, dan minyak grapeseed juga merupakan sumber lemak nabati yang tinggi.

Penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi lemak nabati di masa prenatal nya mempunyai tingkat kesuksesan hamil tiga kali lebih daripada yang tidak. 

Jangan lupa untuk menghindari semua lemak trans atau lemak jahat lainnya. Lemak yang ditemukan dalam makanan kemasan, produk binatang, kentang goreng, dan beberapa mentega ini malah dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang dapat mengangu proses ovulasi.

3. Karbohidrat Kompleks

Mulailah mengkonsumsi karbohidrat kompleks disbanding yang sudah diolah. Makanan yang tidak mengandung karbohidrat kompleks contohnya adalah kue, biskuit, roti tawar putih, dan nasi putih.

Karena cepat dicerna tubuh, makanan ini langsung berubah menjadi gula darah. Karena gula darah yang banyak dalam darah, tubuh harus melepas insulin, padahal banyaknya insulin akan menganggu proses ovulasi.

Gantilah makanan Anda dengan karbohidrat kompleks seperti buah, sayuran, gandum utuh, kacang, dan nasi merah. Makanan ini lebih lama diproses tubuh sehingga tidak banyak insulin yang akan dikeluarkan tubuh dalam satu waktu, melainkan secara bertahap.

 

Baca Juga : Amankah Pakai Tisu Magic ketika Istri Sedang Hamil?

 

4. Protein

Konsumsi daging merah. Ikan, ayam, daging kalkun, atau bahkan daging sapi namun yang sudah dibuang lemaknya yang dapat menjadi sumber baik untuk protein dan zat besi yang penting untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Untuk ikan, Anda dapat mengkonsumsi salmon, tuna, dan sarden. Ketiga jenis ikan ini mengandung banyak DHA dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu perkembangan syaraf bayi, dan bahkan mengurangi kemungkinan adanya kelahiran prematur.

Telur juga dapat menjadi sumber protein yang baik karena kuning telurnya memiliki protein dan kolin, vitamin yang dapat membantu pembentukan otak bayi. Selain itu, sama dengan lemak, pilihlah protein nabati seperti dari kacang, biji-bijian, dan tofu, yang rendah kalori dan lemak baik.

5. Produk Susu

Konsumsilah satu sampai dua gelas susu murni, atau produk susu lainnya seperti yogurt.

Pilihlah produk susu yang tinggi lemak, karena malah dengan rendahnya lemak susu, akan mempersulit kemungkinan hamil dengan ketidak-suburan indung telur.

Selain kesuburan, bakteri probiotik dalam produk susu ini dapat meningkatkan kesehatan anak Anda nantinya.

Berbeda dengan sang ibu, para suami harus menghindari produk susu karena dapat menganggu produksi dan konsentrasi sperma.

Selain lima produk makanan yang baik Anda konsumsi untuk mempercepat proses kehamilan, ingatlah untuk menjauhi kacang kedelai dan segala produk kemasannya seperti energy bar atau bubuk kedelai.

Ini karena kedelai yang sudah diproses memiliki kandungan zat yang meniru esterogen dan dapat menganggu level hormon. Terutama bagi suami harus menghindari kedelai karena menganggu level testosteron.

Jauhi juga konsumsi kafein dan minuman beralkohol, serta jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemen kesuburan wanita secara reguler sesuai saran dokter.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi