FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Promo] 5% Cashback untuk pembayaran dgn OVO
Advertisement
Advertisement

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Gym

Untuk membentuk massa otot atau mendapatkan tubuh yang ideal, banyak orang mulai berlomba-lomba pergi ke tempat gym. Namun tidak seperti olahraga biasa, sebelum nge-gym ada beberapa hal khusus yang perlu Anda lakukan. 

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Gym

NGE-GYM merupakan aktivitas fisik yang membawa berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat nge-gym sendiri tak hanya membuat tubuh sehat dan bugar, tetapi juga turut berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang.

Selain itu, olahraga di tempat gym juga memberikan peluang bagi Anda mendapatkan teman untuk saling memotivasi dalam berolahraga, terutama adanya kelas-kelas latihan khusus.

Namun, tak semua orang tahu apa yang harus dipersiapkan sebelum memulai gym. Agar waktu dan uang Anda tak sia-sia, sebaiknya Anda mengetahui apa saja persiapan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagi Anda yang ingin berolahraga khususnya gym secara teratur, ada beberapa gym tips penting yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda memulai gym tanpa mengikuti aturan yang tepat dan justru malah membuat kondisi tubuh Anda nge drop.

1 Jam Sebelumnya, Makan yang Benar

Jika Anda ingin nge-gym di pagi hari, pastikan perut Anda sudah terisi. Jangan biarkan perut Anda dalam keadaan kosong karena tubuh memerlukan asupan energi setelah semalaman bekerja keras mendetoks racun di dalam tubuh.

Maka dari itu, makanlah sedikit agar Anda mendapat tenaga untuk melakukan berbagai latihan di tempat gym. Sebab, olahraga saat perut Anda kosong hanya akan membuat massa otot hilang karena digunakan untuk energi.

Isilah perut Anda satu jam sebelumnya untuk mendapatkan energi dengan memakan sereal, sandwich atau yoghurt.

Tulip By Showy The Player Full Sport Bra, Rp 119.000,- ; Beli di sini

2. Menggunakan Pakaian yang Tepat

Meskipun bahan katun sangat nyaman digunakan dan mudah menyerap keringat. Namun ternyata, katun bukan pilihan yang tepat untuk dipakai nge-gym.

Ketika mulai berkeringat, pakaian Anda akan menjadi basah dan cenderung dapat membuat kulit lembab sehingga bisa menyebabkan timbulnya jamur pada setiap lipatan tubuh.

Sebaiknya gunakan pakaian yang telah didesain khusus untuk berolahraga demi mendapatkan kenyamanan ketika Anda melakukan gerakan-gerakan olahraga.

3. 10 Menit Sebelumnya, Lakukan Pemanasan

Hal yang harus dilakukan sebelum nge-gym selanjutnya adalah pemanasan. Langsung latihan tanpa pemanasan bisa meningkatkan risiko cedera apalagi jika Anda sudah cukup lama tidak melakukan aktivitas fisik.

Paling tidak, siapkan waktu minimal lima menit untuk melakukan pemanasan sebelum Anda melakukan latihan di tempat gym. Anda bisa melakukan pemanasan dengan berjalan, squat atau lari-lari kecil.

Dengan melakukan pemanasan tersebut, tubuh tidak akan kaget, lebih siap untuk menerima gerakan selanjutnya yang lebih kompleks dan badan terasa lebih nyaman.

Baca juga: Alat Fitness Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

4. Jangan Melakukan Latihan Kardio di Awal Latihan

Gym tips selanjutnya adalah jangan langsung melakukan olahraga berat seperti olahraga kardio, berlari di atas treadmill maupun angkat beban, karena latihan tersebut dapat menurunkan stamina Anda.

Lakukanlah olahraga yang lebih ringan terlebih dahulu untuk memulai aktivitas gym Anda. Mengikuti proses step by step saat berada di tempat gym sangat penting, karena olahraga pun tak bisa sembarangan apabila Anda ingin mendapatkan tubuh yang ideal.  

Muscle Tech Performance Series Mass, Rp 1.033.800,- ; Beli di sini

5. Jangan Menggunakan Suplemen Kesehatan Berlebihan

Untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar banyak orang justru lebih banyak mengonsumsi suplemen kesehatan atau suplemen fitness dengan harapan massa otot akan cepat terbentuk.

Sayangnya anggapan tersebut salah. Suplemen fitness tersebut hanya berguna sebagai bantuan tambahan dari latihan Anda. Tanpa latihan yang benar dan cukup maka manfaat suplemen tadi tidak akan ada hasilnya. 

Sebaiknya konsumsi suplemen sesuai dengan takaran dan petunjuk penggunaan yang telah dianjurkan. Jangan berlebihan karena justru akan menjadi racun di tubuh Anda.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi