FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

7 Buah Wajib untuk Menu Buka dan Sahur

Selain mencukupkan tubuh dengan asupan karbohidrat, protein, dan serat saat puasa, Anda tidak boleh melupakan vitamin yang diperlukan tubuh. Tidak susah mendapatkannya, beberapa jenis buah berikut bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin saat puasa.

7 Buah Wajib untuk Menu Buka dan Sahur

MENJAGA tubuh sehat dan bugar selama bulan Ramadhan adalah hal yang wajib Anda lakukan. Bukan tanpa alasan, tubuh yang berpuasa selama kurang lebih 14 jam membutuhkan asupan gizi seimbang agar tidak cepat lemas.

Karena itu, memiliki pola makan sehat dan seimbang saat sahur dan berbuka menjadi hal yang sangat penting. Ingat jangan hanya makan berdasarkan kuantitas, tapi perhatikan juga kualitas makanannya.

Tidak hanya mencukupi gizi dengan mengonsumsi banyak karbohidrat dan protein, Anda juga harus memperhatikan asupan vitamin yang masuk ke tubuh. Selain dengan multivitamin, konsumsi buah segar bisa menjadi cara menambah asupan vitamin.

Namun jangan sembarang memilih buah, pilihlah 8 buah rekomendasi berikut untuk menemani menu sahur dan berbuka Anda selama bulan Ramadhan. 

1. Pisang

Buah pertama yang bisa jadi 'kesayangan' Anda selama Ramadhan ini adalah Pisang. Buah berarna kuning ini dikenal akan kadar potasiumnya yang tinggi, sehingga cocok dijadikan menu sarapan sahur.

Kandungan vitamin A, B1, B2, dan C yang dimiliki pisang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung. Selain itu, pisang juga dapat membantu menyeimbangkan kadar air dalam tubuh.

2. Pepaya

Pepaya kaya akan provitamin A dan vitamin C, yang berguna untuk menguraikan serat makanan di dalam sistem pencernaan agar melancarkan saluran pencernaan.

Tidak mengherankan jika orang yang berpuasa sering mengalami sembelit, pepaya akan jadi buah yang cocok untuk dikonsumsi agar buang air besar tetap lancar.

Frutablend, Rp 187.200,- ; Beli di sini

3. Apel

Buah selanjutnya yang harus ada pada menu berbuka dan sahur Anda adalah apel. Apel mengandung vitamin A, B, dan C, yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah serta mengatasi nafsu makan, yang biasanya terlalu besar walaupun sedang melakukan ibadah puasa.

4. Stroberi

Untuk menjaga daya tahan tubuh, stroberi adalah pilihan buah yang cocok untuk dikonsumsi.Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, B, B1, dan C, dimana kandungan tersebut dapat membantu tubuh untuk melawan zat radikal bebas.

Baca juga: 5 Tips Kulit Sehat Selama Ramadhan

5. Mangga

Diperkaya vitamin A, C, dan E, buah manga baik dikonsumsi selama berpuasa di bulan Ramadhan karena khasiatnya untuk membantu membersihkan darah. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolah mangga menjadi jus yang baik untuk mencegah dehidrasi.

6. Jeruk

Kandungan vitamin A, B1, B2, dan C yang dimiliki jeruk juga diperkaya dengan zat anti kanker yang tentunya bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, jeruk dapat membantu menjaga dan merangsang kekebalan tubuh serta membersihkan lendir dari tenggorokan maupun rongga hidung.

Serambi Botani Madu Herbal Plus, Rp 79.000,- ; Beli di sini

7. Belimbing

Sama seperti pepaya, belimbing juga kaya akan provitamin A dan vitamin C, sehingga baik dikonsumsi untuk memperlancar buang air besar termasuk saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, belimbing juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol di dalam tubuh manusia. Wah banyak juga ya manfaatnya!

8. Blewah

Blewah memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu, rasa manis yang dimiliki blewah berfungsi untuk mempermudah proses penyerapan di usus karena kecenderungan untuk makan tergesa-gesa.

Karenanya, makanan yang kita santap sering kali tidak diserap dengan baik oleh usus. Mengonsumsi blewah juga dapat menyerap endapan obat-obatan, zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh, makanan yang mengandung banyak bumbu, serta mengatasi rasa mual yang diakibatkan stres.

 

Dalam memilih buah-buahan untuk dikonsumsi selama berpuasa di bulan Ramadhan, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan kondisi kesehatan seperti misalnya memiliki masalah lambung.

Kalau begitu, ada baiknya Anda menghindari mangga, belimbing, dan jeruk yang belum terlalu matang sehingga rasanya asam dan dapat membuat lambung terasa perih. 

Sementara selain mengonsumsi makanan yang bergizi dan buah, Anda juga bisa menambahkan suplemen kesehatan untuk membantu daya tahan tubuh. 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi