We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

5 Tips Kulit Sehat Selama Ramadhan

Berkurangnya nutrisi karena puasa bukan menjadi alasan kulit jadi tidak sehat dan kusam lho. Dengan perawatan yang tepat, Anda tetap bisa membuat kulit tetap sehat bercahaya saat Ramadhan. 

5 Tips Kulit Sehat Selama Ramadhan

PADA bulan Ramadhan, umat Muslim mengganti pola waktu makannya. Perubahan pola waktu makan ini secara tidak sadar berdampak pada kelembaban dan elastisitas kulit, membuat kulit terlihat kusam, dan nampak lelah.

Ketika berpuasa, kulit Anda tidak harus berpuasa juga. Puasa bukan berarti Anda menjadi malas-malasan dan tidak memperhatikan asupan nutrisi yang baik untuk kulit, lho. Berikan wajah Anda perawatan kulit agar tetap segar selama Ramadhan.

1. Hindari memakai makeup selama bulan Ramadhan

Memakai full makeup selama bulan ramadhan mungkin tidak terlalu pas. Anda mungkin sedikit malas memakai makeup untuk berangkat kerja karena sudah bangun dari sebelum subuh.

Jika Anda harus memakai makeup, pakailah seminim mungkin dan bersihkan dengan menyeluruh ketika akan tidur malam.

Jadikan bulan Ramadhan sebagai ajang bagi kulit Anda puasa dari makeup dan kandungan-kandungan kimia yang terkandung di dalam makeup. Bisa jadi saat lebaran nanti, wajah Anda akan terlihat lebih bersih dan segar.

Jafra Advanced Dynamics Mattifying Night Moisture, Rp 371.000,- ; Beli di sini

2. Minum air putih yang cukup

Agar tetap segar selama Ramadhan, ketika makan sahur pastikan untuk minum air putih minimal 2 gelas. Anda juga bisa membagi konsumsi air putih menjadi 4 gelas saat sahur dan 4 gelas ketika berbuka dan pada malam hari.

Air putih tidak hanya menghidrasi dan melembabkan kulit, tetapi juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Menjaga kulit sehat walau berpuasa, hindari minuman soda atau jus dan banyaklah minum air putih.

Baca juga : Tetap Bersinar Saat Puasa dengan Tips Kecantikan Ini

3. Bersihkan Wajah, Eksfoliasi, dan Toning

Baik di bulan Ramadhan atau bulan-bulan lain Anda wajib melakukan rutinitas perawatan kulit ini. Terlebih lagi di bulan ramadhan, di mana Anda lebih sering kekurangan cairan.

Ketika cuaca panas, kulit Anda akan mengelupas dan pori-pori kulit akan terbuka. Rutinitas membersihkan wajah, mengeksfoliasi, dan toning akan mencegah kulit dari datangnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Jika Anda rajin mengikuti langkah ini, Anda akan mendapatkan kulit yang cerah dan muda ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Jadi, jangan malas untuk mengikuti tiga langkah perawatan ini.

Baca juga : Eksfoliasi Kulit? Kenapa Tidak?

4. Konsumsi Banyak Serat

Makan-makanan kaya nutrisi saat sahur dan berbuka tidak hanya berdampak pada kesehatan organ tubuh tetapi juga akan mempengaruhi kesehatan kulit Anda.

Jadikan buah sebagai makanan pembuka sahur atau kudapan malam hari. Siapkan menu sahur dengan memperhatikan kandungan gizi yang seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak baik, dan serat. 

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, untuk melengkapinya Anda juga dapat menambahkan suplemen kesehatan dan vitamin jika diperlukan.

Acerola Jin Moisture Vital Emulsion, Rp 238.000,- ; Beli di sini

5. Konsumsi Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi. Manfaat yogurt yang kaya protein tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan tetapi juga dapat memberikan nutrisi pada kulit.

Karena itu makanlah yogurt pada saat sahur atau berbuka puasa agar metabolisme dan pencernaan Anda tetap berjalan lancar. Sementara untuk perawatan kulit, Anda dapat memakai yogurt sebagai masker wajah sembari menunggu waktu berbuka puasa. 

 

Nah, menjaga kesehatan kulit selama bulan Ramadhan tidak terlalu sulit bukan? Anda dapat menutrisi tubuh dan kulit secara bersamaan ketika berpuasa.

Bulan puasa yang penuh kebaikan ini sebaiknya diisi oleh pengetahuan dan ibadah. Selain mendapat pahala, Anda juga bisa mendapatkan tubuh dan kulit yang lebih sehat.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi