FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Atasi Sindrom Malas Kala Puasa Ramadhan

Saat menjalani puasa Ramadhan, tak jarang rasa malas melanda. Rasa malas tersebut kemudian berefek pada tubuh, yakni menimbulkan sugesti seperti badan lemas, mudah mengantuk, dan tidak bersemangat. Lantas, adakah cara efektif untuk menangkal rasa malas kala berpuasa?

Atasi Sindrom Malas Kala Puasa Ramadhan

BADAN lemas, haus, lapar, dan mudah mengantuk adalah contoh keluhan yang banyak dilontarkan oleh mereka yang berpuasa. Di momen puasa Ramadhan saat ini, hal-hal tersebut hampir terjadi setiap hari.

Hal ini tentu tak dapat dibiarkan mengingat bulan puasa harus diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Untuk itu, Anda dapat mencoba tips dan trik puasa berikut untuk menangkal munculnya sindrom malas saat menjalani puasa di bulan Ramadan.

1. Mengatur Waktu Tidur

Rasa malas dan mudah mengantuk seringkali dijadikan alasan oleh orang yang berpuasa untuk tidur sepanjang hari. Tidur saat puasa Ramadhan memang bermanfaat dan berpahala.

Namun, tidur terlalu lama bahkan sepanjang hari hanya akan membuat diri semakin tidak produktif. Tidur terlalu lama juga dapat membuat tubuh semakin lemas dan kepala terasa pening.

Padahal, momen puasa Ramadhan harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti menambah ilmu, bekerja, dan melakukan kegiatan bermanfaat lainnya.

Untuk mengatasi rasa kantuk yang sering datang, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengatur waktu tidur. Usahakan untuk tidak begadang atau menghindari kebiasaan terjaga hingga sahur. Terjaga hingga waktu sahur tiba akan membuat Anda merasa terus mengantuk keesokan harinya.

Nutrimax Ling Zhi Plus, Rp 288.000,- ; Beli di sini

2. Rencanakan Kegiatan

Bulan puasa adalah momen yang tepat untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya, semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk sesama.

Jika selama ini Anda tidak memiliki planning apa pun untuk berkegiatan saat bulan Ramadhan, ada baiknya Anda mulai membuat daftar rencana yang akan Anda lakukan selama bulan Ramadhan.

Akan lebih baik jika Anda membuat daftar tersebut sebulan atau dua bulan sebelum bulan puasa tiba. Anda dapat merencanakan untuk membuat charity event, membuat dan mengikuti forum kajian agama, atau melakukan aneka kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.

Melakukan banyak kegiatan saat berpuasa akan membuat tubuh Anda aktif bergerak, lebih kuat, dan tidak mudah lemas atau merasa lapar.

Baca juga: 5 Tantangan Berat Saat Puasa Ramadhan dan Cara Mengatasinya

3. Rencanakan Menu Sahur

Seringkali, kemalasan dan rasa kantuk muncul akibat dua hal yang paling mendasar: kekenyangan atau kelaparan. Makan terlalu banyak saat sahur akan membuat Anda sering mengantuk, sedangkan makan terlalu sedikit akan membuat tubuh Anda lemas sehingga malas melakukan kegiatan apa pun.

Untuk itu, rencanakan menu sahur sebaik-baiknya. Anda dapat membuat perencanaan menu sahur untuk seminggu dengan rincian menu sahur yang kaya nutrisi dan porsi seimbang, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

4. Memperbanyak Ibadah

Patut Anda ketahui bahwa 10 hari pertama bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk memohon ampunan dan rahmat dari-Nya, 10 hari kedua bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk bertobat.

Dan 10 hari terakhir adalah waktu untuk mencari perlindungan dari api neraka. Dengan demikian, bulan puasa adalah momen yang sangat tepat untuk memperbaiki diri, menguatkan iman dan ketakwaan, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain menambah pahala, memperbaiki diri, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT akan memberikan kedamaian yang dibutuhkan oleh diri Anda.

Anda dapat menerapkan amalan dan sunnah Nabi Muhammad SAW, misalnya dengan memperbanyak ibadah (salat, berzikir, membaca kitab suci Al-Quran), menghadiri dan menambah ilmu di forum kajian atau ceramah agama, dan memperbanyak sedekah.

Menghabiskan waktu untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta pada  bulan puasa akan membuat Anda lupa dengan badan lemas dan rasa kantuk yang menyerang.

Hemaviton Action Botol, Rp 36.000,- ; Beli di sini

5. Berolahraga

Alasan lain munculnya rasa malas dan badan lemas saat puasa adalah kurang aktifnya tubuh untuk bergerak. Lawan rasa malas Anda dan mulailah berolahraga. Anda dapat jogging atau jalan santai setelah sahur dan salat Subuh.

Alih-alih membuat tubuh tak bertenaga, berolahraga saat bulan Ramadhan akan menyegarkan pikiran dan tubuh Anda, serta membuat tubuh dan pikiran tetap aktif. Jangan lupa tambahkan suplemen kesehatan agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi