Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Tips Puasa Bagi Penderita Sakit Maag

Oleh: Natalia P | 5 menit membaca


Selama bulan puasa Ramadhan, seluruh umat Islam di dunia melakukan ibadah puasa. Umumnya umat Islam yang menderita gastritis atau biasanya disebut sakit maag, akan memiliki banyak pertanyaan mengenai masalah yang berkaitan dengan penyakit mereka dan kewajiban agama di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, tindakan penyeimbangan antara kewajiban agama dan menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting.

Tips Puasa Bagi Penderita Sakit Maag

BERDASARKAN pengalaman dan pengetahuan umum, bahwa puasa dapat menyebabkan komplikasi yang tidak diinginkan seperti kadar asam meningkat pada perut kosong selama bulan puasa dapat memperburuk sakit maag. Namun beberapa penderita sakit maag tetap memiliki niat puasa dan melakukan ibadah puasa, tentunya dengan mengatur menu buka puasa dan sahur, serta mengonsumsi obat sakit maag untuk menghindari gejala maag saat berpuasa.

Apa Itu Sakit Maag?

Sebagai permulaan, akan lebih baik jika Anda memahami tentang penyakit maag. Gastritis atau sakit maag adalah peradangan atau iritasi pada lapisan lambung yang bisa terjadi secara tiba-tiba atau bertahap. Penyebab maag yang paling umum adalah infeksi oleh bakteri yang dikenal sebagai Helicobacter pylori (H. pylori) yang menempati dinding perut. Selain itu penyebab maag lainnya bisa diakibatkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin atau obat anti-inflamasi lainnya, stres, konsumsi alkohol berlebihan dan merokok.

Kenali Berbagai Gejala Sakit Maag

Secara umum, gejala maag yang akan dialami oleh penderita sangat bervariasi bahkan tanpa mengalami gejala maag. Beberapa gejala maag diantaranya seperti mengalami gangguan pencernaan, mual atau perasaan gelisah di bawah tulang rusuk (sampai dada), sakit perut berulang kali, perut kembung dan muntah. Jika maag tidak diobati dapat menyebabkan kehilangan darah seperti muntah darah dan meningkatkan risiko terkena kanker perut.

Sakit maag dapat didiagnosis melalui endoskopi atas yaitu sebuah tabung tipis yang berisi kamera kecil, dimasukkan melalui mulut dan turun ke perut Anda untuk melihat lapisan perut. Dokter akan memeriksa peradangan dan mungkin melakukan biopsi, prosedur di mana sampel kecil jaringan akan diambil dan kemudian dianalisis di laboratorium. Selain itu, diagnosis sakit maag juga bisa dilakukan dengan cek darah dan tes tinja untuk mendeteksi keberadaan bakteri H. pylori.

jual suplemen stamina tubuh kala puasa

Mengatasi Sakit Maag Selama Bulan puasa

Penderita sakit maag dapat melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengurangi resiko sakit maag saat berpuasa. Dengan menghindari beberapa kebiasaan yang kurang baik di kalangan umat Islam yaitu langsung tidur setelah sahur dan makan berlebihan saat buka puasa, lalu diikuti dengan merokok. Hal ini dapat mengakibatkan naiknya asam lambung dan memicu resiko gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, saat buka puasa penderita maag sebaiknya makan dalam porsi kecil tapi lebih sering. Misalnya, mulai dengan makan kurma dan makanan ringan sebelum shalat maghrib, lalu diikuti oleh makanan utama sebelum shalat tarawih. Cara mengatasi maag saat puasa lainnya dengan berhenti makan tiga sampai empat jam sebelum tidur untuk memberikan sistem pencernaan waktu istirahat.

Makanan Sehat Dan Obat Maag

Beberapa cara mengatasi maag lainnya dengan mengurangi konsumsi makanan panas, pedas dan asam karena makanan tersebut cenderung mengiritasi saluran pencernaan. Minuman berkafein seperti kopi dan minuman manis juga membuat Anda cepat haus karena merangsang tubuh mengeluarkan air berupa urin. Jadi, alternatif terbaik adalah mencoba menu buka puasa dan sahur bervariasi bulan puasa Ramadhan untuk memenuhi semua nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dll.

Baca Juga: Jangan Lupakan Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Ramadhan

Selain itu, selama berpuasa tubuh kehilangan cairan yang cukup banyak hingga 2,5 liter sehingga penting untuk banyak minum air saat buka puasa dan sahur. Bila maag Anda masih sering kambuh, Anda bisa mencoba mengkonsumsi obat maag yang dijual secara umum sesuai dengan anjuran pemakaian atau obat maag yang diresepkan oleh dokter.

Inilah 4 Tips Berpuasa Bagi Penderita Sakit Maag

1. Menghindari

  • Makanan yang digoreng, berlemak dan mengandung asam termasuk beberapa jenis buah-buahan seperti jeruk dan tomat.
  • Makanan ekstra-pedas dan makanan kaleng / olahan, karena memiliki bahan kimia seperti pengawet yang bisa memicu sakit maag.
  • Makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan.
  • Makan berlebihan saat berbuka puasa dan sahur atau menunda buka puasa.
  • Minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, soda, dan lainnya.
  • Merokok dapat memperburuk sakit maag, jadi bulan puasa Ramadhan adalah kesempatan yang baik untuk mengurangi rokok.
  • Obat-obatan yang dapat mengiritasi lapisan lambung.

jual suplemen multivitamin murah dan lengkap2. Makan

  • Karbohidrat sebagai menu sahur sehingga membuat Anda tidak cepat lapar serta lebih memiliki energi untuk aktivitas setiap hari.
  • Kurma adalah sumber gula, serat, karbohidrat, kalium dan magnesium yang baik untuk tubuh.
  • Almond kaya akan protein dan serat seperti bubuk almond atau susu almond.
  • Pisang merupakan sumber yang baik dari karbohidrat, kalium dan magnesium.
  • Makan makanan yang dipanggang daripada makanan yang digoreng dan berlemak.
  • Makan dalam jumlah yang lebih kecil dan sering.
  • Jangan lupa untuk meminum obat sakit maag yang disarankan dokter saat buka puasa atau sahur.
3. Minum
  • Minum banyak air, jus buah yang tidak asam dan minuman yang mengandung kalium sebanyak mungkin untuk mengganti cairan yang hilang saat beraktivitas.
  • Minum segelas susu segar saat sahur karena ini akan membantu mengurangi resiko sakit maag selama berpuasa
4. Ingat
  • Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat dikaitkan dengan komplikasi penderita sakit maag tetapi risiko dapat diatasi jika puasa dilakukan dengan lebih berhati-hati.
  • Penelitian menunjukkan bahwa tingkat keasaman lambung memuncak pada siang hari.
  • Islam tidak memaksa Anda untuk berpuasa jika Anda tidak dapat, jadi lakukanlah sesuai kemampuan dan niat puasa karena Anda tahu diri Anda lebih baik daripada orang lain.
  • Dapatkan saran dokter Anda sebelum atau selama puasa Ramadhan jika Anda mempunyai masalah terhadap obat-obatan. 


    Sebelumnya: Ini Dia Manfaat Pakai Korset Pelangsing untuk Tubuh Anda


    Artikel Terkait


    0 comments

    Tinggalkan komentar


    Belanja produk di artikel ini

    Beli a_stamina tubuh, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli multivitamin, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli puasa, Beli stamina tubuh, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita

    HALO CINTA!

    Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

    Kita tunggu yah belanjanya :3

    PRIAWANITA
    Halaman Privasi
    Kembali —

    Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
    ketika berbelanja di Asmaraku.com