FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Yakin Cara Mandi Anda Sudah Benar? Cek 10 Aturannya di Sini

Mandi dengan bersih adalah aktivitas rutin yang kita lakukan setiap hari. Namun, tata cara mandi tak boleh sembarangan loh. Ada aturan mandi yang mesti Anda ikuti untuk mendapatkan manfaat mandi yang optimal. Cek di sini!

Yakin Cara Mandi Anda Sudah Benar? Cek 10 Aturannya di Sini

SAKING rutinnya, mungkin kita mandi tanpa berpikir. Begitu masuk kamar mandi, kita otomatis membuka baju, mengguyur badan dengan air, membalurkan sabun, dan terakhir membilasnya kembali dengan air.

Cara ini mungkin tak salah dan mungkin badan Anda tetap bersih dengan cara ini, tetapi ada beberapa aturan mandi yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan hasil yang optimal dan badan pun lebih bersih. Apa saja? Teruskan membaca untuk tahu tata cara mandi.

1. Jangan Menggosok Kulit Kepala dengan Kuku

Siapa sih yang tak suka pijatan kepala? Kita semua menyukainya dan kerap melakukannya saat mandi. Namun, satu yang perlu diingat, jangan pernah gunakan kuku jari karena kuku bisa menggores kulit kepala dan membuatnya terluka. Lebih baik gunakan ujung jari untuk memberikan pijatan kepala.

2. Gunakan Sabun yang Melembapkan

Sabun batangan tanpa kandungan pelembap di dalamnya dapat membuat kulit Anda benar-benar kering. Oleh karena itu, aturan mandi selanjutnya adalah menggunakan sabun dengan kandungan stearic acid sebagai pelembap.

Produk yang secara eksplisit menyebutkan pelembap sebagai kandungannya kadang hanyalah tipuan. Jadi, perhatikan dengan detail, ya. Salah satu sabun yang bisa Anda andalkan untuk ini adalah Dettol Body Wash. Mengandung formula ph-balanced, sabun ini tak hanya mengenyahkan kuman dari tubuh Anda, tetapi juga membuat tubuh tetap lembap.

3. Jangan Menyalakan Shower Terlalu Panas

Tata cara mandi berikutnya adalah dengan menggunakan air yang tidak terlalu panas. Menggunakan air yang terlalu panas saat mandi dapat menghilangkan minyak dan lemak alami yang melembapkan kulit. Gunakan air yang agak hangat untuk membuat kulit Anda tetap sehat.

4. Gunakan Kondisioner Mulai dari Kulit Kepala Hingga Ujung Rambut

Banyak yang bilang kalau kulit kepala tak memerlukan kondisioner. Padahal, kondisioner harus diberikan dari mulai kulit kepala hingga ujung rambut agar perawatannya merata.

5. Jangan Gosok Tubuh Anda Terlalu Keras

Mandi dengan bersih memang butuh gosokan di badan. Namun, jangan menggosok terlalu keras, ya. Anda memang butuh mengenyahkan sel kulit mati, tapi jangan lakukan ini setiap waktu. Jika ingin menggosok badan saat mandi, lebih baik gunakan handuk bayi yang bertekstur lebih lembut.

6. Bilas Kulit dan Rambut dengan Benar

Jangan meninggalkan sisa produk pembersih kulit ataupun rambut di tubuh. Produk pembersih yang tersisa dapat menutup pori-pori hingga akhirnya menciptakan jerawat di tubuh. Jadi, sebelum meninggalkan kamar mandi, pastikan Anda telah membilas tubuh dengan sempurna, ya.

7. Gunakan Pelembap saat Tubuh Masih Basah

Air hangat akan membuka pori-pori tubuh Anda. Dan saat ini terjadi, manfaatkanlah seoptimal mungkin. Gunakan pelembap saat tubuh Anda masih basah sehingga bahan pelembap dapat terserap lebih cepat dan sempurna oleh tubuh.

8. Jangan Bershower Terlalu Sering

Mandi dengan bersih kerap dikaitkan dengan frekuensi mandi dalam sehari. Padahal, tidak juga. Terlalu sering mandi di bawah shower tidak baik bagi tubuh Anda.

Semakin sering Anda bershower, semakin mudah minyak alami dari tubuh Anda terbilas. Sering-sering bershower boleh saja Anda lakukan asal Anda melakukan aktivitas yang sangat berat dan penuh keringat.

9. Pertimbangkan untuk Menyaring Air Anda

Tergantung di mana Anda tinggal, air bisa saja mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, tak ada salahnya kalau Anda mempertimbangkan untuk menyaring air yang Anda gunakan untuk mandi sehingga kulit terhindar dari iritasi dan kekeringan. Anda bisa menggunakan saringan keran atau shower.

10. Gunakan Sepatu Khusus Mandi saat Berada di Tempat Publik

Saat Anda mandi di tempat publik, seperti gym, gunakanlah sepatu khusus mandi. Pasalnya, bila bertelanjang kaki, Anda bisa terkena jamur kaki atau infeksi lain yang mengintai. Dengan menggunakan alas kaki khusus mandi, Anda bisa terhindar dari hal-hal ini.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi