FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Wajah Bebas Minyak? Lakukan 7 Cara Ini!

Minyak alami wajah memang diperlukan agar kulit tetap lembab. Namun apa jadinya jika minyak yang ada pada wajah terlalu berlebihan? Tentu sangat menganggu dan membuat penampilan terlihat kusam.

Wajah Bebas Minyak? Lakukan 7 Cara Ini!

PANASNYA terik matahari ditambah padatnya aktivitas tanpa disadari seringkali membuat kulit wajah jadi berminyak. Jika minyak yang ada pada wajah tidak terlalu banyak mungkin tidak apa, namun jika sudah berlebihan, tentu hal ini akan sangat mengganggu.

Bukan tanpa alasan, kulit wajah yang berminyak akan membuat wajah Anda terlihat kusam dan kotor. Bahkan, meskipun ditutup dengan riasan wajah sekalipun, penampilan tetap saja tidak akan maksimal.

Lalu apa yang harus dilakukan agar wajah bebas dari minyak berlebih? Adakah cara menghilangkan minyak di wajah secara optimal?

Tenang, Anda memang tidak bisa menghilangkan minyak pada wajah 100%, tapi ada cara efektif untuk mengurangi produksi minyak di wajah sehingga wajah menjadi lebih segar. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di sini!

1. Hindari Sinar Matahari

Sinar matahari adalah salah satu penyebab produksi minyak pada wajah menjadi semakin banyak. Sekresi minyak pada wajah memang bisa muncul meskipun Anda tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Akan tetapi, paparan sinar matahari secara langsung juga semakin memperbanyak kadar minyak pada wajah.

Oleh karena itu jika Anda tidak ingin memiliki minyak berlebih pada wajah, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari secara langsung. Terlebih bagi Anda dengan tipe wajah berminyak, hal ini wajib dilakukan agar wajah tidak terlihat semakin kusam.

2. Cuci Muka Tidak Lebih dari 2 Kali

Apakah Anda salah seorang yang selalu mencuci muka berkali-kali untuk memiliki wajah bersih dan segar bebas minyak? Bukannya bersih, mencuci muka lebih dari 2 kali sehari justru akan semakin merangsang produksi minyak pada wajah.

Sebaiknya, cucilah muka saat mandi dan sebelum tidur saja. Jangan lupa untuk membersihkan T-Zone (area dahi, dagu dan hidung) pada wajah karena bagian tersebut adalah tempat produksi minyak yang paling banyak.

Garnier Pure Active Fruit Energy, Rp 25.200,- ; Beli di sini

3. Hidrasi Tubuh Anda

Selain melakukan perawatan wajah intensif, Anda bisa mengurangi minyak pada wajah dengan terus menghidrasi tubuh. Cara menghidrasi tubuh yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi air mineral dalam jumlah cukup dan jus buah segar.

Sementara untuk menghidrasi kulit wajah dari luar sebaiknya pakai produk perawatan wajah dan kosmetik yang berbasis air. Hindari produk yang mengandung minyak karena akan memperbanyak tampilan minyak pada wajah.

4. Minimalkan Penggunaan Make Up

Cara menghilangkan minyak di wajah yang paling ampuh adalah mulai mengurangi penggunaan make up. Hal ini bagi sebagian wanita mungkin terasa sangat sulit, namun penjelasan berikut akan membuat Anda berpikir ulang.

Serbuk bedak dan foundation yang Anda pakai biasanya akan menyumbat pori-pori wajah. Hal itu kemudian akan merangsang kelenjar minyak pada wajah untuk terus memproduksi minyak agar kulit wajah tidak kering karena penggunaan make up berlebihan.

Jika sudah begitu wajah Anda tentu akan semakin berminyak.  Jadi mulai sekarang gunakan make up seperlunya saja dan segera bersihkan sebelum Anda tidur.

5. Pakai Tabir Surya Sebelum Beraktivitas di luar Ruangan

Ketika matahari sedang bersinar cerah dan Anda harus melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari, maka gunakan tabir surya khusus wajah. Jangan disepelekan, tabir surya akan melindungi wajah Anda dari efek jahat sinar matahari sekaligus mencegah wajah jadi terlalu berminyak.

Sebagai referensi, tabir surya yang cocok untuk pemilik kulit berminyak adalah yang berbahan dasar air (water-based) karena tidak akan menambah kadar minyak di wajah. Gunakan setiap hari agar wajah Anda tetap bersinar tanpa minyak berlebih.

 

Clean & Clear Oil Control Toner, Rp 15.900,- ; Beli di sini 

6. Perhatikan yang Anda Konsumsi

Apa yang Anda makan ternyata menentukan kondisi kulit wajah Anda sendiri. Maksudnya, bila Anda mendambakan wajah bersih dan segar serta bebas minyak, konsumsi sayuran kaya vitamin, seperti wortel dan jenis sayur lain yang dapat menghambat produksi minyak berlebih sangat dianjurkan.

Sementara itu, makanan pedas dan gorengan justru dapat memperbanyak kadar minyak pada wajah, lho. Jadi jika tidak ingin wajah terlihat sangat berminyak, hindari juga makanan yang mengandung minyak. 

7. Rawat Kulit Wajah Secara Alami

Jika Anda berpikir bahwa cara menghilangkan minyak di wajah adalah dengan memakai produk perawatan kulit yang mahal, Anda salah. Anda bisa membuat scrub alami untuk mengurangi kadar minyak di wajah.

Scrub alami ini bisa terbuat dari gula dan madu yang dapat mengelupas sel kulit mati serta mengatur kelembaban kulit wajah agar tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak.

Cara menggunakannya juga sangat gampang. Cukup dioleskan pada wajah secara perlahan, diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas sampai bersih.



Sudah tahu cara menghilangkan minyak di wajah yang aman, bukan? Mari segera atasi kulit wajah berminyak dengan perawatan alami. Miliki kulit wajah yang segar dan bebas minyak dengan sejumlah perawatan sederhana di atas. Jangan lupa untuk mengganti produk kosmetik dan perawatan kulit Anda dengan yang oil-free.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi