FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Menjemput Rezeki 2019 dengan menjadi Reseller AsmaraKu... Click Here
Advertisement
Advertisement

Semua Pria Perlu Tahu 8 Tips Praktis Perawatan Wajah Basic Ini

Memiliki aktifitas segudang dan sering berada di luar rumah, kerap membuat kaum Adam lupa merawat kesehatan kulitnya.

SEMENTARA itu, paparan debu, polusi, asap kendaraan dan partikel kotoran di jalanan kerap menempel di permukaan wajah. Jika dibiarkan tanpa perawatan yang tepat, lama kelamaan hal ini bisa menimbulkan masalah kulit wajah.

Seperti komedo, jerawat, bruntusan hingga muka terlihat kusam dan muncul garis halus alias kerutan di wajah. Meskipun tidak serumit kaum wanita, Anda juga perlu memahami tips praktis perawatan wajah pria berikut:

1. Rutin di Bersihkan

Satu kebiasaan pria yang sudah lumrah adalah terlalu cuek dengan perawatan dan kondisi wajahnya.

Terutama setelah keluar rumah atau sepulang bekerja, cucilah wajah hingga bersih menggunakan sabun pembersih wajah yang diformulasikan khusus kaum Adam.

Jangan biarkan kotoran dan polusi meresap ke dalam pori-pori kulit yang berakhir dengan flek-flek hitam dan warna kulit kusam.

Untuk itu, disarankan agar menggunakan pembersih wajah atau facial foam sebelum tidur atau bercukur untuk membantu mengurangi minyak di permukaan kulit wajah.

Selama Anda tidak memiliki kulit sensitif, Anda masih bisa berganti-ganti antara pembersih atau scrub sesuai kondisi kulit. Scrub sebaiknya dilakukan maksimal hanya 2x dalam seminggu agar mencegah kulit yang terlalu kering.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, Anda bisa memakai handuk panas untuk membersihkan wajah setiap pagi.

Kemudian, basuh wajah dengan air dingin sesudahnya untuk memberikan sensasi menyegarkan sekaligus mengecilkan pori – pori kulit.

2. Lakukan Regenerasi Kulit

Sebagai lapisan terluar dari tubuh, kulit berguna untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, debu, suhu, kotoran, dan sebagainya.

Namun, seiring waktu, radikal bebas ini dapat memengaruhi kesehatan kulit. Terlebih lagi, jika pria sering mengalami stres karena tuntutan pekerjaan atau kehidupan sehari – hari.

Seperti yang diketahui, stres sangat merusak. Tidak hanya dari sisi fisik tetapi juga psikis.

Radikal bebas yang merusak berasal dari berbagai hal. Seperti polusi udara, asap rokok, bahan kimia industri, dan sinar UV.

Untuk menghindari kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Anda dapat menerapkan serum vitamin C.

Selain itu, sebelum tidur, gunakan krim retinol yang dapat membantu menghaluskan garis atau kerutan untuk pria yang sudah berusia di atas 30-an.

3. Melembabkan Kulit

Pelembap kulit bekerja dengan mengunci air di dalam lapisan kulit. Sehingga dapat membantu mengurangi munculnya kerutan, garis-garis halus dan membuat wajah terlihat lebih cerah dan tampak lebih muda.

Untuk hasil terbaik, oleskan pelembab ke wajah dan tubuh Anda setelah mandi, berenang atau bercukur selagi kulit masih basah.

Banana Boat Ultra Protect Faces Lotion SPF 50 - 60 mL, Rp.97,800; beli di sini

Pada pagi hari, awali rutinitas perawatan wajah dengan menerapkan serum antioksidan dan pelembap yang memiliki minimal SPF 30.

Tabir surya tidak hanya dipakai saat berolahraga atau berjemur, tetapi setiap saat ketika Anda berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung. Dari waktu ke waktu, paparan sinar UV A dan UV B matahari bisa merusak kulit secara permanen, bahkan termasuk kanker kulit.

Sedangkan, pada malam hari, pilih pelembap ringan tanpa tabir surya. Namun, Anda tidak harus menerapkan pelembap di malam hari jika kulit Anda tidak terlalu kering.

Lebih baik, perbanyak minum air putih untuk menghidrasi kulit dan mengunci kelembapan kulit.

4. Pahami Jenis Kulit

Meskipun Anda seorang pria, pada dasarnya sangat penting untuk mengidentifikasi apa jenis kulit Anda.

Hal ini berkaitan nanti dengan pemilihan produk perawatan wajah pria. Sebagai gambaran umum, berikut adalah beberapa jenis kulit:

  • Kulit sensitif, merasa panas, tersengat atau terbakar setelah penggunaan produk tertentu
  • Kulit normal, bersih dan tidak sensitif
  • Kulit kering, bersisik, gatal atau kasar
  • Kulit berminyak, berkilau dan mengkilap
  • Kulit kombinasi, kering di bagian pipi, dagu, dll, serta berminyak pada dahi dan hidung (T-zone)

Dengan memahami jenis kulit Anda, setidaknya hal ini akan berguna untuk mendasari pertimbangan membeli produk perawatan wajah pria dan menerapkan rutinitas perawatan wajah yang tepat.

5. Pertimbangkan Label dan Bahan Produk

Produk perawatan kulit yang Anda pilih akan bergantung pada jenis kulit. Jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat, carilah pembersih dan pelembab yang berlabel  "bebas minyak" atau "non- komedogenik,".

Label ini berarti tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan produk "bebas wewangian", karena produk yang mengandung wewangian dapat membuat kulit merasa kasar dan kering.

Namun, waspadalah terhadap produk berlabel "tidak beraroma", karena terkadang masih banyak mengandung wewangian yang masih bisa mengiritasi kulit.

6.Perhatikan Teknik Cukur Anda

Bagi kaum pria, mencukur sudah menjadi salah satu bagian penting perawatan kulit wajah.

Untuk itu, pemilihan pisau cukur yang tepat akan sangat bermanfaat agar hasil cukur lebih maksimal. Disarankan untuk menggunakan pisau cukur sebanyak satu atau dua kali dan hindari meregangkan kulit saat mencukur.

Sebelum bercukur, basahi kulit dan rambut agar lebih lembut dan mudah dicukur dengan tuntas. Gunakan juga krim cukur pelembap dan bila mencukur harus searah dengan pertumbuhan rambut.

Bilas pisau cukur setelah satu kali gesekan di permukaan kulit wajah, lalu posisi mata pisau setelah 5 – 7 kali pemakaian untuk mencegah iritasi.

7.Periksa Kulit Secara Teratur

Kondisi kulit seperti bintik – bintik atau tahi lalat yang gatal, dan berubah warna seiring waktu merupakan tanda – tanda awal kanker kulit. Jika terdapat titik – titik yang mencurigakan, segera temui dokter kulit untuk berkonsultasi.

Pria di atas usia 50 tahun, memiliki risiko tinggi mengembangkan melanoma. Yaitu bentuk kanker kulit paling mematikan. Akan tetapi, semakin cepat terdeteksi, kanker melanoma bisa diobati.

8. Rutin Pakai Sunblock

Untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik hitam (flek) dan bahkan kanker kulit, sebelum keluar rumah, terapkan tabir surya ke semua area kulit yang terbuka, termasuk kulit kepala, telinga, leher, dan bibir Anda.

Untuk perlindungan terbaik, gunakan tabir surya berspektrum luas dan tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan terapkan kembali setiap dua jam atau setelah berenang atau berkeringat.

Anda juga dapat melindungi kulit dengan tidak terlalu lama terkena sinar matahari. Gunakan topi, kacamata hitam dan berteduh jika harus bekerja di proyek yang sering terpapar sinar matahari secara langsung.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi