We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Seberapa Pentingnya Suplemen Kesuburan untuk Pasutri Baru?

Salah satu cara cepat hamil yang perlu dipertimbangkan pasutri baru adalah dengan mengonsumsi suplemen kesuburan. Dari ulasan kali ini, kita akan sama-sama belajar soal betapa pentingnya peran suplemen kesuburan itu.

PERCAYA atau tidak, selama lebih dari 20 tahun belakangan, jumlah pasangan yang mengalami masalah kesuburan meningkat drastis.

Data menunjukkan 1 dari 6 pasangan sulit punya anak walau mereka mungkin berada di masa subur. Sementara bila berhasil hamilpun, ¼ di antaranya berakhir dengan keguguran. Oleh sebab itu, dari masa ke masa, semakin banyak saja pasangan yang menjalani program kesuburan.

Apa penyebabnya? Jika ditilik dari segi medis, infertilitas ternyata disebabkan beberapa faktor seperti:

  • Tak diketahui (30%)
  • Masalah pada prianya (26%)
  • Gagal ovulasi (20%)
  • Kerusakan tubal (15%)
  • Endometriosis (5%)

Selain itu, banyak pula pasangan yang memiliki lebih dari 1 masalah kesuburan, contoh si istri menderita endometriosis, sementara jumlah sperma pada suaminya juga terlalu rendah.

Lantas bagaimana dengan kondisi infertilitas yang ‘tidak diketahui penyebabnya’ tadi? Menurut pakar, hal ini ternyata erat kaitannya dengan gaya hidup, malnutrisi, atau sehat-tidaknya psikis seseorang.

Untungnya, cara cepat hamil masih dapat dilakukan secara alami. Sebuah studi yang diadakan Universitas Surrey menjumpai pasangan yang bermasalah dengan kesuburan sebelumnya – namun kemudian mengubah gaya hidup, pola makan, dan mengonsumsi suplemen kesuburan – kemungkinan berhasil hamilnya mencapai 80%.

Bandingkan persentase ini dengan tingkat kesuksesan IVF yang hanya sekitar 25% saja.

Hasilnya memang tidak kilat karena butuh sedikitnya 3 bulan bagi oosit (sel telur yang belum matang) agar dapat matang sebelum dikeluarkan selama ovulasi.

Di samping itu, butuh minimal 3 bulan juga bagi sel sperma untuk berkembang dan siap diejakulasikan.

Ini artinya, bagi pasutri baru yang berusaha hamil, mereka harus menjalani gaya hidup sehat selama sedikitnya 3 bulan. Acuan mudahnya adalah sebagai berikut:

1.Pola Makan

Mengenai pola makan sehat , hal ini tak hanya penting bagi suksesnya program hamil di masa subur maupun kesehatan janin, tapi juga dapat memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi potensi punya anak.

Ketahuilah juga bahwa ada jenis makanan dan minuman tertentu yang dapat menurunkan kesuburan seperti alkohol dan kafein misalnya.

2.Xenoestrogen

Apa itu xenoestrogen? Karena ‘xeno’ berarti asing, maka xenoestrogen bisa didefinisikan sebagai estrogen asing yang munculnya dari pestisida dan industri plastik.

Xenoestrogen merupakan salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon (salah satu faktor yang menyebabkan sulit hamil). Salah satu upaya menjauhinya adalah dengan mengonsumsi makanan organik.

3.Rokok

Yang satu ini bukan rahasia lagi. Rokok tak cuma menurunkan kesuburan pada wanita, tapi juga dapat membuatnya mengalami menopause dini.

Sedangkan pada pria, rokok membuat jumlah sperma menurun. Sperma pun jadi melempem dan abnormal.  

4.Suplemen Kesuburan

Mengapa suplemen kesuburan penting? Karena kandungannya sangat efektif untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh, sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Faktanya, beberapa jenis vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan risiko hamil berikut rata-rata tak bisa terpenuhi hanya dengan mengonsumsi makanan saja, Sebaiknya tambahkan juga dengan asupan : 

- Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Membantu pembentukan sel darah merah dan produksi DNA
  • Penting untuk proses pembelahan sel
  • Mencegah spina bifida (kelainan tulang belakang pada bayi)
  • Bila dikonsumsi bersama vitamin B12, asam folat dapat memastikan keutuhan kode genetik bayi.

Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi asam folat bukan hanya ketika berusaha hamil saja, namun juga sebelum dan sesudahnya.

Hal ini mengingat, seseorang bisa kena anemia bila kadar asam folat dalam tubuhnya terlalu rendah. Saran dosis hariannya adalah:

  • 400 mcg untuk pria dan wanita usia 14 tahun ke atas
  • 500 mcg untuk ibu menyusui
  • 600 mcg untuk ibu hamil

Sedangkan contoh makanan yang tinggi asam folat meliputi hati sapi, bayam, kacang bermata hitam (black-eyed peas), nasi putih, asparagus, alpukat, brokoli, dll.

Selain itu, peran penting asam folat bagi wanita tak bisa dipungkiri lagi. Seperti disinggung tadi, asam folat dapat memaksimalkan proses pembelahan sel sehingga perkembangan janin berjalan mulus.

Inilah yang mencegah bayi mengalami cacat lahir (spina bifida, anensefalus, dan ensefalokel).

 

Baca Juga : Tingkatkan Kemungkinan Hamil Anak Kembar dengan 5 Cara Alami Ini!

 

Untuk manfaat asam folat lainnya adalah:

  • Menurunkan risiko jantung bawaan, bayi lahir prematur, tidak teraturnya ovulasi, serta bayi lahir dengan berat badan rendah
  • Meningkatkan kadar progesteron

Menariknya lagi, bukan hanya istri saja yang butuh nutrisi ini, suami juga. Sebuah hasil studi menjumpai rendahnya asam folat dalam cairan mani merupakan penyebab tidak stabilnya DNA sperma.  

Ya walau kurangnya asam folat bukan penyebab rendahnya jumlah sperma, tapi jika dikombinasikan dengan zinc, nutrisi ini dijumpai mampu meningkatkan jumlah sperma hingga 74%.

Tapi, jangan pernah mengonsumsi lebih dari 1.000 mcg asam folat kecuali atas saran dokter. Kelebihan asam folat bisa membahayakan sintesis DNA pada sperma.

Selain itu, nutrisi ini juga bisa berinteraksi dengan obat tertentu. Jadi berkonsultasilah lebih dulu sebelum mulai mengonsumsinya.

- Zinc

Defisiensi zinc mampu menyebabkan perubahan kromosom pada pria maupun wanita sehingga kesuburan menurun dan risiko keguguran meningkat.

Zinc penting bagi tubuh untuk ‘menarik dan menahan’ hormon reproduksi, oestrogen dan progesteron.

Bagi pria, zinc dibutuhkan untuk membuat lapisan luar dan ekor sperma. Beberapa hasil studi menunjukkan defisiensi zinc mampu menurunkan jumlah sperma.

-Selenium

Antioksidan satu ini berfungsi untuk membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Dalam hal ini, selenium dapat mencegah rusaknya kromosom (penyebab bayi cacat lahir dan keguguran).

Selain itu, asupan selenium yang cukup juga mampu memaksimalkan pembentukan sperma.

- Asam Lemak Omega 3

Nutrisi satu ini boleh dibilang penting bagi setiap sistem dalam tubuh, termasuk reproduksi. Tak hanya menyehatkan fungsi hormon, asam omega 3 juga efektif mengontrol peradangan yang mungkin mengganggu usaha punya anak.

Bagi pria, nutrisi ini penting karena cairan mani kaya prostaglandin yang dihasilkan dari asam lemak tersebut.

Minimnya prostaglandin menyebabkan rendahnya kualitas, jumlah, maupun motilitas sperma.

- Vitamin E

Vitamin E ternyata juga merupakan antioksidan penting yang mampu meningkatkan kesuburan pria maupun wanita.

Tingkat kesuksesan IVF naik 19-29% jika pasangan juga mengonsumsi vitamin E. Alasannya karena vitamin E membuat sperma semakin subur.

- Vitamin C

Tak hanya meningkatkan kualitas, namun vitamin C juga melindungi sperma serta DNA di dalamnya dari kerusakan.

Faktanya, rusaknya DNA sperma mampu meningkatkan risiko keguguran dan juga berdampak pada kromosom janin. Selain itu, vitamin C juga mampu menjaga sperma agar tidak menggumpal sehingga motilitasnya meningkat.

- Beta-karoten

Antioksidan satu ini penting untuk melindungi sel telur dan sperma DNA dari kerusakan akibat radikal bebas.

- L-Arginine

Kepala sperma umumnya mengandung L-Arginine. Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi ini mampu meningkatkan baik jumlah maupun kualitas sperma.

Namun penderita herpes tidak disarankan mengonsumsinya karena L-Arginine dapat menstimulasi virus penyebabnya.

- L-Carnitine

Ingin sel sperma super sehat? L-Carnitine solusinya! Menurut riset, semakin tinggi L-Carnitine dalam sel sperma, maka semakin baik pula jumlah maupun motilitasnya.

Jadi selain pola hidup sehat, itulah tadi beberapa jenis suplemen kesuburan yang penting untuk pasutri baru.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi