FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Ladies, Perhatikan Beberapa Hal Ini sebelum Anda Membeli Pembalut & Tampon!

Dewasa ini, banyak jenis produk kewanitaan dengan berbagai merek. Namun bagaimana cara memilih produk kewanitaan yang paling tepat untuk Anda? Simak tipsnya di bawah ini!

TAHAP pertama dalam memilih produk kewanitaan yang sesuai untuk Anda adalah dengan mengenali diri Anda sendiri beserta pola menstruasi Anda.

Pola menstruasi dapat berbeda pada tiap wanita. Ada volume darah yang sedikit, banyak, rentang waktu lebih lama, atau sebentar. Itu semua masih dapat dikatakan normal.

Sekarang, sudah banyak pilihan dalam produk kewanitaan. Beberapa orang memilih produk berdasarkan pola menstruasi mereka.

Namun juga ada yang memilih berdasarkan gaya hidup dan kenyamanan. Dua produk kewanitaan yang paling populer digunakan adalah pembalut dan tampon. 

PEMBALUT

Di Indonesia, pembalut adalah produk kewanitaan yang paling populer, paling sering dan paling mudah digunakan bagi wanita pada umumnya. Lalu, bagaimana cara memilih pembalut yang bagus

Pembalut adalah pilihan yang cocok untuk wanita yang baru mulai menstruasi, namun pembalut mungkin bukan pilihan yang cocok bagi Anda yagn sangat aktif dalam aktivitas sehari-hari.

Dalam memilih pembalut yang bagus, yang paling penting diperhatikan adalah volume darah mens Anda. Biasanya, wanita akan memilih pembalut maxi pada hari-hari di mana volume darah mensnya tinggi, dan ukuran biasa atau mini saat tidak terlalu tinggi.

Namun, kini ada pembalut mini yang bahkan dapat digunakan di hari saat volume darah mens sedang banyak-banyaknya, membuat gerakan Anda akan lebih bebas saat melakukan berbagai aktivitas.

Jika Anda mengalami masalah kenyamanan selama mengenakan pembalut, Anda dapat memilih pembalut yang sesuai dengan bentuk celana dalam Anda.

Pembalut dengan sayap berperan agar pembalut tidak bergeser selama beraktivitas, maka dari itu jenis pembalut ini dapat dipilih jika Anda akan melakukan banyak gerakan dalam aktivitas Anda.

Ada juga wanita yang lebih memilih pembalut tipis untuk mendukung kebebasan beraktivitas sehari-hari. Zaman sekarang sudah banyak pembalut tipis dengan daya serap tinggi, jadi ketebalan pembalut tidak berbanding lurus dengan daya serap pembalut.

Dalam memilih pembalut bersayap, pastikan memilih pembalut dengan bahan yang lembut agar tidak membuat area sekitar miss V Anda lecet dan iritasi.

Patut diingat, pembalut wajib Anda ganti setiap 3 atau 4 jam sekali untuk menghindari pertumbuhan bakteri yang ada dalam darah, tidak peduli sesedikit apapun darah yang tertampung pada pembalut.

TAMPON

Berbeda dengan pembalut, tampon adalah produk yang tepat bagi Anda yang sangat aktif. Produk ini tidak menggangu pergerakan saat berenang atau berolahraga. Beberapa wanita juga memilih tampon karena lebih 'ringkas' dibandingkan dengan pembalut. 

Namun, banyak juga yang enggan memakai produk kewanitaan ini karena tidak tahu cara memakai tampon yang benar.

Tampon sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu tampon yang dimasukkan ke lubang vagina, dan tabung tempat tampon yang membantu Anda mendorong masuk tampon. Yang paling penting adalah jangan tegang saat akan memasukkan tampon ke lubang miss V.

Cara memakai tampon sebetulnya cukup sederhana. Anda cukup mengarahkan tabung ke arah lubang miss V dan mendorong tampon ke dalam melalui tabung, namun memang diperlukan latihan terlebih dahulu, terutama bagi Anda yang baru menggunakan tampon.

Mirip dengan pembalut, tiap tampon juga memiliki batas pemakaian, yaitu jumlah volume darah menstruasi yang dapat ditampung.

Ukuran yang biasanya dijual adalah junior, regular, super, dan super plus. Dengan perkiraan bahwa 1 gram menstruasi adalah sekitar ¼ sendok teh, ukuran junior akan menampung sekitar 6 gram, regular 6-9 gram, super 9-12 gram, dan super plus 12-15 gram.

Jangan memakai tampon dengan daya serap tinggi ketika volume darah mens Anda tidak sedang tinggi pulam karena akan memicu terjadinya TSS (Toxic Shock Syndrome). Mulailah dengan memakai tampon berdaya serap rendah.

Jika Anda mengalami kebocoran setidaknya setelah 1 atau 2 jam ketika memakai tampon, artinya Anda membutuhkan tampon dengan daya serap yang lebih besar.

Namun meski Anda tidak mengalami kebocoran sama sekali, jangan lupa untuk tetap mengganti tampon setiap 6 sampai 8 jam sekali untuk menghindari TSS.

Pembalut atau tampon, pilihanlah sesuai kebutuhan diri Anda sendiri. Jika Anda masih ragu untuk memasukkan benda asing ke dalam miss V Anda, pembalut dapat menjadi jawabannya.

Namun bila Anda mengutamakan ketahanan dan kenyamanan karena Anda lebih aktif secara fisik, serta tidak ingin membawa produk kewanitaan dalam ukuran besar ke mana-mana, tampon dapat menjadi pilihan yang lebih tepat.

Baca Juga: "Tampon, Pembalut atau Menstrual Cup? Mana yang Sesuai untuk Anda?"

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi