Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ladies, Anda Harus Tahu 8 Hal Tentang Pup Ketika Haid Ini!

Kram perut mungkin sudah lazim diketahui sebagai efek haid, namun bagaimana dengan pup ketika haid? Benarkah pup juga dipengaruhi haid Anda?

BEBERAPA wanita merasakan datang bulan sebagai masa sulit dalam hidup. Ketika datang bulan tiba, sebagian besar wanita merasakan sakit haid, seperti kram perut, dan mungkin merasakan kesulitan ketika BAB.

Selain akan lebih repot karena ketika mengejan vagina juga akan mengeluarkan darah, berikut ini 10 hal tentang pup yang perlu Anda ketahui ketika sedang menstruasi

1. Buang Air Besar Lebih Banyak dan Lama dari Biasanya

Pernahkan Anda menyadari bahwa buang air besar ketika haid akan lebih banyak dibandingkan ketika dalam keadaan tidak haid? Hal ini disebabkan karena prostaglandin.

Sebelum menstruasi Anda dimulai, sel-sel yang membentuk lapisan rahim Anda mulai memproduksi lebih banyak prostaglandin.

Zat kimia ini merangsang otot-otot halus di rahim Anda untuk membantunya berkontraksi dan meluruhkan lapisannya setiap bulan. Hal ini juga yang menyebabkan Anda merasakan sakit haid.

Tingginya produksi prostaglandin juga membuat Anda mengeluarkan kotoran lebih banyak, termasuk ketika buang air besar, sehingga membuat buang air besar ketika haid lebih lama daripada biasanya.

2. Bau yang Sangat Busuk

Selain mengalami kondisi sering BAB, perubahan bau air besar juga akan berubah ketika sedang menstruasi. Hal ini bisa disebabkan karena kebiasaan makan pramenstruasi Anda.

Hormon progesteron membantu tubuh Anda mengatur siklus haid Anda. Produksi hormon progesteron akan meningkat pada masa pramenstruasi untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk pembuahan dan kehamilan.

Bau pup yang sangat busuk bisa disebabkan oleh hasrat untuk makan yang tidak biasa ketika hormon progesteron diproduksi secara masif sebelum masa haid, sehingga Anda sulit mengontrol nafsu makan Anda.

Maka, untuk mengurangi dampak ini, Anda bisa tetap mengontrol pola makan Anda meski dalam masa pramenstruasi.

Selain itu, konsumsi makan yang teratur dengan gizi seimbang ketika menstruasi akan mengurangi dampak sering BAB dengan jangka waktu yang terlalu lama.

3. Terkadang Mengalami Konstipasi

Tingkat prostaglandin yang rendah dan progesteron yang tinggi dapat memperlambat pencernaan dan membuat buang air besar Anda menjadi sulit, sehingga membuat Anda mengalami konstipasi.

Jika Anda mengalami hal ini, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi serat dalam makanan, olahraga, dan minum banyak air putih agar membuat pencernaan Anda tetap baik dan badan Anda tetap bergerak dan aktif.

Jika metode ini tidak ampuh, Anda bisa cara  terakhir adalah dengan menggunakan obat pencahar atau pelunak tinja, sehingga proses pencernaan Anda tetap berjalan dengan baik.

4. Saat haid, Anda Berpotensi Terkena Diare

Kelebihan prostaglandin tidak hanya membuat Anda buang air besar namun dapat membuat Anda mengalami diare.

Bagi Anda si pencinta kopi yang merasa bahwa kopi dapat menghilangkan rasa sakit dan membuat mood Anda lebih baik saat sedang haid, Anda perlu mempertimbangkan hal ini.

Konsumsi kopi berlebihan ketika haid, dapat membuat Anda terserang diare. Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak ketika haid, sehingga membuat pencernaan Anda tetap sehat.

5. Pup Ketika Haid Terasa Menyiksa

Pup ketika haid akan terasa menyiksa bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan beberapa wanita mengalami konstipasi ketika haid dan kram saat menstruasi yang hanya memperburuk keadaan ketika sedang BAB.

Selain itu, masalah lain yang juga dapat menjadi penyebab adalah kondisi ginekologis tertentu, termasuk endometriosis dan kista ovarium, sehingga membuat pup ketika haid menjadi hal yang menyiksa.

6. Sulit Membedakan Kram Biasa Atau Perlu Buang Air Besar

Kondisi ini adalah hal yang lazim terjadi. Anda mungkin akan sulit membedakan rasa sakit akibat kram perut akibat menstruasi atau sakit perut karena ingin BAB.

7. Sulit Membersihkan Kotoran Ketika BAB dan Menstruasi

Saat BAB dalam keadaan menstruasi adalah masa yang sulit, karena bukan hanya harus membersihkan kotoran pasca BAB, Anda juga harus membersihkan vagina yang akan mengeluarkan darah secara bersamaan ketika BAB.

Gunakan air bersih dan Anda bisa membersihkannya perlahan-lahan agar tetap bersih dan higienis. Jangan menggunakan pembersih dengan bahan kimia, karena akan membahayakan kesehatan reproduksi Anda.

8. Rasa Khawatir untuk Pup Ketika sedang Menstruasi

Saat menstruasi, Anda mungkin khawatir untuk buang air besar. Hal ini menyebabkan Anda menahan untuk tidak BAB.

Faktanya, menahan untuk tidak BAB saat mens bisa berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan Anda.

Anda tetap harus tenang, jangan khawatir merasakan hal-hal seperti mules ketika BAB, ataupun bau air besar yang tidak wajar. Itu semua adalah hal yang wajar dialami saat menstruasi. 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi