We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Kenapa Bunga Bisa Membuat Seseorang Bahagia?

Kebahagiaan adalah sesuatu yang diinginkan dan berusaha diraih semua orang di dunia. Untuk mendapatkannya, tidak harus dengan uang, kebahagiaan kadang bisa datang dari hal yang sederhana seperti bunga misalnya.

Kenapa Bunga Bisa Membuat Seseorang Bahagia?

SUDAH menjadi rahasia umum, bunga merupakan bagian tanaman yang memiliki bentuk indah dengan beraneka warna yang cantik. Tidak hanya sekedar menjadi penghias rumah, bunga bisa diberikan sebagai hadiah bagi orang terkasih dalam berbagai kesempatan.

Meskipun sekilas terlihat sederhana, sadar atau tidak bunga selalu dapat memberikan kebahagiaan bagi mereka yang memberi atau menerimanya. Dengan memberikan bunga Anda bisa membuat wajah yang tadinya sedih menjadi tersenyum.

Selain itu, bunga juga bisa menjadi cara berkomunikasi non-verbal yang baik dalam suatu hubungan. Situasi yang telah lama membeku pun bisa cair saat bunga hadir di dalamnya. Namun, dibalik begitu banyaknya manfaat bunga, sebenarnya mengapa bunga bisa membuat seseorang merasa bahagia?

Simply Pink Rose & Lily, Rp 345.000,- ; Beli di sini

Menurut beberapa penelitian, bunga sangat menguntungkan untuk meningkatkan keadaan emosional dan perilaku seseorang. Mereka juga dikaitkan dengan kebahagiaan yang instan serta peningkatan suasana hati jangka panjang. Bahkan sejak bertahun-tahun lalu bunga sudah digunakan sebagai obat kecemasan dan depresi.

Jadi ketika Anda melihat pasangan yang merasa stres dengan banyaknya tugas yang menumpuk, coba hibur Dia dengan meletakan bunga di atas meja kerjanya. Buket bunga segar dengan warna yang cerah dijamin akan membuat perasaannya merasa sedikit lebih tenang. Jangan lupa selipkan kartu ucapan sebagai bentuk dukungan.

Sementara itu selain penjelasan sederhana di atas, ternyata ada alasan dan bukti ilmiah mengapa buket bunga segar dapat membuat seseorang merasa bahagia, berikut penjelasannya:

Studi Rutgers University

Studi mengenai korelasi bunga dengan kebahagiaan seseorang yang pertama datang dari penelitian dua professor yakni Jeannette Haviland-Jones dan suaminya, Terry Mc Guire yang berasal dari jurusan Kesenian dan Pengetahuan Alam di Rutgers University.

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang menerima bunga cenderung menjadi lebih hangat dan lekat dengan sosok pemberinya. Setiap orang yang mendapatkan bunga diketahui akan menunjukkan kebahagiaan yang tulus. Hal tersebut diukur dengan senyum yang melibatkan mulut, pipi dan mata.

Tanda tersebut dianggap kedua periset sebagai isyarat suasana hati seseorang yang menjadi lebih baik setelah menerima rangkaian buket bunga. Bahkan dengan melihat warna-warni ataupun mencium aroma bunganya saja, tentu akan menghadirkan perasaan tenang bagi penerimanya.

5 Sunflowers With Glass Vases, Rp 495.000,- ; Beli di sini

Hidup Bersama Bunga


Selain penelitian dari Rutgers University, penelitian lainnya menemukan bahwa efek bunga tidak hanya berlaku ketika seseorang menerima dan memberikan bunga saja. Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti psikologi klinis dari Harvard University ditemukan bahwa kebahagiaan juga bisa datang saat seseorang hidup bersama bunga.

Hal tersebut didapatkan saat pemimpin penelitian Nancy Etcoff dalam penelitian yang dinamakan Home Ecology of Flowers Study mengamati perubahan perilaku 250 responden yang terdiri atas perempuan dan laki-laki sebelum dan setelah rumah mereka dihiasi bunga meja segar selama sebulan.

Hasilnya setelah rumah dihiasi oleh bunga meja di sisi ruangan paling tidak seminggu, para responden melaporkan berkurangnya rasa stres, menjadi lebih ramah, meningkatkan energi dalam bekerja dan pada minggu terakhir responden cenderung merasa bahagia dan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.


Dari kedua penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bunga sangat bermanfaat bagi manusia karena mampu meningkatkan suasana hati seseorang ke arah yang positif. Dimanapun bunga diletakan, keindahannya akan mampu membuat perasaan Anda lebih baik. 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi